TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Dampak Positif Punya Tujuan Spesifik dalam Segala Hal

Asli, gak bakal nyesel!

ilustrasi memiliki arah dan tujuan yang jelas (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Bayangkan ketika pulang kerja, badan sudah lelah, dan perut juga mulai lapar. Kamu pun berencana membeli makanan saat perjalanan kembali ke rumah. Namun, kamu bingung mau memilih menu makan malamnya. Makan nasi, masih terlalu kenyang. Makan mie, baru tadi siang. Makan camilan, pasti lapar lagi.

Sepanjang jalan begitu banyak menu makanan yang enak, tapi kamu masih saja kebingungan memilih menunya. Dan akhirnya, jarak rumah sudah dekat, kamu belum juga dapat makanan.

Ya, begitu kira-kira jika belum jelas maunya apa. Sama halnya dengan berbagai aspek kehidupan, perlu tujuan yang spesifik supaya yang dirasakan adalah dampak positifnya seperti berikut ini.

1. Upaya meraih keinginan ada saja jalannya

ilustrasi orang merasa senang berhasil menyelesaikan tugas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berjalan tanpa arah, itu gak mudah, lho. Sebab, ketika sampai di tengah perjalanan, kebingungan pasti dirasakan, bahkan bisa juga sejak awal melangkah, sudah gelisah dan cemas. Tujuan perlu ditetapkan terlebih dulu, sebelum memutuskan sesuatu. Kalau tahu akan ke mana atau berbuat apa, semua akan dilancarkan.

Sekalipun ada kendala, masih bisa diatasi, gak akan sampai di luar kendali. Bayangkan jika selama ini kamu gak punya tujuan yang jelas dan terukur untuk masa depan, dan hanya mengikuti perintah orang, pasti gak nyaman juga, apalagi jika bertentangan dengan hati. Semakin bingung jadinya karena merasa terus terombang-ambing tanpa bisa apa-apa.

Baca Juga: 4 Jenis Istirahat yang Bangkitkan Semangat saat Lelah Jalani Hidup

2. Mampu memanfaatkan waktu secara optimal

ilustrasi disiplin dengan waktu (pexels.com/iam hogir)

Saat belum jelas tujuan yang ingin dicapai, seseorang mengalami stres karena terus bingung dan tertekan. Terus membayangkan sesuatu yang tak tentu, hanya memberikan penyesalan sebab waktu terbuang banyak tanpa ada aksi nyata mewujudkan impian. Berbeda jika sudah punya detail informasi tentang tujuan hidupmu, waktu yang ada benar-benar bisa dimanfaatkan secara optimal.

Temukan tujuan hidupmu, buat rencana yang terstruktur. Dengan begitu, waktu yang ada gak banyak terbuang sia-sia. Langkahmu pun semakin teratur, terus maju sesuai arah yang dituju hingga sampai ke gerbang sukses yang selama ini jadi bayanganmu.

Baca Juga: 7 Alasan Orang yang Berpikir Logis Lebih Mudah Memaafkan

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya