TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tata Krama di Yogyakarta yang Perlu Diterapkan Dalam Keseharian

Yuk, lebih diperhatikan lagi!

ilustrasi Suku Jawa (goodminds.id)

Tata krama atau yang biasa disebut dengan sopan santun merupakan sebuah sikap yang diajarkan kepada anak sedini mungkin. Karena, tata krama akan menjadi pegangan dalam kehidupan ketika beranjak dewasa.

Setiap daerah tentu mempunyai aturan tata krama yang berbeda-beda. Seperti pada salah satu daerah istimewa yang ada di Indonesia, yaitu Yogyakarta. Kota di Pulau Jawa ini menerapkan tata krama yang cukup kental.

Berikut contoh sikap atau bentuk tata krama di Yogyakarta yang peru diterapkan dalam keseharian. Simak baik-baik, ya.

1. Gunakan bahasa krama

Ilustrasi menghormati yang lebih tua. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bahasa krama atau biasa disebut juga dengan krama alus merupakan salah satu jenis tata krama dalam bentuk sapaan. Umumnya, bahasa ini digunakan ketika menyapa orang yang lebih tua atau dihormati.

Jangan sampai kamu mengeluarkan bahasa ngoko atau kasar kepada orang yang lebih tua, karena dicap tidak sopan atau bahkan bisa jadi kamu diusir. Oleh karena itu, harus berhati-hati dalam mengeluarkan bahasa di Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: 5 Rumah Adat Unik dan Populer di Indonesia, Ada Kotamu?

2. Ngobrol tanpa rasa sungkan

Ilustrasi ngobrol (Phinemo.com)

Pada dasarnya, masyarakat Yogyakarta terkenal dengan keramahannya. Mereka juga cenderung sangat terbuka, bahkan kepada orang yang baru dikenal.

Oleh karena itu, jika kamu sedang berpapasan dengan orang Yogyakarta di sekitar wilayah Yogya tersebut, ada baiknya kamu mengajak ngobrol orang tersebut. Mereka juga dengan senang hati meladeninya.

3. Selalu menyapa dan tersenyum

ilustrasi orang bertegur sapa (pexels.com/Edmond Dantès)

Ketika kamu berpapasan dengan orang yang dikenal, jangan lupa untuk menyapanya atau paling tidak memberikan senyuman. Jika tidak, kamu akan dicap sebagai orang yang sombong.

Tak hanya itu, ketika bertemu dengan orang yang dikenal lakukan juga jabat tangan sebagai bentuk pertemanan yang lebih akrab. Kalau berpapasan dengan orang yang lebih tua, ucapkan juga kata sapaan seperti Pak/Bu/Mas/Mbak sambil mengucapkan Nuwun Sewu.

Baca Juga: 5 Sastrawan dari Jogja, Adakah Favoritmu?

Berita Terkini Lainnya