Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud DIY, Targetkan Raih 70 Persen Suara

Kedekatan Ganjar dan Jogja jadi bagian penting

Sleman, IDN Times - Tim Pemenangan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ganjar - Mahfud menargetkan perolehan suara Ganjar Pranowo - Mahfud MD, mencapai 70 persen di DIY. 

Ketua Tim Pemenangan Daerah DIY Ganjar-Mahfud, Yuni Setia Rahayu mengatakan Ganjar dinilai menjadi bagian yang penting di Jogja. "Kami akan berkoordinasi dengan tim nasional dan juga tim-tim di kabupaten kota untuk mensosialisasikan Pak Ganjar,” ucap Yuni, saat Deklarasi Tim Pemenangan Daerah Ganjar Mahfud Daerah Istimewa Yogyakarta, di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kamis (16/11/2023).

1. Kiprah Ganjar di DPR RI dukung DIY

Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud DIY, Targetkan Raih 70 Persen SuaraDeklarasi Tim Pemenangan Daerah Ganjar Mahfud Daerah Istimewa Yogyakarta, di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kamis (16/11/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Dalam deklarasi ini terungkap kedekatan Ganjar Pranowo dengan Yogyakarta. Salah satunya, kiprah dan peran Ganjar Pranowo memperjuangkan keistimewaan DIY belasan tahun lalu.

Seperti yang diketahui, saat itu warga Yogyakarta mempertahankan keistimewaan DIY lewat dua jalur, yakni diplomasi dan gerakan kerakyatan. Ganjar Pranowo yang ketika itu menjabat sebagai wakil rakyat, memperjuangkan keistimewaan DIY lewat jalur diplomasi.

Saat pembahasan Rancangan Undang-Undang Keistimewaan (RUUK) DIY pada 2012, Ganjar menjadi Wakil Ketua Panitia Kerja (Panja) dan Wakil Ketua Komisi II DPR.  

2. Ganjar ambil bagian dalam keistimewaan Jogja

Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud DIY, Targetkan Raih 70 Persen SuaraCapres, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Yuni menyebut Ganjar turut andil melahirkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 yang menegaskan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai provinsi yang mempunyai keistimewaan, dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Revisi Undang-Undang Keistimewaan DIY yang diperjuangkan oleh Ganjar Pranowo bukan sekadar kata-kata. Ini menjadi bukti nyata upaya seorang pemimpin yang peduli terhadap masa depan Jogja," ujar dia.

Baca Juga: Yakin Aparat Netral dalam Pilpres, Ganjar: Apalagi Saya Anak Polisi

3. Jogja dinilai menyimpan sejarah bagi Ganjar dan Mahfud

Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud DIY, Targetkan Raih 70 Persen SuaraCapres, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ganjar mengingat dirinya ketika belajar di Jogja memperoleh banyak hal. "Datang ke Jogja belajar budaya, mengasah rasa, intelektualitas, spiritualitas, emosionalitas. Ganjar Mahfud adalah dua anak yang pernah diajar di sini," ujar Ganjar.

Ganjar juga menyebut Jogja menyimpan sejarah panjang bangsa Indonesia. Perjuangan Jogja menurutnya menginspirasi untuk tidak pernah mundur selangkah pun menghadapi penjajah. Ia juga menyinggung bagaimana saat itu Jogja berupaya menjaga demokrasi di negeri ini.

"Saya mau mengingatkan semua, 20 Mei 1998 Ngarsa Dalem bicara, sejuta masyarakat di Jogja berkumpul, untuk mengingatkan pemerintahan pada saat itu," kata Ganjar.

Baca Juga: Tersangka Kasus Korupsi Wamenkumham Hadir di Pengukuhan Guru Besar UGM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya