Comscore Tracker

Terapkan 5 Hal Ini Saat Mulai Bekerja di Kantor Baru

Saatnya beradaptasi dengan cepat agar performamu optimal

Saat pindah kerja dan mendapatkan tempat baru tentunya kamu kembali menjadi orang baru. Namun kamu harus segera beradaptasi dan meninggalkan kebiasaan buruk di tempat kerja lamamu. Tetap proaktif dan terapkan 5 hal di bawah ini saat berada di kantor barumu!

1. Perbarui informasi di akun Linkedin

Terapkan 5 Hal Ini Saat Mulai Bekerja di Kantor Baruilustrasi membuka website (pexels.com/cottonbro)

Saat mendapatkan pekerjaan baru jangan lupa untuk memperbarui biodata di akun LinkedIn. Hal ini bertujuan agar teman atau kenalanmu tahu informasi terbaru, syukur-syukur kamu bisa mendapatkan peluang untuk kerja sama dengan para kenalanmu melalui platform media sosial tersebut.

Selalu jaga relasimu terlebih dengan para alumni. Karena suatu saat nanti kamu pasti membutuhkan mereka, entah untuk kerja sama maupun peluang bisnis.

2. Beritahu klien kalau kamu sudah pindah kerja

Terapkan 5 Hal Ini Saat Mulai Bekerja di Kantor Baruilustrasi kelas online (pexels.com/Anna Shvets)

Meski pindah tempat kerja jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan klienmu. Bahkan harusnya kamu memberitahu mereka di mana kamu bekerja sekarang. Siapa tahu suatu saat nanti kamu membutuhkan kerja sama lagi dengan para klienmu satu ini.

Jangan membuang relasi yang dulu sudah kamu perjuangkan habis-habisan. Harusnya kamu menjaga relasi profesionalmu termasuk dengan terus menjaga komunikasi dengan orang-orang yang pernah menjadi klienmu.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Rencana Pengembangan Karier 5 Tahun ke Depan

3. Pahami jenis pekerjaanmu

Terapkan 5 Hal Ini Saat Mulai Bekerja di Kantor Baruilustrasi memperluas jaringan relasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meski masih menjadi orang baru, kamu tetap harus belajar cepat dan segeralah memahami job description atau pekerjaan yang akan kamu lakukan di perusahaan tersebut. Jangan menunggu dijelaskan oleh atasan dan bersikaplah aktif.

Justru kamu harus cepat belajar agar cepat menguasai pekerjaanmu saat ini. Jangan sampai kamu di kemudian hari malah bingung dengan pekerjaanmu sendiri. Segera pahami dan segera bertanya apa yang tidak kamu pahami.

4. Tak perlu banyak berekspektasi

Terapkan 5 Hal Ini Saat Mulai Bekerja di Kantor Baruilustrasi rapat (pexels.com/Daria Shevtsova)

Ketika berada di tempat kerja baru kamu jelas menginginkan sapaan yang ramah dari para rekan kerja. Namun baiknya jangan terlalu banyak berekspektasi karena bisa saja rekan kerja barumu memiliki sifat yang beragam entah itu ramah maupun cuek.

Meski begitu kamu tetap harus bersikap ramah kepada mereka dan tunjukkan profesionalmu. Tujuanmu adalah bekerja sehingga jangan terlalu banyak berharap mendapatkan perlakuan ramah dari rekan kerja.

5. Aktif bertanya

Terapkan 5 Hal Ini Saat Mulai Bekerja di Kantor Baruilustrasi bekerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Kondisi lingkungan di kantor lama dan baru jelas berbeda, oleh sebab itu jangan malas bertanya kepada atasanmu. Bersikap pro aktif akan membuat atasan merasa kamu memang sungguh-sungguh dan serius dalam bekerja. Selain itu, aktif bertanya akan membuatmu cepat beradaptasi dengan kantor baru.

Meski harus beradaptasi lagi namun cepat atau lambat kamu pasti bisa menguasai pekerjaanmu di tempat yang baru. Pastikan kamu juga totalitas dalam bekerja karena pindah ke tempat kerja baru adalah pilihanmu.

Baca Juga: 5 Alasan harus Move On dari Lamaran Kerja yang Ditolak

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya