Comscore Tracker

5 Fakta Unik Kaizen, Prinsip yang Bikin Kamu Lebih Efisien

Kerja efektif dan efisien sama dengan bye-bye lembur!

Muncul di Jepang, prinsip kaizen bertujuan menyelesaikan masalah dari akarnya dan melakukan perbaikan skala kecil namun konsisten dalam aktivitas sehari-hari, khususnya dalam pekerjaan. Di dunia kerja termasuk di Indonesia, kaizen mulai banyak digunakan perusahaan-perusahaan guna mencapai efektifitas dan efisiensi kerja.

Banyak hal-hal menarik bahkan unik dalam kaizen, di mana beberapa hal tersebut sebagian mungkin tidak biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Berikut beberapa fakta unik yang bisa kita temukan saat menerapkan kaizen. Penasaran?

1. Menemukan masalah walaupun (dirasa) tidak ada masalah

5 Fakta Unik Kaizen, Prinsip yang Bikin Kamu Lebih EfisienDiskusi tim (pexels.com/fauxels)

Hal pertama yang dilakukan dalam penerapan kaizen adalah menemukan masalah. Karena sifatnya melakukan perbaikan secara terus menerus, maka individu atau tim harus melakukan perbaikan dari proses kerja yang biasa atau rutin dilakukan.

Namun saat sudah nyaman dengan proses atau alur kerja yang biasa dilakukan, maka kita merasa tidak ada masalah. Padahal bila kita jabarkan satu persatu, pasti dari alur atau proses  kerja yang biasa kita lakukan memiliki banyak proses yang bisa kita perbaiki atau bahkan hilangkan. 

2. Biaya murah bahkan tidak butuh biaya

5 Fakta Unik Kaizen, Prinsip yang Bikin Kamu Lebih EfisienGunting dalam kotak (pexels.com/CalebOquendo)

Saat kita melakukan prinsip kaizen, maka kita akan menemukan fakta bahwa kaizen membutuhkan biaya yang murah, atau bahkan nihil biaya.

Salah satu contoh sederhana dari gambar di atas, membuat kotak penyimpanan untuk barang-barang yang berantakan di meja kerja dari kotak kardus daur ulang atau mendekatkan barang atau mesin yang jauh namun biasa digunakan.

Baca Juga: 5 Kemampuan yang Membuatmu Bertahan di Masa-masa Sulit

3. Lebih cepat 1 detik tetap dianggap perbaikan

5 Fakta Unik Kaizen, Prinsip yang Bikin Kamu Lebih EfisienIlustrasi perbaikan (pexels.com/BrettJordan)

Fakta unik selanjutnya adalah waktu yang sangat diperhitungkan dalam kaizen. Lebih cepat 1 detik pun sudah dianggap melakukan perbaikan. Dimana terkadang kita menganggap 1 detik bukanlah hal yang besar sehingga untuk apa buang-buang waktu dengan menemukan masalah dan melakukan perbaikan lewat kaizen.

Padahal bila kita melakukan perbaikan dalam 1 proses kerja namun dilakukan berulang-ulang selama berbulan-bulan bahkan tahun, maka bisa dihitung berapa jam waktu yang akan terbuang sehingga pekerjaan menjadi tidak efektif dan efisien. Lebih baik menaiki tangga satu persatu daripada lompat langsung menuju puncak.

4. Menemukan masalah dari masalah yang sudah selesai dilakukan kaizen

5 Fakta Unik Kaizen, Prinsip yang Bikin Kamu Lebih EfisienIlustrasi lampu diatas papan hitam (pexels.com/Pixabay)

Kita tahu bahwa kaizen adalah perbaikan terus menerus dan konsisten. Sehingga bila sudah melakukan kaizen, tentu tidak berhenti sampai di situ. 

Sudah terjadi perbaikan dalam alur kerja? maka langkah selanjutnya adalah secara berkelanjutan melakukan perbaikan lagi dan lagi, artinya dari alur kerja yang sudah diperbaiki tersebut, kita pasti bisa menemukan masalah (lagi) dan melakukan perbaikan. Cari dan terus mencari waste dari alur kerja!

5. Menghitung jumlah langkah kaki

5 Fakta Unik Kaizen, Prinsip yang Bikin Kamu Lebih EfisienWanita menggunakan mesin printer (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Jumlah langkah kaki juga merupakan salah satu fakta unik yang ada di kaizen. Terlalu jauh dalam mengambil atau menemukan sesuatu padahal dipakai setiap saat, menjadikan langkah kaki menjadi semakin banyak artinya semakin banyak juga waktu yang terbuang.

Contohnya, ditemukan waste dari proses kerja yaitu 50 langkah kaki menuju dan dari mesin printer ke meja kerjamu, bila dikonversikan dengan detik, 2 langkah membutuhkan 1 detik, berarti dibutuhkan waktu 25 detik untuk proses tersebut. Setelah dilakukan perbaikan, ternyata mesin printer bisa diletakan lebih dekat ke meja kerjamu, sehingga dari proses after langkah kaki yang dibutuhkan hanya 20 langkah kaki, yang artinya hanya butuh 10 detik. Bisa dihitung berapa waktu yang bisa dihemat bila proses tersebut dilakukan berulang-ulang dalam 1 hari, bahkan dalam bulan dan tahun.

Fakta-fakta unik tentang kaizen di atas beberapa mungkin masih asing untuk diterapkan pada masyarakat Indonesia, namun bila diterapkan dan dilakukan secara konsisten banyak manfaat yang bisa didapat, bukan hanya bagi perusahaan namun juga bagi para pekerja. Kebayang asyiknya kalau kita gak perlu lembur-lembur lagi karena menerapkan kaizen, ya!

Baca Juga: Lakukan 6 Self-regulation Ini untuk Menghalau Emosi Negatif

Cicilia Rahmawati Photo Community Writer Cicilia Rahmawati

Semoga bermanfaat, ya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya