Comscore Tracker

5 Tips agar Seninmu Tetap Produktif dan On Target, Gak Mager

Senin harus tetap semangat, ya!

Setiap memasuki hari Senin, segala aktivitas baik sekolah maupun perkantoran sudah mulai berkegiatan kembali. Namun, pastinya ada sebagian orang yang kurang bersemangat karena masih ingin bersantai seperti di akhir pekan.

Tapi, hari Senin tetap harus produktif karena menjadi awalan dalam memaksimalkan satu minggu ke depan. Lalu, bagaimana caranya agar tidak mager dan tetap produktif meskipun di hari Senin? Intip 5 tips ini, ya!

1. Tuliskan goals atau target selama sepekan

5 Tips agar Seninmu Tetap Produktif dan On Target, Gak MagerIlustrasi sedang menulis (pexels.com/MART PRODUCTION)

Mungkin ada beberapa yang memasang targetnya selama satu tahun atau bahkan 5 tahun. Tapi, untuk sampai ke target besar, kamu bisa menuliskan secara spesifik dengan membagi-baginya menjadi target selama sepekan.

Tuliskan goals ataupun target yang ingin kamu lakukan selama sepekan yang nantinya dapat mempermudah kamu untuk menggapai target tahunan. Selain targetmu menjadi lebih tergambar, kamu juga bisa tau mana yang harus diprioritaskan. So, mulai aja dulu dari per pekan.

2. Mengurangi kebiasaan buruk

5 Tips agar Seninmu Tetap Produktif dan On Target, Gak MagerIlustrasi habits buruk (pexels.com/Vladyslav Dukhin)

Apa yang kita lakukan selama ini akan membentuk dirimu baik secara sadar maupun tidak. Bisa jadi hal buruk yang selama ini gak disadari, sering kali terus kamu ulangi hingga menjadi kebiasaan yang merugikan. 

So, coba pilih satu habit buruk yang memengaruhi kehidupanmu, baik secara finansial, kesehatan, maupun produktivitas. Setelah kamu mengidentifikasinya, cobalah dikurangi kuantitas kebiasaannya sedikit demi sedikit setiap pekannya.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kaizen, Prinsip yang Bikin Kamu Lebih Efisien

3. Menambah kebiasaan baru

5 Tips agar Seninmu Tetap Produktif dan On Target, Gak MagerIlustrasi seseorang yang sedang berolahraga (pexels.com/pixabay)

Setelah sebelumnya mencoba mengurangi habit yang buruk, sekarang cobalah untuk menambah kebiasaan baru. Kamu dapat memasukkannya ke dalam rutinitas yang sering kamu lakukan.

Pilih habit sederhana yang selama ini belum menjadi kebiasaanmu, tetapi kamu ingin mencobanya. Seperti membaca buku, gosok gigi sebelum tidur, atau semacam bangun pagi sebelum pukul 07.00.

4. Buatlah daftar project atau kegiatan yang bisa dilakukan selama sepekan

5 Tips agar Seninmu Tetap Produktif dan On Target, Gak MagerIlustrasi seseorang yang sedang memikirkan kegiatan (pexels.com/cottonbro)

Jika kamu sudah menyusun target untuk pekan ini, maka coba buatlah daftar project atau kerjaanmu selama sepekan dengan detail. Jabarkan dari mulai yang prioritas ataupun lis yang akan kamu lakukan di hari senin.

Apalagi untuk mahasiswa, pegawai, ibu rumah tangga atau yang lainnya, kamu pastinya memiliki kerjaan yang dilakukan setiap harinya. Nah, biar gak lupa dengan target atau deadline-mu, maka buatlah daftar project-nya dengan teliti.

5. Tuliskan reward jika telah memenuhi semua target

5 Tips agar Seninmu Tetap Produktif dan On Target, Gak MagerIlustrasi belanja (pexels.com/Anna Shvets)

Jika kamu berhasil menyelesaikan target dan serentetan tugasmu selama sepekan dengan baik, tak ada salahnya untuk memberi hadiah yang sederhana dan yang kamu butuhkan untuk diri sendiri.

Tapi, agar kamu komitmennya gak setengah-setengah, bisa juga gunakan punishment atau hukuman jika kamu nggak bisa menyelesaikan goals sepekan. Reward dan punishment bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu, ya.

Ternyata hari Senin bisa menjadi awalan untuk segala aktivitas selama pekan, ya. Jadi, goals, habit, ataupun project  apa yang ingin kamu lakukan untuk pekan ini? Jangan lupa dipraktekkan agar Seninmu tetap produktif dan on target.

Baca Juga: Berhenti Lakukan 5 Hal Ini Jika Gak Ingin Menyesal Kemudian

sarah aisyah Photo Community Writer sarah aisyah

Books, Poem, and Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya