TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Cara Optimalkan Sirkulasi Ruang Gerak di dalam Rumah

Bergerak lebih nyaman tanpa takut nyenggol barang-barang

ilustrasi interior tempat tinggal (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Disadari atau gak, kamu dan penghuni lain pasti pernah mengalami masalah sirkulasi ruang gerak di dalam rumah. Mulai dari rak yang menghalangi jalan, kursi meja makan yang bikin susah lewat sampai ribetnya pas mau buka pintu kabinet gara-gara ruangannya terlalu kecil. Banyak orang yang mengalami masalah ini, tapi memilih bersikap bodo amat.

Padahal, sirkulasi gerak yang baik itu penting banget, lho, buat kesehatan dan kenyamanan kita di dalam rumah. Kalau sudah pas 'kan rumah jadi tempat yang bikin betah dan kamu jadi gak gampang capek. Maka dari itu, yuk, simak tiga cara mengoptimalkan sirkulasi ruang gerak di dalam rumah kamu agar makin nyaman.

1. Tata ulang ruangan

ilustrasi menata ulang ruangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kadang-kadang rumah kita itu bisa jadi agak berantakan tanpa disadari. Nah, buat bikin sirkulasi ruang gerak di dalam rumah makin enak, kamu bisa mulai dengan tata ulang ruangan. Cobalah pindahkan furnitur yang gak terlalu sering dipakai ke tempat yang lebih cocok. Ini bertujuan agar sirkulasi gerak dan pola aktivitasmu di dalam rumah bisa jadi lebih efisien.

Selain itu, kamu bisa pertimbangkan mana furnitur yang bisa diubah jadi lebih fungsional, misalnya meja makan yang lebih dekat ke dapur. Jika ada anggaran, kamu bisa membeli perabot multifungsi seperti sofa yang bisa jadi tempat tidur atau meja makan lipat. Hemat ruang banget 'kan? Dengan begini, suasana rumah jadi lebih ringkas dan bikin gerakan kamu gak terhambat.

Baca Juga: 5 Jenis Material Lantai yang Paling Awet Menurut Ahli

2. Maksimalkan ruang penyimpanan

ilustrasi memaksimalkan penyimpanan (pexels.com/Alina Vilchenko)

Kamu pasti setuju kalau rumah yang rapi itu bikin asyik banget buat tinggal di dalamnya. Untuk mencapai hal tersebut, penting banget punya tempat buat menaruh segala macam barang. Cobalah maksimalkan ruang penyimpanan dalam rumah kamu dengan mengategorikan barang berdasarkan jenis dan fungsinya.

Kamu bisa memanfaatkan dinding yang masih kosong untuk tambahan rak atau lemari. Ini cara yang oke banget buat menyimpan buku, koleksi, atau bahkan peralatan dapur tambahan, lho.

Nah, selain itu, kamu bisa pakai tempat-tempat tersembunyi yang biasanya gak terpikirkan, seperti bawah tangga atau ruang bawah tempat tidur. Jangan lupa juga pakai kotak penyimpanan buat barang-barang kecil yang sering bikin rumah berantakan, ya.

Baca Juga: 5 Supermarket Bahan Bangunan Terlengkap di Jogja

Verified Writer

Alfikri Saga

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya