Pasien Positif Corona Jadi 96 Orang, Menyebar Sampai Yogyakarta

Yuri menyebut ada pasien positif corona ada di DIY

Yogyakarta, IDN Times - Juru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, menyatakan bahwa jumlah pasien positif virus corona di Indonesia meningkat menjadi 96 orang. 

"Update pada hari ini jumlah kasus positif total ada 96 per hari ini," ujar Yuri dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (COVID-19) di Graha BNPB, Sabtu (14/3).

Selain itu, Yuri juga menyebutkan bahwa penyebaran virus corona telah menyebar ke sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di provinsi DI Yogyakarta. 

"Kita lihat sebarannya sudah melebar dari Jakarta, di DKI dalam hal ini. Jawa Barat di sekitar DKI termasuk di Bandung, kemudian Tangerang l, kemudian Jawa Tengah. Yang sudah kita dapatkan kasusnya di Solo dan Yogyakarta, ada juga di Bali, di Manado, dan di Pontianak," terang Yuri.

Baca Juga: 62 Orang Dikarantina, Kota Solo Berstatus KLB Virus Corona

1. Ada 27 orang baru yang positif corona

Pasien Positif Corona Jadi 96 Orang, Menyebar Sampai YogyakartaJuru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 12 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dari hasil tracing, ditemukan 27 orang yang baru dinyatakan positif sejak data akhir kemarin. 

"Terakhir kita laporkan 69 (pasien positif virus corona) sekarang menjadi 96 oleh karena itu ada penambahan kasus baru sebanyak 27. Ini didapatkan dari tracing," terangnya.

2. Yogyakarta memiliki pasien positif corona

Pasien Positif Corona Jadi 96 Orang, Menyebar Sampai YogyakartaRSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Yuri mengatakan, data penyebaran di luar DKI Jakarta juga didapatkan dari hasil tracing pasien positif virus corona yang sudah terdata dan kini sedang dirawat di rumah sakit rujukan virus corona.

"Melalui tracing itu, menyebar ke beberapa provinsi yang saya sebut tadi," ujar Yuri.

Menurut Yuri, hal utama yang ditanyakan kepada pasien positif virus corona adalah dari siapa ia tertular dan dengan siapa saja dirinya melakukan langsung. Dari informasi itulah kemudian dilakukan tracing.

"Awalnya adalah dari informasi tracing setiap kasus positif yang kita rawat di rumah sakit pasti akan kita tindaklanjuti dengan dua pertanyaan sederhana ketularan siapa dan menular siapa, itu saja," terangnya.

3. Delapan orang sembuh, 5 meninggal

Pasien Positif Corona Jadi 96 Orang, Menyebar Sampai YogyakartaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Menurut Yuri, ada delapan pasien positif virus corona yang telah sembuh dalam kurun satu minggu terakhir. Telah dilakukan dua kali tes terhadap mereka yang sembuh dan hasilnya negatif.

"Ada delapan orang yang sudah dinyatakan sembuh indikasinya adalah tidak ada lagi keluhan fisik," kata Yuri.

Sementara itu, ada seorang lagi pasien positif virus corona yang meninggal dunia.

"Sampai saat ini jumlah kasus meninggal ada 5 orang," sambung Yuri.

Reporter IDN Times Santi Dewi, Lia Hutasoit, dan Aldzah Fatimah Aditya turut berkontribusi dalam laporan ini.

Baca Juga: RS Sardjito Terima Pasien Balita Pengawasan Covid-19

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya