Sultan: Menang Jangan Sombong, Yang Kalah Harus Menerima Kekalahan

Pemilu harus dilakukan tanpa intimidasi

Kota Yogyakarta, IDN Times - Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X meminta semua pihak untuk menahan diri jika tidak terpilih dalam Pemilu 2019. Imbauan juga diberikan kepada pihak yang memenangkan Pemilu untuk tidak menjadi sombong.

Pesan Sultan tersebut disampaikan saat acara doa bersama dalam rangka menyambut Pemilu 2019 di Gedung Pracimosono, kompleks Kantor Gubernur Yogyakarta Kepatihan., Senin (16/4).

“Mengingat Pemilu damai merupakan hal mendasar dalam demokrasi, kita berharap Pemilu tidak berujung permusuhan, kerusuhan, apalagi perpecahan,” katanya.

Baca Juga: Akhirnya, KPU Kulon Progo Memulai Pengiriman Logistik Pemilu

1.. Pemilu dilakukan bebas, tanpa intimidasi

Sultan: Menang Jangan Sombong, Yang Kalah Harus Menerima KekalahanIDN Times/Nindias Khalika

Lebih lanjut Gubernur Yogyakarta Sri Sultan HB X menjelaskan bahwa bagian penting dari Pemilu adalah peran dan partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, aspirasi warga harus tersalurkan tanpa ada tekanan dan ancaman.

“Penting bagi masyarakat untuk memilih dengan aman, tanpa tekanan dan ancaman. Untuk itu pemerintah dan rakyat harus bekerja sama menuju Pemilu sukses, aman, tertib, lancar, dan lebih beretika,” terangnya.

2. Harapan doa bersama

Sementara Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan dalam acara doa bersama menyatakan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penyelenggaran pemilu agar berjalan dengan baik. 

“Kami telah menghadapi curam dan terjal persoalan baik terkait data pemilih, pencalonan peserta Pemilu, kampanye, urusan logistik, dan lain-lain. Dan pada hari Rabu tanggal 17 April nanti merupakan salah satu puncak ketinggian yang harus dilewati dengan hati-hati agar demokrasi elektoral sesuai asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” katanya.

Doa bersama ini dihadiri mulai dari kepala daerah, ketua DPRD, KPU, Bawaslu, pemuka agama, hingga calon DPR, DPRD, DPD dan tim sukses calon presiden dan wakil presiden.

3. Besok Rabu (17/4) sebanyak 2.731.874 orang akan gunakan hak pilihnya

Sultan: Menang Jangan Sombong, Yang Kalah Harus Menerima Kekalahanhttps://www.instagram.com/guyon.kalongan/

2.731.874 orang di DI Yogyakarta akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Untuk memudahkan mencari letak Tempat Pemungutan Suara (TPS), KPU DIY menyediakan peta lokasi TPS yang dapat diakses melalui website diy.kpu.go.id.

Baca Juga: Dolanan Tradisional Yang Tetap Abadi 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya