Comscore Tracker

6 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Gak Mudik Lebaran, Tetap Seru!

Meski ada perasaan sedih, jangan sampai berlarut-larut, ya

Lebaran tinggal menghitung hari. Banyak orang mulai berburu tiket kereta sampai pesawat supaya bisa pulang ke kampung halaman. Namun, meski banyak yang mudik, gak sedikit juga yang memutuskan buat tetap tinggal di kota rantau dengan berbagai alasan. Apakah kamu salah satunya?

Rasanya pasti sedih, ya? Namun kamu jangan sedih lama-lama, kamu juga harus happy supaya keluarga di rumah gak ikut pedih. Coba pertimbangkan 6 hal ini buat dilakukan saat gak bisa mudik. Gak kalah seru dan jadi peliput lara!

1. Memasak makanan khas lebaran dengan sesama teman yang gak bisa mudik

6 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Gak Mudik Lebaran, Tetap Seru!opor daging sapi (instagram.com/yohana_cenn)

Selain rumah, kamu pasti kangen betul dengan masakan ibu. Opor, ketupat, aneka kue khas daerahmu yang mungkin saja sulit ditemukan di kota rantau. Walau begitu, bukan berarti kamu gak bisa merasakan makan bersama, kok. 

Coba cari tahu, apa ada teman yang sama-sama gak bisa mudik. Ajak mereka berkumpul kemudian masak bersama setelah salah eid. Supaya rasanya makin mirip buatan ibu, jangan ragu buat bertanya resep pada beliau langsung. 

2. Silaturahmi ke rumah teman yang warga asli kota rantaumu

6 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Gak Mudik Lebaran, Tetap Seru!ilustrasi sahabat (unsplash.com/@omarlopez1)

Dari sekian banyak teman, pasti ada yang penduduk asli sana. Ia dan keluarga mungkin gak banyak bepergian dan gak mudik, makanya, gak ada salahnya loh buat bersilaturahmi ke rumah temanmu ini. 

Daripada sekadar diam di dalam kos, ikut berkumpul dengan keluarga teman akan memberikan pengalaman lebaran yang berbeda. Perasaan hangat akan kamu rasakan meski mereka bukan keluarga sendiri. Pun silaturahmi bisa memperlancar rezeki dan membuat panjang umur!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Spa di Jogja, Bikin Badan Segar dan Bugar

3. Saatnya me-time!

6 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Gak Mudik Lebaran, Tetap Seru!ilustrasi perempuan (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Waktu libur lebaran yang gak seberapa lama ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, loh. Kamu yang biasanya super sibuk, kerja dari pagi sampai jelang malam, mungkin ini saat yang tepat buat menikmati waktu sendiri. 

Yuk, istirahat? Kamu boleh tidur cukup, mendengarkan lagi kesukaanmu sambil baca buku, atau movie marathon sambil menikmati kudapan kesukaan. Me-time 'kan gak harus mahal, yang penting bisa mengisi kembali energimu. 

4. Mendatangi tempat wisata yang tetap buka saat Lebaran

6 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Gak Mudik Lebaran, Tetap Seru!Waduk Sermo (instagram.com/de.eca)

Bosan di rumah kos terus? Kayanya kamu butuh jalan-jalan, nih! Ada banyak tempat wisata yang tetap buka sehingga bisa kamu datangi buat mengisi libur lebaran, kok. 

Kamu boleh bertualang sendiri, misal dengan menggunakan sepeda atau transportasi umum seperti bus untuk sampai ke tempat wisatanya. Atau kalau mau ramai, ajak sekalian deh teman-teman yang senasib gak bisa mudik buat libutan bersama. Pasti seru! 

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!

5. Staycation!

6 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Gak Mudik Lebaran, Tetap Seru!ilustrasi berkendara (pexels.com/@elijahsad)

Kamu tetap berhak bahagia kok walau gak mudik dan tak bertemu keluarga. Misalnya dengan staycation di penginapan yang Instagramble dan nyaman yang berlokasi di kota rantau. 

Memang sih biasanya harga penginapan akan menjulang saat musim liburan seperti sekarang, tapi gak masalah kok sesekali kamu membahagiakan diri sendiri dan merasakan suasana baru. Apalagi kalau ajak teman kemudian dilanjutkan dengan BBQ party, asyik!

6. Berkirim parsel untuk keluarga

6 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Gak Mudik Lebaran, Tetap Seru!parsel roti gulung (instagram.com/fikacookie)

Meskipun gak bisa bertemu, bukan berarti gak bisa menunjukkan rasa sayang buat keluarga. Selain THR untuk ibu dan bapak beserta keponakan, mengirim makanan untuk disantap keluarga saat lebaran juga boleh banget!

Makanan ini gak harus berupa kue kering, kok. Sekarang variasi parsel lebaran lebih menarik lagi. Ada bakso, dimsum, sampai kue basah yang bisa sampai kepada keluarga sesuai keinginan. 

Berat ya harus di kota rantau sendiri? Apalagi di momen lebaran di mana banyak orang bisa pulang dan memeluk ibu dan bapak secara langsung, wajar kalau kamu iri. Hei, yuk tetap tersenyum dan manfaatkan liburmu juga dengan baik, supaya keluarga tak turut sedih dan saat kembali kerja nanti, kamu siap cari cuan lagi!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Vila di Sleman, Cocok Buat Staycation

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya