Jalur KA Antara Sentolo–Wates Sudah Bisa Dilalui Kecepatan Normal

Perjalanan kereta api berangsur normal kembali

Yogyakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan perjalanan kereta api telah berangsur normal kembali. Mulai Sabtu (21/10/2023)-Minggu (22/10/2023) siang, seluruh perjalanan KA yang melintas di petak jalur rel antara Stasiun Sentolo–Stasiun Wates sudah bisa dilalui dengan puncak kecepatan 80 km per jam. 

"Mulai lancarnya operasional kereta api ini berkat kerja keras dan kolaborasi dari seluruh jajaran unit KAI dibantu dengan stakeholders eksternal lainnya, sehingga proses perbaikan jalur rel berjalan dengan cepat dan lancar," ujar Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6, Krisbiyantoro.

1. Puluhan personel dikerahkan untuk memperbaiki

Jalur KA Antara Sentolo–Wates Sudah Bisa Dilalui Kecepatan NormalPetugas berusaha mengevakuasi KA Argo Semeru yang mengalami kecelakaan di kawasan Kalimenur, Sukoreno, Sentolo, Kulonprogo, D.I Yogyakarta, Rabu (18/10/2023). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Sebanyak kurang lebih 60 personel dikerahkan untuk memperbaiki jalur antara Stasiun Sentolo–Stasiun Wates dengan menggunakan alat perawatan jalan rel jenis MTT sebanyak 2 unit, dan jenis PBR 1 unit. Adapun material yang digunakan dalam proses perbaikan jalur tersebut yaitu 350 buah bantalan rel, 200 meter potongan rel, dan 400 meter persegi batu kricak.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas kerja samanya dalam menangani kejadian anjloknya KA Argo Semeru beberapa hari yang lalu, serta langkah-langkah normalisasi jalur sehingga dapat dilalui KA dengan normal kembali," ucap Krisbiyantoro.

2. Penyebab anjloknya KA 17 Argo Semeru masih diinvestigasi

Jalur KA Antara Sentolo–Wates Sudah Bisa Dilalui Kecepatan NormalPetugas berusaha mengevakuasi KA Argo Semeru yang mengalami kecelakaan di kawasan Kalimenur, Sukoreno, Sentolo, Kulonprogo, D.I Yogyakarta, Rabu (18/10/2023). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Terkait penyebab anjloknya KA 17 Argo Semeru, KAI telah berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Kementerian Perhubungan untuk menginvestigasi kejadian ini. KAI disebut fokus untuk memberikan layanan yang optimal.

"KAI tetap fokus dan berkomitmen terhadap keselamatan dan pelayanan optimal kepada seluruh pelanggan," kata Krisbiyantoro.

Baca Juga: Jalur Sentolo-Wates Berangsur Normal, Kecepatan Kereta Dibatasi  

3. Lakukan berbagai evaluasi hadapi perubahan

Jalur KA Antara Sentolo–Wates Sudah Bisa Dilalui Kecepatan NormalIlustrasi kereta api. (Dok. PT KAK Daop 6)

KAI berkomitmen melakukan berbagai evaluasi agar jajarannya selalu siap dalam mengantisipasi perubahan iklim yang sangat ekstrem saat ini. Antisipasi tersebut telah tertuang dalam SOP AMUS (Alat Material Untuk Siaga). 

"Dalam sistem AMUS tersebut sudah disiapkan dari kesiapan peralatan dalam penanganan gangguan di jalur rel, ketersediaan material cadangan prasarana dan kesiapan para personilnya," jelas Krisbiyantoro.

Baca Juga: KA Argo Semeru Anjlok, Penumpang Batalkan 3.851 Tiket

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya