Comscore Tracker

Serunya Menyantap Menu Angkringan Sambil Keliling Kota Yogyakarta

Alternatif jalan-jalan di tengah pandemik corona

Angkringan memang menjadi salah satu tempat makan yang banyak ditemui di Yogyakarta. Nasi angkringan yang dikemas dengan porsi yang kecil dengan beragam lauk khasnya membuat orang-orang sering merindukan makan di angkringan. Ditambah lagi suasana Yogyakarta yang membuat makan di angkringan semakin syahdu.

Namun bagaimana jadinya jika kamu bisa menikmati beragam menu angkringan sambil berkililing Kota Yogyakarta naik mobil?

1. Layanan keliling Jogja selama 1,5 jam sambil makan menu angkringan

Serunya Menyantap Menu Angkringan Sambil Keliling Kota YogyakartaPenumpang menikmati perjalanan di dalam mobil - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Angkringan dalam mobil ini disediakan oleh Adipati Transport, sebuah jasa rental mobil yang terletak di Jalan Jambon 100, Sleman, DI Yogyakarta. Layanan ini menyajikan hiburan berupa perjalanan keliling Kota Yogyakarta selama 1,5 jam menggunakan mobil minibus yang biasa digunakan untuk travel dengan sajian aneka makanan khas angkringan di dalamnya.

Sutrisno, salah satu sopir Adipati Transport, mengatakan bahwa bermulanya ide angkringan dalam mobil ini adalah sebagai salah satu jalan keluar atas lesunya bisnis transportasi selama pandemik corona.

2. Berawal dari ide untuk bangkit dari lesunya dunia transportasi akibat pandemik corona

Serunya Menyantap Menu Angkringan Sambil Keliling Kota YogyakartaIDN Times/Rijalu Ahimsa

Sutrisno mengatakan bahwa semenjak pandemik corona, pemesanan rental kendaraan untuk keperluan wisata sama sekali tidak ada. Dirinya menambahkan bahwa kebanyakan yang memesan carter mobil belakangan ini adalah untuk keperluan keluarga saja. 

"Kalau wisata nol, adanya pergerakannya di acara keluarga, misalnya antar ke acara nikahan, terus antar ke acara berobat. Kalau wisata blas (sama sekali tidak ada), ya selama corona ini sampai sekarang," ucapnya saat ditemui IDN Times di garasi Adipati Transport, Sabtu (25/7/2020).

Dirinya juga menceritakan bahwa pemilik Adipati Transport sempat mencoba survive dengan memproduksi face shield dan wastafel cuci tangan sebelum memulai inovasi angkringan dalam mobil ini.

3. Angkringan dipilih karena tren di kalangan anak muda saat ini

Serunya Menyantap Menu Angkringan Sambil Keliling Kota YogyakartaIDN Times/Rijalu Ahimsa

Sedangkan menurut Sutrsino, angkringan dipilih sebagai menu makanan yang disajikan karena saat ini tengah menjadi tren di kalangan anak muda untuk makan di angkringan.

"Yang pasti mengikuti tren karena tren yang ada sekarang anak-anak muda sekarang di mana-mana makan angkringan sama kopi," ucapnya.

Selain itu dirinya mengatakan bahwa menu-menu di angkringan adalah menu yang ringan sehingga orang-orang yang ingin menikmati angkringan di dalam mobil ini tidak perlu ragu kekenyangan jika sebelumnya sudah makan berat.

Baca Juga: Coffee On The Bus, Cara Baru Ngopi sambil Keliling Kota Yogyakarta

4. Minibus digunakan untuk faktor keselamatan kesehatan

Serunya Menyantap Menu Angkringan Sambil Keliling Kota YogyakartaMinibus yang digunakan untuk angkringan dalam mobil - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Selain itu menurut Sutrisno, kendaraan minibus dipilih karena mempertimbangkan faktor keselamatan kesehatan di masa pandemik corona.

Menurutnya dengan minibus yang hanya bisa diisi maksimal 7 orang ini bisa lebih mengerucutkan orang yang ingin menikmati layanan angkringan dalam mobil ini, karena menurutnya yang ikut dalam perjalanan adalah satu rombongan yang sudah saling kenal dan dekat, tidak seperti jika menggunakan bis yang penumpangnya dari berbagai macam orang yang belum dikenal.

Dirinya juga menambahkan disediakan alat cek suhu sebelum para penumpang menikmati layanan ini.

5. Bertarif mulai Rp50 ribu

Serunya Menyantap Menu Angkringan Sambil Keliling Kota YogyakartaKursi belakang angkringan dalam mobil - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Adipati Transport mematok tarif Rp50 ribu per orang untuk mobil minibus dengan kursi biasa dan Rp70 ribu per orang untuk mobil dengan captain seat (jenis jok yang terpisah antar penumpang) dengan jumlah minimal 5 orang pemesan. Harga tersebut sudah termasuk dengan makanan angkringan selama perjalanan keliling Yogyakarta.

Sutrisno mengatakan bahwa penumpang juga boleh memesan menu khusus yang ingin disajikan di dalam mobil namun syaratnya menu tersebut adalah menu-menu yang biasa tersedia di angkringan.

Dirinya juga memperbolehkan jika penumpang ingin berhenti di suatu tempat untuk sekadar berfoto asalkan tersedia tempat parkir untuk minibus, namun dengan waktu yang dihabiskan tetap maksimal 1,5 jam perjalanan.

6. Mencoba langsung angkringan dalam mobil

Serunya Menyantap Menu Angkringan Sambil Keliling Kota YogyakartaSajian beragam menu angkringan di dalam mobil - IDN Times/Rijalu Ahimsa

IDN Times pun berkesempatan mencoba angkringan dalam mobil ini bekeliling kota Yogyakarta. Menu angkringan seperti nasi kucing lengkap dengan lauk khasnya seperti sate usus, sate telur, sate hati, hingga aneka gorengan disajikan di sebuah meja bundar di tengah-tengah mobil. Selain itu juga disediakan minuman berupa teh hangat.

Adipati Transport menjanjikan bahwa sopir yang membawa mobil dipilih yang cara mengemudinya paling halus agar penumpang bisa menikmati makanan. Benar saja, pengemudi menyetir dengan halus sehingga bisa menikmati perjalanan sambil makan beragam menu angkringan.

Sutrisno juga bercerita bahwa beberapa penumpang sebelumnya menanyakan tentang boleh atau tidaknya merokok saat perjalanan, namun pihak Adipati Transport tidak mengizinkan penumpang merokok karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap karena mobil ber-AC.

Apa kamu juga ingin menikmati rasanya makan angkringan sambil keliling kota Jogja naik mobil?

Baca Juga: Kampung Mrican Sulap Selokan Jadi Kolam Budidaya Ikan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya