Pengamat UGM Menilai Prospek Ganjar-Anies, Tergantung Pasangan Prabowo

Koalisi saat ini dinilai masih remang-remang

Yogyakarta, IDN Times - Muncul wacana duet Ganjar Pranowo dengan Anies Baswedan, dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Pengamat Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Arya Budi menilai masih cukup kompleks, apakah mereka bakal unggul dibanding pasangan lainnya.

"Ini agak kompleks, karena potensi menang juga harus diukur. Lembaga survei sejauh ini kan tidak mempunyai skenario politik untuk mengukur komposisi Ganjar - Anies dan Prabowo Subianto dengan cawapresnya yang sekarang sedang naik daun adalah Gibran anaknya Jokowi. Kedua ada nama Erick Thohir juga," kata Arya, Jumat (25/8/2023). 

1. Prospek Ganjar Anies, tergantung pasangan Prabowo

Pengamat UGM Menilai Prospek Ganjar-Anies, Tergantung Pasangan PrabowoKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Arya menilai prospek duet Ganjar - Anies, juga bergantung dengan cawapres yang akan digandeng Prabowo. Jika Ganjar berpasangan dengan Anies, maka yang muncul adalah kelompok nasionalis dan Islamis yang banyak direpresentasikan oleh kelompok Nahdliyin atau kelompok Islam tradisionalis itu yang tidak terlalu terakomodiasi pasangan Ganjar - Anies.

"Beda soal jika Prabowo misalnya mampu menggandeng NU atau figur yang merepresentasikan NU, misalnya jika ada nama Erick Thohir di sana, Erick punya kedekatan dengan Nahdliyin meski dia diusung juga oleh PAN yang banyak di Muhammadiyah. Tentu itu akan menantang bagi Ganjar dan Anies," ungkapnya.

2. Ganjar dan Prabowo berupaya merebut suara kelompok Islamis

Pengamat UGM Menilai Prospek Ganjar-Anies, Tergantung Pasangan PrabowoPengamat Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Arya Budi. (Dok. Istimewa)

Arya menyebut persoalan yang muncul bukan lagi komposisi Islam dan nasionalis. :Ada kelompok Islam modernis, tradisionalis, belum lagi yang modernis bukan hanya Muhammadiyah," terang Arya. 

Kedua kandidat yang sama-sama punya warna ideologis nasional Ganjar dan Prabowo, berusaha untuk merebut kelompok Islamis baik tradisionalis maupun modernis. "Itu yang kita belum terpetakan," kata Arya.

Baca Juga: Wacana Duet Ganjar dan Anies, Pengamat Politik UGM: Cek Ombak 

3. Koalisi saat ini masih remang-remang

Pengamat UGM Menilai Prospek Ganjar-Anies, Tergantung Pasangan PrabowoIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Arya menyebut wacana kocok ulang koalisi ini sebenarnya masih belum mempunyai kejelasan. Jika melihat komposisi di 2019 Ma'ruf Amin, tidak terekam di satu bulan sebelumnya dia baru terekam bahkan di hari-hari jelang pendaftaran KPU, bahkan di menit bisa berubah. 

"Jadi kalau pertanyaan prospeknya seperti apa, kocok ulang koalisi ini yang masih remang-remang. Jika Anies berpasangan dengan Ganjar, belum tentu komposisi koalisi itu," ungkap Arya. 

Baca Juga: Soal Duet Ganjar Pranowo-Anies, Megawati Belum Putuskan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya