TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatur Porsi Makan, Demi Kesehatan Tubuhmu

Makan di saar lapar, dipastikan porsi makanmu akan banyak

ilustrasi jajanan (pexels.com/zhang kaiyv)

Kamu mendapati berat badan semakin bertambah? Sedangkan kamu merasa porsi makanmu begitu tak banyak? Walau kamu merasa baik-baik saja, kenaikan berat badan jelas menandakan ada hal yang harus kamu perbaiki.

Berat badan salah satunya terkait dengan porsi makan, coba identifikasi pola dan porsi makan yang selama ini kamu jalani. Jika permasalahan utama ada pada porsi makan, berikut lima tips yang dapat membantu kamu mengurangi porsi makan.

1. Menggunakan piring makan lebih kecil

ilustrasi makanan (pexels.com/Chan Walrus)

Gunakan piring makan yang lebih kecil untuk menyajikan makanan. Piring yang lebih kecil dapat membuat porsi makanan terlihat lebih besar, sehingga kamu bakal merasa kenyang meski sebenarnya mengonsumsi porsi makanan yang lebih sedikit.

Piring kecil dengan porsi yang penuh akan menstimulasi otak kamu untuk merasa kenyang setelah melihat porsi yang terlihat banyak. Hal yang sama berlaku saat kamu menggunakan piring yang besar.

Baca Juga: 5 Etika saat Ditraktir Makan oleh Teman, Penting Diingat!

Baca Juga: 6 Tempat Makan Seblak di Jogja, Pedasnya Nampol!

2. Mengunyah makanan secara perlahan

ilustrasi mengunyah makanan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu mengurangi porsi makan. Ketika kamu mengunyah makanan dengan perlahan, otak akan lebih cepat mendapatkan sinyal kenyang dari perut.

Selain itu, mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Makan terlalu cepat membuatmu tidak bisa mengendalikan porsi makan dan akhirnya porsi makanmu semakin banyak.

3. Menghindari makanan cepat saji dan camilan tidak sehat

ilustrasi makanan (pexels.com/Adrian Dorobantu)

Makanan cepat saji dan camilan tidak sehat cenderung memiliki kalori yang lebih tinggi dan lebih sulit membuat kamu merasa kenyang. Hindari makanan cepat saji dan camilan tidak sehat, pilihlah buah, sayur, atau protein yang rendah lemak.

Makanan sehat biasanya membuatmu lebih cepat kenyang, sehingga porsi makan menjadi lebih kecil. Terkadang rasanya memang tak seenak makanan cepat saji, tapi manfaat untuk tubuhmu jauh lebih banyak.

4. Menjaga pola makan teratur

ilustrasi wanita makan (pexels.com/KoolShooters )

Menjaga pola makan teratur membantumu mengurangi nafsu makan berlebihan. Makan dalam porsi yang lebih kecil tetapi lebih sering dapat membantu menjaga tingkat energi yang stabil sepanjang hari dan mengurangi keinginan untuk ngemil di antara waktu makan.

Makan lebih sering membuatmu tidak pernah merasa lapar berlebihan. Hal ini membuat porsi makanmu lebih sedikit karena kamu tidak akan kalap karena tidak terlalu merasa lapar.

Baca Juga: 10 Makanan Pengganti Nasi untuk Buka dan Sahur Puasa 

Verified Writer

Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya