Longsor di Banyumas, Sejumlah KA Daop 6 Jogja Dialihkan

Daop 6 juga memberlakukan pengalihan moda transportasi

Yogyakarta, IDN Times - Sejumlah kereta api tujuan dan keberangkatan stasiun Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mengalami gangguan sebagai dampak longsor yang terjadi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul–Karangsari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Senin (4/12/2023) dini hari. Beberapa rute terpaksa dialihkan atau memutar akibat longsoran tersebut.

Longsoran sendiri terjadi karena pengaruh curah hujan yang sangat tinggi di wilayah tersebut. Akibat kejadian tersebut, sejumlah KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 ada yang dibatalkan sebagian rutenya di beberapa relasi dan dialihkan memutar lewat jalur utara melalui Gundih-Semarang-Tegal-Cirebon. Rute lain untuk pengalihan memutar lewat Kroya-Banjar-Bandung-Cikampek.

1. Sejumlah KA dialihkan memutar

Longsor di Banyumas, Sejumlah KA Daop 6 Jogja DialihkanLongsoran yang terjadi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul - Karangsari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Senin (4/12/2023) dini hari. (Dok. Istimewa)

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, mengatakan hingga pukul 08.00 WIB Daop 6 mencatat terdapat 10 KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 dialihkan memutar. Antara lain yaitu KA Kamandaka, Ranggajati, Argo Semeru, Fajar Utama Solo, Fajar Utama Yk, Bengawan, Gajahwong, Taksaka, Argo Lawu, dan Taksaka.

"Fajar Utama Yogya keberangkatan pukul 07.00 WIB, lewat Kroya-Banjar-Bandung-Cikampek-Jakarta. Argo Lawu keberangkatan Solo pukul 08.30 WIB, lewat Gundih-Semarang-Tegal-Cirebon-Jakarta," kata Krisbiyantoro, Senin (4/12/2023).

2. Pengalihan moda transportasi

Longsor di Banyumas, Sejumlah KA Daop 6 Jogja DialihkanLongsoran yang terjadi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul - Karangsari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Senin (4/12/2023) dini hari. (Dok. Istimewa)

Untuk KA dari Jakarta dengan tujuan Klaten hingga Yogyakarta, Daop 6 Yogyakarta memberlakukan overstapen atau pengalihan moda transportasi seperti bus atau alternatif KA dari arah Solo ke Klaten dan Yogyakarta.

"Para pelanggan tidak perlu khawatir dan diimbau untuk terus memperhatikan arahan petugas di stasiun," ungkap Krisbiyantoro. 

Baca Juga: 9 Juta Orang Diprediksi Keluar-Masuk DIY Saat Libur Nataru 

3. Informasi terkait perjalanan KA

Longsor di Banyumas, Sejumlah KA Daop 6 Jogja DialihkanIlustrasi kereta api. (Dok. PT KAK Daop 6)

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.

"Sekali lagi Daop 6 Yogyakarta memohon maaf atas ketidaknyamanannya karena gangguan perjalanan KA akibat curah hujan yang tinggi," ujar Krisbiyantoro.

Baca Juga: Tiket Kereta Api Natal dan Tahun Baru 2024 Bisa Dipesan H-45

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya