Pesan-Pesan Ma'ruf Amin untuk Pernikahan Kaesang-Erina

Masyarakat akan baik jika rumah tangga baik

Sleman, IDN Times - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, yang ditunjuk sebagai khatib dalam pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022), menyampaikan sejumlah pesan.

Ia mengatakan perkawinan adalah tuntunan agama dan merupakan sunnah rasul. Melalui pernikahan dibangun rumah tangga. Rumah tangga adalah gambar yang diperkecil dari masyarakat.

"Rumah tangga adalah miniatur dari masyarakat. Masyarakat itu akan baik manakala rumah tangga baik, dan kalau rumah tangga tidak baik, masyarakat juga tidak akan baik, karena itu peran atau fungsi rumah tangga sangat penting dalam kehidupan masyarakat," ujar Amin.

1. Perkawinan adalah salah satu perjanjian yang kuat dalam Al-Qur'an

Pesan-Pesan Ma'ruf Amin untuk Pernikahan Kaesang-ErinaKaesang Pangarep dan Erina Gudono mendengarkan pesan-pesan dari khatib Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (YouTube.com/Presiden Joko Widodo)

Amin menyebut perkawinan dalam Al-Qur'an adalah perjanjian yang kuat. Ada tiga perjanjian yang kuat dalam Al-Qur'an, pertama perjanjian Allah dengan kaum Bani Israil. Kedua, perjanjian Allah dengan para Nabi. "Ketiga perjanjian antara suami dengan istri," ujar Amin.

"Kenapa perjanjian suami istri dianggap perjanjian yang kuat?, seperti perjanjian Allah dengan Bani Israil dengan Nabi. Pertama karena perjanjian itu menyangkut kesepakatan untuk hidup bersama sepanjang masa," kata Amin.

Kedua disebut perjanjian yang dilakukan suami istri itu perjanjian dengan Allah SWT. Istri disebut sebagai perantara. "Oleh karena itu ananda Kaesang, ketika anda mengucapkan saya terima nikahnya kawinnya, berarti anda sedang berjanji kepada Allah SWT, itu harus diingat hati-hati. Hati-hati juga pada suami yang lain, sudah berjanji kepada Allah, termasuk saya suami," ujar Amin.

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Kaesang Resmi Mempersunting Erina

2. Harus meluruskan niat dalam pernikahan

Pesan-Pesan Ma'ruf Amin untuk Pernikahan Kaesang-ErinaWakil Presiden RI, Ma'ruf Amin saat menjadi khatib akad nikah Kaesang-Erina. (YouTube.com/Presiden Joko Widodo)

Amin juga mengingatkan dalam pernikahan harus meluruskan niat, menjadi ibadah karena Allah. "Banyak amalan kelihatan dunia tapi menjadi amalan akhirat, berpahala dengan sebab niat yang baik," ujar Amin.

Dia juga mengingatkan Kaesang dan Erina untuk dapat menerima segala kelebihan dan kekurangan. "Tidak ada suami yang sempurna, tidak ada istri yang sempurna. Pasti ada kekurangan," katanya.

3. Perkawinan harus dilandasi rasa saling mencintai

Pesan-Pesan Ma'ruf Amin untuk Pernikahan Kaesang-ErinaKaesang Pangarep dan Erina Gudono mendengarkan pesan-pesan dari khatib Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (YouTube.com/Presiden Joko Widodo)

Amin meminta untuk menjadikan rumah tangga pasangan baru ini menjadi rumah tangga yang sakinah, harmonis, rukun, damai. Pertama saling mencintai, karena perkawinan harus dilandasi rasa saling mencintai. Kedua, harus penuh rasa kasih sayang. Salah satu sakit turut dirasakan yang lainnya.

Selanjutnya harus saling pengertian. Terkadang ada ketegangan, hal menyebalkan harus diselesaikan dengan baik.

"Kalau ada salah satu yang marah ambil air wudhu, shalat dua rakaat minta petunjuk Allah. Jangan ambil piring, piring tidak salah dibanting," ucap Amin.

Baca Juga: 10 Momen Unik di Akad Nikah Kaesang-Erina, Mahar Rp300 ribu dan Emas

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya