TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Akibat Jika Gak Mempersiapkan Pernikahan Sebaik Mungkin

Bisa gagal dapat restu!

ilustrasi pasangan (pexels.com/alexgreen)

Banyak yang berharap jika menikah itu cukup sekali seumur hidup. Karena itulah, sebagian besar pasangan ingin mempersiapkan pernikahannya dengan sebaik mungkin. Tidak hanya dari segi materi, tetapi mempersiapkan mental dalam diri juga penting.

Lantas, apa akibatnya jika kamu gak mempersiapkan pernikahan dengan sebaik mungkin? Berikut ini penjelasannya!

1. Memicu pertengkaran dengan pasangan

Ilustrasi bertengkar (pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Kurangnya persiapan dalam menikah bisa menjadi masalah ke depannya. Ketika seseorang kurang mempersiapkan pernikahan mereka, ini bisa memicu pertengkaran dengan pasangan. Pasanganmu bakal merasa jika kamu tak serius untuk menikah.

Seharusnya kamu menjadi sosok berharga yang bisa dengan serius mempersiapkan pernikahan. Ketika yang terjadi justru sebaliknya, kekecewaan lah yang didapat. Hal ini bisa mempengaruhi hubungan kamu dengan pasangan ke depannya.

2. Keluarga pacar kurang yakin untuk memberikan restu

iustrasi melamun (pexels.com/alenadarmel)

Ketika kamu sendiri kurang serius dalam mempersiapkan pernikahan, hal ini bisa mengurangi kepercayaan orang-orang terdekat. Jangan biarkan nantinya keluarga pacar mengurungkan niat dalam memberikan restu untukmu. Siapa sih yang akan rela mempercayakan anaknya pada orang yang tampak gak sungguh-sungguh menyambut kehidupan barunya?

Jika saat ini kamu serius dengan pacar, jangan biarkan hal ini terjadi. Usahakan dengan maksimal apa yang kamu bisa untuk persiapan masa depan hubungan. Tunjukan pada pasangan dan keluarganya jika kamu mampu untuk serius.

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan Belum Mengajakmu untuk Menikah 

3. Bikin repot orangtua dan orang terdekat

ilustrasi pertemanan (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Akibat selanjutnya ketika kamu sendiri kurang persiapan saat menikah akan membuat repot orangtua dan orang terdekat pasangan. Walau bagaimanapun, mereka yang akan membantu kamu menikah butuh persiapan lebih nantinya. Jangan sampai yang menikah kamu, yang pusing justru orangtua dan lainnya.

Misalnya saja saat proses melamar pasangan pada saat kamu belum punya modal untuk melamar pasangan. Mau tidak mau, orangtua yang akan mempersiapkan itu semua. Hal ini akan merepotkan mereka.

4. Nantinya bisa jadi masalah dalam pernikahan

ilustrasi marah (pexels.com/rodnaeproductions)

Kurangnya persiapan saat mau menikah juga dapat menjadi masalah dalam pernikahan nantinya. Walaupun telat, sebaiknya persiapkan pernikahanmu jauh-jauh hari. Jangan sampai nantinya pasangan juga menanggung akibatnya.

Bayangkan jika kamu terpaksa menggunakan dana pinjaman untuk resepsi pernikahanmu, hal itu bisa menjadi masalah besar dalam pernikahanmu. Pasanganmu mungkin akan kecewa dan marah besar jika mengetahui hal tersebut setelah menikah. Maka, tak ada salahnya meminta pasanganmu untuk bersabar menunggumu mempersiapkan semuanya dengan baik sebelum menggelar pernikahan.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Pernikahan ketika Realitas Tak Seindah Ekspektasi

Verified Writer

Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya