Partisipasi Sensus Online Rendah, BPS Sleman Lakukan Drop Of Pick Up

Petugas akan turun ke lapangan

Sleman, IDN Times - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sleman Arina Yuliati mengungkapkan partisipasi masyarakat dalam mengisi sensus penduduk secara online masih tergolong rendah. Untuk itu, pada bulan September mendatang BPS Sleman akan melakukan sensus dengan metode Drop Of Pick Up untuk masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk secara online.

1. Baru sedikit yang berpartisipasi

Partisipasi Sensus Online Rendah, BPS Sleman Lakukan Drop Of Pick UpWarga mengisi kuesioner Sensus Penduduk (SP) Online 2020 di Kampung Cibahbul, Lebak, Banten, Sabtu (9/5/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Dalam pelaksanaan sensus penduduk online beberapa waktu lalu menurut Arina masih sedikit masyarakat yang ikut berpartisipasi. Dari total 1.300.000 orang yang berdomisili di Kabupaten Sleman, baru ada 271.070 orang yang mengisi sensus penduduk online.

"Baru 271.070 orang dari 1.300.000 orang yang berdomisili di Sleman," ungkapnya Selasa (28/7/2020).

Baca Juga: Serunya Menyantap Menu Angkringan Sambil Keliling Kota Yogyakarta

2. Petugas akan turun ke lapangan

Partisipasi Sensus Online Rendah, BPS Sleman Lakukan Drop Of Pick Upsensus.bps.go.id

Sebelum melakukan Drop Of Pick Up, pihaknya akan mencetak data hasil sensus penduduk online per RT, kemudian petugas akan datang ke pengurus RT untuk bersama-sama meneliti ulang, apakah ada warga yang belum mengisi sensus penduduk secara online.

"Petugas akan mengecek apakah masih ada yang terlewat," terangnya.

Jika masih ditemukan warga yang belum mengisi sensus online, maka petugas akan memberikan kuesioner agar diisi warga yang bersangkutan. Baru kemudian petugas melakukan pengecekan.

3. Masih lakukan perhitungan jumlah petugas yang turun ke lapangan

Partisipasi Sensus Online Rendah, BPS Sleman Lakukan Drop Of Pick Uppexels.com/fauxels

Berkaitan dengan jumlah petugas yang akan diterjunkan dalam pelaksanaan Drop Of Pick Up, Arina mengatakan pihaknya masih melakukan penghitungan, dimungkinkan pada Senin (3/8/2020) mendatang data petugas sudah final.

"Sudah dihitung tapi belum final. Mungkin Senin depan sudah disepakati terkait jumlah petugas sensusnya," paparnya. 

Baca Juga: Ajak Kuliah di Jogja, Puluhan PTS Buka Penerimaan Mahasiswa Bersama 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya