Comscore Tracker

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasan

Tebarkan positif vibes!

Kepercayaan adalah sesuatu yang sangat penting dalam setiap bentuk relasi. Termasuk juga dalam pekerjaan. Namun kepercayaan bukanlah sesuatu yang bisa dengan mudah diperoleh begitu saja oleh setiap orang. Benturan kepentingan sering kali menyebabkan seseorang mudah curiga kepada orang lain yang dikhawatirkan akan menghalangi tujuannya.

Dalam dunia kerja, tentu akan lebih menyenangkan jika menjadi orang yang dipercaya oleh rekan kerja maupun atasan. Ada sikap atau perilaku tertentu yang dapat membantu tumbuhnya kepercayaan orang-orang terhadapmu. Seperti sepuluh perilaku berikut ini.

1. Menjaga hubungan baik

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasanilustrasi suasana di kantor (Pexels.com/Canva Studio)

Sebuah hubungan yang sudah berjalan lama seharusnya sudah bisa membuat seseorang mengetahui karakter masing-masing. Kadang-kadang ada saja sesuatu berjalan tak seperti yang direncanakan.

Kamu sebaiknya menjaga hubungan baik yang sudah kamu miliki dengan cara tak mengorbankan kepercayaan hanya karena hal-hal yang kurang penting. Misalnya saja ketika terjadi suatu permasalahan, jangan tergoda untuk serta merta menyalahkan orang lain tanpa meneliti dulu permasalahannya. Kamu bisa kehilangan kepercayaan karena dianggap telah merusak kredibilitas orang lain.

2. Jujur

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasaniilustrasi orang berbicara (Pexels.com/ Michael Nilov)

Tentu saja kepercayaan melekat dengan sikap jujur. Reputasi akan mengikuti seseorang sejalan dengan bagaimana ia mengatakan sesuatu dengan benar.

Selalu katakan hal-hal benar sesuai kenyataan walau kadang-kadang itu mungkin sedikit aneh dan sulit. Jangan menyimpan kebohongan yang bisa sewaktu-waktu terbongkar.

3. Akui kesalahan

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasanilustrasi suasana kerja (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Mengakui kesalahan bukanlah perkara mudah. Tetapi itu adalah cara terhormat setelah melakukan kesalahan. Mengakui kesalahan yang diikuti dengan upaya memperbaiki kesalahan itu akan membuat orang lain menjadi lebih respek dan mempercayai kamu.

Hindari mencari-cari alasan yang hanya akan membuat orang sulit mempercayai dirimu. Orang lain akan menandai perilaku mengelak ini dan menjadikannya acuan untuk tak lagi percaya.

Baca Juga: Bukan Gaji, Ini Alasan Utama Gen Z dalam Memilih Pekerjaan

4. Bersikap terbuka

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasanilustrasi orang berbicara (Pexels.com/ Christina Morillo)

Kamu boleh saja bersikap terbuka terhadap rekan kerja atau atasan kamu tentang permasalahan yang menyangkut pekerjaan. Sikap terbuka kamu ini akan membuat mereka merasa bahwa kamu mempercayai mereka. Hal ini akan mendorong orang lain melakukan hal yang sama.

Tetapi perlu digarisbawahi bahwa sikap terbuka ini bukan berarti kamu mengumbar semua persoalan kamu dari A sampai Z. Kamu harus tetap punya batasan mana yang privasi dan mana yang boleh diceritakan.

5. Bantulah orang lain

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasanilustrasi relasi dengan rekan kerja (Unsplash.com/Krakenimages)

Memberi bantuan kepada orang lain butuh keikhlasan dari hati. Lakukan hal ini bukan karena kamu mengharapkan imbal balik. Bukan pula karena ada agenda tersembunyi. Lakukan karena itu adalah hal yang benar dan karena kamu memang orang baik.

Kamu tak perlu selalu berkorban untuk melakukan kebaikan. Lakukan saat keadaan memungkinkan agar kamu justru tak menyesal nantinya. Misalnya saja ketika kamu sudah menyelesaikan semua tugas kamu hari itu dan jam kerja masih ada, tak ada salahnya kamu membantu rekan kerja yang lain yang mungkin sedang kewalahan dengan tugas dia yang banyak hari itu.

6. Berani bersikap

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasanilustrasi suasana di kantor (Pexels.com/Theo Decker)

Ketika keadaan menjadi sulit dan terjadi perbedaan pendapat, di sini sikap dan konsistensi kamu akan diuji. Mungkin memang akan terasa lebih mudah jika kamu selalu setuju saja terhadap apa yang dikatakan oleh orang lain. Namun jika kamu berani mempertahankan prinsip yang kamu anggap benar, orang lain akan mempercayai kamu.

Jangan pernah mengorbankan nilai dan prinsip yang kamu pegang hanya untuk menyenangkan orang lain, termasuk atasan kamu. Kamu bisa kehilangan kepercayaan dengan cepat.

7. Berterus terang

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasanilustrasi suasana di kantor (Pexels.com/Tiger Lily:)

Kamu sebaiknya selalu berterus terang dengan apa yang kamu kerjakan. Menjadi transparan tentang tugas-tugas adalah penting dalam membangun kepercayaan bersama. Tak perlu sembunyi-sembunyi selama apa yang kamu kerjakan bisa dijelaskan.

Kolaborasi tak akan bisa berjalan dengan baik jika informasi tak disampaikan kepada semua anggota tim. Jadi, cobalah untuk mendiskusikan bersama semua rencana pekerjaan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga: 5 Bahaya Pasrah saat Diperalat Rekan Kerja, Makin Dikerjain

8. Berbicara dengan baik dan jelas

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasanilustrasi orang berbicara (Pexels.com/ Shvets Production)

Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat penting dalam membangun relasi. Jangan buat lawan bicara kamu bingung karena kamu berbicara terlalu cepat seperti terburu-buru.

Latihlah kemampuan berbicara kamu agar menjadi lebih efektif. Orang cenderung sulit percaya jika kamu berbicara tergesa-gesa seakan tidak nyaman dan ada yang disembunyikan. Perhatikan juga volume suara dan sikap tubuh agar lawan bicara meyakini kebenaran ucapan kamu.

9. Selalu tepati janji

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasanilustrasi orang bersepakat (Pexels.com/Fauxels)

Janji dan komitmen sering menjadi tolok ukur apakah seseorang dapat dipercaya. Jangan pernah membuat janji yang tak bisa kamu penuhi. Lebih baik bersikap realistis dan mengatakan apa adanya daripada mengumbar janji sekadar untuk menyenangkan orang lain.

Jika kamu telah melakukan kesepakatan, berusaha keraslah untuk menepatinya. Orang akan mengenali kamu sebagai pribadi yang bisa dipercaya.

10. Peduli kepada orang lain

10 Perilaku Ini Bikin Kamu Dipercaya Rekan Kerja dan Atasanilustrasi suasana di kantor (Pexels.com/Mikhail Nilov:)

Orang cenderung lebih mudah percaya kepada orang yang peduli kepada orang lain. Sekadar menanyakan kondisi kesehatan rekan kerja kamu usai izin sakit cukup menunjukkan bahwa kamu peduli kepadanya.

Sikap peduli ini juga akan membuat hubungan menjadi lebih dekat. Dan kepercayaan lebih mudah terjalin dalam hubungan yang dekat.

Itulah sepuluh perilaku yang bisa membuat orang-orang menaruh kepercayaan kepadamu. Semua sikap atau perilaku tersebut memang butuh usaha untuk bisa terus konsisten melakukannya. Bersikap baik merupakan usaha dan latihan yang perlu terus dilakukan dalam menjalani kehidupan. Jalani dan cobalah tetap menikmatinya.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Profesionalitas dengan Rekan Kerja Lawan Jenis

Dream Praire Photo Community Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya