TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PT PAL Ungkap Progres Pengerjaan Scorpene dan Frigate Merah Putih

Pembangunan fisik Frigate sudah 58 blok

Kapal selam Scorpene (dok. Naval Group)

Intinya Sih...

  • Progres pembuatan kapal selam Scorpene masih pada tahap desain dengan Prancis, diharapkan pemotongan pelat pertama dilakukan tahun depan.
  • Pembangunan Frigate Merah Putih telah mencapai 58 blok fisik dari total 161 blok yang harus dikerjakan.
  • PT PAL Indonesia sedang bernegosiasi dengan beberapa negara untuk proyek pembangunan kapal induk pertama bagi Indonesia.

Sleman, IDN Times - PT PAL Indonesia mengungkap progres dua proyek strategis untuk memperkuat pertahanan maritim Indonesia. Keduanya adalah kapal selam canggih, Scorpene, dan kapal Frigate Merah putih. Adapun wacana pembuatan kapal induk oleh perseroan ini.

1. Pemotongan pelat Scorpene tahun depan

Direktur Utama PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod menyebut sekarang ini pembuatan Kapal Selam Scorpene bersama perusahaan asal Prancis, Naval Group memasuki tahap penyusunan desain.

"Secara (pengerjaan) fisik belum, karena untuk desain saja kita membutuhkan waktu yang cukup lama bekerja sama dengan Prancis," kata Kaharuddin di UGM, Sleman, DIY, Selasa (24/9/2024).

Dia berharap pembangunan struktur badan kapal bisa dimulai setelah prosesi pemotongan pelat pertama atau first steel cutting tahun depan.

"Mudah-mudahan tahun depan pemotongan pelat pertama sudah bisa dilakukan," tuturnya.

2. Pembangunan fisik Frigate sudah 58 blok

Selain itu, Kaharuddin juga membeberkan perkembangan pengerjaan Frigate Merah Putih. Menurutnya, dari total 161 blok yang harus dikerjakan, telah tuntas 110 blok di antaranya.

"Frigate Merah Putih kita sudah dari 161 blok desain sudah menyelesaikan sampai di 110 blok, sementara pembangunan fisiknya sudah sampai di 58 blok," urai dia.

Baca Juga: PT PAL dan Naval Group Kerja Sama Produksi Kapal Selam Scorpene

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya