Bentuk Satgas, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman saat Nataru

Sejumlah fasilitas juga ditambah

Yogyakarta, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah kembali membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk bersiaga dalam rangka mempersiapkan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Hal tersebut sebagai upaya memenuhi kebutuhan energi seperti BBM, LPG, dan Avtur di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Menyambut masa Natal dan Tahun Baru, kami pastikan stok dalam kondisi sangat aman. Proses distribusi juga terus kami pantau melalui Pertamina Integrated Command Centre (PICC) dan dashboard digitalisasi SPBU,” ucap Executive General Manager (EGM) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Dwi Puja Ariestya, Selasa (20/12/2022).

1. Ada peningkatan konsumsi BBM

Bentuk Satgas, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman saat NataruIlustrasi pengisian BBM di SPBU. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Pertamina Patra Niaga juga telah menghitung proyeksi peningkatan konsumsi energi masyarakat selama masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Setidaknya akan ada peningkatan kebutuhan sekitar 8 persen untuk Gasoline (bensin), 1,5 persen untuk Gasoil (diesel), 3,5 persen untuk LPG, dan 19 persen untuk Avtur. Angka tersebut dibandingkan dengan rerata Oktober 2022. 

Sebagai antisipasi terhadap proyeksi tersebut, Pertamina telah melakukan beberapa antisipasi. Seluruh sarana dan fasilitas yang ada di wilayah operasi Jawa Tengah dan DIY, di antaranya 1.014 SPBU, lebih dari 774 Pertashop, 118 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE), 705 agen LPG, dan lebih dari 60 ribu outlet LPG telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat. 

Baca Juga: Jadwal Penerbangan di Bandara YIA Kulon Progo Tak Akan Ditambah 

2. Tambahan fasilitas selama nataru

Bentuk Satgas, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman saat NataruDok. Pertamina

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah kembali menyiapkan layanan dan fasilitas yang selama ini sudah ada dan tambahan semasa Satgas Nataru. Antara lain, 240 SPBU Siaga di jalur lintas, daerah wisata, daerah konsentrasi natal dan tahun baru, 8 SPBU Siaga di jalur tol, 87 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 55 titik kantong BBM SPBU, 9 unit Pertashop atau SPBU modular di jalur Tol Trans Jawa, serta lebih dari 6 ribu agen dan pangkalan LPG Siaga, layanan di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan. 

“Untuk menjawab proyeksi peningkatan konsumsi masyarakat, PT Pertamina Patra Niaga menyiapkan seluruh fasilitas untuk beroperasi dengan maksimal. Selain yang beroperasi reguler, layanan tambahan ini juga kami siapkan sebagai antisipasi terutama di jalur-jalur dan wilayah dengan proyeksi peningkatan konsumsi tertinggi, misalkan wilayah yang merayakan Natal, wilayah yang merayakan tahun baru, tempat wisata, serta jalur lintas utama,” ujar Ari.

3. Koordinasi dengan berbagai pihak

Bentuk Satgas, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman saat NataruMobil tangki sedang mengisi BBM di Terminal BBM. (dok. Pertamina Patra Niaga)

Sebagai upaya pengamanan penyaluran BBM, LPG, dan Avtur, PT Pertamina Patra Niaga juga melakukan berbagai koordinasi. Selain secara internal dalam memastikan stok, penambahan armada, serta kesiapan seluruh tambahan layanan, pihaknya juga berkoordinasi dengan stakeholder, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, BPH Migas, Polri, Jasa Marga dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Telkom, serta perbankan untuk memastikan transaksi kebutuhan lembaga penyalur dapat tetap dilayani. 

“Dengan seluruh antisipasi ini, kami menghimbau masyarakat tidak perlu khawatir, PT Pertamina Patra Niaga tetap siaga menyalurkan kebutuhan energi masyarakat agar tetap terpenuhi dengan baik. Jika masyarakat membutuhkan informasi serta layanan PT Pertamina Patra Niaga selama masa Natal dan Tahun Baru, masyarakat dapat memanfaatkan layanan pelanggan Channel Pertamina Call Center 135," kata Ari.

Baca Juga: Penumpang Bus di Terminal Giwangan Diperkirakan Naik hingga 7 Persen  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya