Comscore Tracker

5 Tips Berteman dengan Atasan, Akrab dan Tetap Tahu Batasan

Karena dalam pertemanan yang penting itu tahu batasan

Tidak ada aturan ataupun batasan dalam menjalin hubungan pertemanan. Kamu bebas berteman dengan yang sebaya, lebih muda atau tua, rekan kerja, atau bahkan atasan. Namun, berteman dengan siapapun, kita tetap harus tahu etika dan batasan, apalagi kalau berteman dengan atasan. 

Suatu hal yang bagus jika atasan yang kamu hormati di kantor ternyata bisa dekat dan berteman denganmu. Namun, jangan besar kepala atau mungkin khawatir sendiri dalam menjalaninya. Intip beberapa tips berteman dengan atasan berikut ini.

1. Meski di luar akrab, kamu perlu tetap profesional di kantor

5 Tips Berteman dengan Atasan, Akrab dan Tetap Tahu Batasanilustrasi atasan (pexels.com/August de Richelieu)

Tipsnya yang pertama kalau kamu berteman dengan atasan ialah pastikan kamu bisa membedakan urusan pribadi dan profesionalitas. Jadi, meskipun di luar kantor kalian dekat, tapi di kantor tetap formal dan profesional. 

Seperti itulah pertemanan orang dewasa yang biasanya dilakukan oleh orang-orang di dunia kerja. Yang mana di kantor kelihatan biasa saja, tapi ketika di luar kantor bisa sangat akrab. 

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Profesionalitas dengan Rekan Kerja Lawan Jenis

2. Tidak membawa-bawa kedekatan dan urusan pribadi dalam urusan pekerjaan

5 Tips Berteman dengan Atasan, Akrab dan Tetap Tahu Batasanilustrasi diskusi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menyambung tips yang pertama tadi, sangat penting untuk tetap bersikap profesional dalam urusan pekerjaan. Tentu saja hal ini sama-sama diterapkan oleh dirimu dan juga atasan, agar pertemanan kalian tidak mempengaruhi pekerjaan. 

Walaupun berteman dekat tapi kalau menyangkut pekerjaan tetap harus tegas dan objektif. Karena ada orang yang ketika dekat dengan atasan malah bersikap seenaknya dan ingin diberi keringanan, padahal konsep pertemanan yang benar tidak seperti itu. 

3. Menjaga nama baik atasan dengan bekerja yang benar

5 Tips Berteman dengan Atasan, Akrab dan Tetap Tahu Batasanilustrasi kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Tips berikutnya dalam menjalin pertemanan dengan atasan ialah kamu harus bisa menjaga nama baik atasan. Hal ini mungkin bisa menjadi pressure tersendiri bagimu untuk menjaga baiknya di tempat kerja. 

Pasalnya, ketika orang lain tahu kamu berteman dengan atasan maka gerak-gerikmu akan dipantau orang sekitar. Dan kalau melakukan kesalahan dalam pekerjaan, maka nama baik atasan pun juga bisa tercoreng karena dianggap mengistimewakanmu. 

4. Bisa jaga mulut

5 Tips Berteman dengan Atasan, Akrab dan Tetap Tahu Batasanilustrasi bicara (pexels.com/Edmond Dantes)

Hal ini adalah yang terpenting saat berteman dengan atasan, di mana kamu harus bisa jaga mulut. Jaga mulut untuk tidak asal bicara ke orang lain tentang kedekatan kalian, karena bisa saja menimbulkan salah paham dan jadi gosip di kantor. 

Hal ini juga menyangkut menjaga aib satu sama lain, yang mana kamu tidak boleh sembarangan menceritakan hal pribadi atasan pada orang lain. Intinya harus tahu jaga bicaramu agar tidak merusak pertemanan yang terjalin. 

5. Berinteraksi akrab sewajarnya kalau sedang hang out dan main bareng

5 Tips Berteman dengan Atasan, Akrab dan Tetap Tahu Batasanilustrasi selfie (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Yang namanya berteman pasti ada saat di mana kalian bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Jika sedang menghabiskan waktu bersama maka tipsnya ialah kamu harus tahu menjaga batasan dalam bersikap. 

Terlepas dari kedekatanmu dan atasan dalam berteman, tetap harus tahu batasan dan tidak boleh berlebihan dalam bersikap. Intinya saling menghormati dan menghargai mau itu di tempat kerja ataupun ketika sedang di luar. 

Berteman dengan atasan memang bikin tegang karena takut salah sikap, tapi asalkan menerapkan lima tips tadi sepertinya bukan masalah. Intinya jangan overthinking dan bertemanlah dengan santai tapi juga tetap ingat batasan, ya. 

Baca Juga: 5 Penyebab Sulitnya Menjalani Bisnis dengan Sahabat Sendiri

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya