Comscore Tracker

Kreatif, 6 Video Kocak Imbauan Pencegahan COVID-19 dari Pemda DIY

Diselingi humor agar lebih mudah diterima masyarakat

COVID-19 yang termasuk jenis penyakit baru membuat banyak orang harus diberi edukasi tentang bahaya dan cara pencegahannya. Pemerintah daerah pun bertugas untuk menghimbau dan mengedukasi warganya akan bahaya virus corona penyebab COVID-19. 

Nah, pemda DI Yogyakarta punya cara unik untuk mengedukasi warganya lewat video-video lucu. Di bawah ini ada 6 video lucu imbauan tentang bahaya COVID-19 yang telah IDN Times rangkum. 

1. Imbauan untuk memakai masker kain

Video ini dibagikan oleh akun Instagram Media Center Sleman dan Pemkab Sleman. Menceritakan percakapan dua orang teman yang memperdebatkan tentang penggunaan masker. Di video ini masyarakat diedukasi mengenai update informasi tentang pentingnya penggunaan masker kain baik untuk orang sakit maupun sehat. Tentunya dibalut dengan humor yang mengocok perut dari dua karakter yang ada di video.

2. Imbauan untuk tidak mudik dulu

Mudik ke kampung halaman di kala pandemik corona ini memang berbahaya. Tidak ada yang tahu apakah kita bisa menjadi orang yang membawa virus dari tempat kita merantau ke kampung halaman atau tidak. Di video ini diceritakan seorang pria yang baru saja mudik harus terhalang warga yang berjaga di depan komplek perumahan.

Pemuda itu pun berdebat karena ngotot ingin pulang ke rumah namun dihalangi karena dianggap bisa menyebarkan virus corona. Beruntung Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, datang untuk mencerahkan bagaimana protokol pemantauan bagi pendatang atau pemudik. Video ini masih dikemas dengan humor yang menggelitik.

Baca Juga: Viral, Bocah Hidup Sebatang Kara Pungut Rongsok di Mandala Krida

3. Imbauan pencegahan penyebaran corona di tempat umum

Di video kali ini ditampilkan bagaimana seharusnya kita menjaga diri saat berada di tempat umum. Mulai dari mencuci tangan dengan benar, membuka pintu, etika batuk, hingga physical distancing yang penting dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

4. Imbauan penyemprotan disinfektan dan posko penanganan COVID-19

Penyemprotan disinfektan juga kerap ditemui di gerbang masuk wilayah-wilayah tertentu di DIY. Bermaksud baik untuk mencegah penyebaran virus corona, namun penyemprotan disinfektan juga ada ketentuannya apalagi jika bahan disinfektan dari zat kimia yang tidak baik untuk tubuh manusia. Selain himbauan tentang penyemprotan disinfektan, di video ini juga diberikan himbauan tentang penjagaan posko COVID-19 yang tidak seharusnya dijaga terlalu banyak orang dan berkerumun. 

Baca Juga: Kisah Kakek Dagang Mi Ayam Keliling Yogyakarta demi Hidupi Keluarga 

5. Imbauan untuk #DiRumahAja

Beralih ke akun Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY, kali ini video himbauannya tentang pentingnya #DiRumahAja. Di video ini diceritakan tentang seorang pemuda yang ingin sekali masuk ke salah satu tempat wisata padahal tempat tersebut ditutup untuk mencegah penularan virus corona. Sampai suatu saat dia meminta kepada jin untuk memaksa masuk ke tempat wisata tersebut. Namun jin pun menuruti anjuran pemerintah dan memberi pelajaran kepada pemuda ini dengan melakukan hal kocak.

6. Imbauan menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Masih di akun Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY, kali ini video memberikan edukasi untuk menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri. Dikisahkan seorang pemuda tengah membersihkan arca menggunakan disinfektan untuk menjaga kebersihan.

Tiba-tiba arca tersebut berbicara kepada pemuda dan menanyakan mengapa dia memperlakukannya seperti itu. Pemuda pun menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar terhindari dari virus corona. Pembicaraan tersebut otomatis menjadi edukasi juga akan pentingnya menjaga kebersihan kepada penonton.

Itulah 6 video kocak himbauan pencegahan COVID-19. Dengan media video yang dikemas dengan humor, semoga bisa benar-benar mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga diri dan lingkungan dari bahaya virus corona, ya.

Baca Juga: 9 Video Kocak Tenaga Medis Hilangkan Stres Kala Bertugas, Kreatif!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya