PDIP Belum Umumkan Capres, Pakar Politik UGM: Sinyal Usung Ganjar 

Megawati dinilai memberi waktu Ganjar untuk pembuktian

Sleman, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Mada Sukmajati menilai tidak diumumkannya calon presiden untuk Pilpres 2024, saat momen ulang tahun PDIP, dinilai menjadi sinyal partai mencalonkan Ganjar Pranowo.

"Ya kalau sebenarnya dengan tidak mengumumkan kemarin, kan menurut saya justru sudah gamblang, ya Pak Ganjar siapa lagi. Kalau bu Puan kan berat ngangkat dalam waktu dekat elektabilitasnya," kata Mada, saat acara Pojok Bulaksumur, di Gedung Pusat UGM, Kamis (12/1/2023).

1. Ini pendapat Mada jika PDIP tidak mencalonkan Ganjar

PDIP Belum Umumkan Capres, Pakar Politik UGM: Sinyal Usung Ganjar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Mada mengatakan analisanya itu mengacu referensi sejumlah lembaga survei yang dinilai kredibel. Dari survei tersebut hasil elektabilitas Ganjar dinilai tinggi. Menurutnya jika tidak mengangkat Ganjar Pranowo, ada banyak harga yang harus dibayar oleh PDIP.

"Jadi dengan kalkulasi itu, kemarin (saat ulang tahun) memutuskan untuk tidak mengumumkan. (Tapi) sebenarnya justru mengumumkan, mengonfirmasi dugaan publik bahwa PDIP mencalonkan Ganjar Pranowo," kata Mada.

2. Megawati sebut 2 calon dari kader PDIP

PDIP Belum Umumkan Capres, Pakar Politik UGM: Sinyal Usung Ganjar Megawati dalam acara perayaan HUT ke-50 PDI Perjuangan. (youtube.com/PDI Perjuangan)

Mada juga melihat dari pernyataan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri bahwa calon yang akan diusung dari kader sendiri, telah mengerucut dua nama. "Kadernya ya hanya dua yang elektabilitasnya sudah diketahui, yaitu Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. Kalau Puan Maharani itu harus dipikirkan juga terkait perolehan suara dari pemilu legislatif," ungkapnya.

Meski Ganjar Pranowo seperti tidak dilirik oleh Megawati saat HUT ke-50 PDIP, namun menurut Mada hal tersebut merupakan sinyal dari Megawati untuk memberi kesempatan Ganjar membuktikan dirinya. Di luar peringatan HUT, Ganjar juga diteriaki Presiden oleh sejumlah kader.

Baca Juga: Proses Hukum Lukas Enembe Berlarut-larut, Pukat UGM: Cost-nya Besar

3. Bola sudah ada di tangan Ganjar Pranowo

PDIP Belum Umumkan Capres, Pakar Politik UGM: Sinyal Usung Ganjar Ganjar Pranowo. (instagram.com/ganjar_pranowo)

Dikatakan Mada, Ganjar harus bisa membuktikan dirinya layak mendapatkan tiket itu di PDIP. Ganjar yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah harus mengoptimalkan kinerjanya. "Naikkan kesejahteraan di Jateng untuk membuktikan bahwa dia layak mendapatkan tiket itu di PDIP," ungkap Dosen Departemen Politik dan Pemerintahan UGM itu.

Mada melanjutkan, Ganjar diminta jangan hanya mengandalkan gimmick. Menurutnya, saat ini bola sudah ada di tangan Ganjar Pranowo. "Jadi ini kesempatan untuk Ganjar Pranowo membuktikan kepada PDIP lebih spesifik ke Bu Mega bahwa dia layak mendapatkan tiket dari PDIP," ujar Mada.

Baca Juga: PPP Bakal Gelar Karpet Merah Bagi Sandiaga Uno

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya