Comscore Tracker

5 Fakta Millvina Dean, Korban Selamat Terakhir Tragedi Titanic

Sosok Rose yang asli?

Tragedi tenggelamnya kapal RMS Titanic masih menyisakan haru yang mendalam hingga sekarang. Pasalnya kapal mewah yang berlabuh dari Inggris menuju New York ini menabrak gunung es dan karam. Tragedi yang bertepatan pada tanggal 15 April 1912 ini menewaskan lebih dari 1.500 korban jiwa.

Dari sebanyak 2.435 penumpang dan 892 awak kapal, hanya ada 20 sekoci yang menampung sekitar 1.178 orang. Salah satu survivor terakhir kapal ini yaitu Millvina Dean masih berusia 9 minggu ketika dirinya selamat. Millvina meninggal pada tahun 2009 lalu di usianya yang ke-97 tahun.

Ini dia beberapa fakta dari survivor terakhir kapal Titanic berikut ini.

1. Kelangkaan batu bara yang membuat keluarganya naik kapal Titanic 

5 Fakta Millvina Dean, Korban Selamat Terakhir Tragedi Titanicpostcard kapal Titanic yang ditandatangani Millvina Dean (dok. All That Interesting)

Awalnya keluarga Millvina Dean yang bertempat tinggal di Southampton, Inggris berniat melakukan emigrasi ke Amerika untuk membuka toko tembakau. Rencananya mereka akan mendirikan toko bersama sanak saudara di Wichita, Kansas. Harusnya kapal yang mereka tumpangi bukanlah Titanic.

Tetapi karena adanya kelangkaan batu bara yang dimulai pada Februari 1912, terjadi perpindahan kapal yang membuat keluarga Millvina menaiki RMS Titanic. Alhasil, mereka semua memperoleh tiket kelas tiga di kapal yang menuju ke kota New York.

2. Ayah Millvina Dean yang menyelamatkan nyawanya 

5 Fakta Millvina Dean, Korban Selamat Terakhir Tragedi TitanicBertram dan Millvina Dean (dok. The Guardian)

Keluarga Millvina Dean mendapatkan kabin di dek bawah sehingga ayahnya merasakan efek tabrakan kapal dengan gunung es yang terjadi pada malam hari. Ia pun pergi menyelidikinya dan kemudian kembali untuk memberitahu keluarganya. Tabrakan ini sendiri berlangsung pada tanggal 14 April 1912.

Ayah Millvina bergegas membangunkan istri dan anaknya dan menyuruh mereka agar pergi ke atas dek untuk menyelamatkan diri. Akhirnya, ibu dan kakaknya yang berusia dua tahun serta dirinya berhasil menuju sekoci. Sedangkan sang ayah masih menunggu di kapal Titanic dan tidak berhasil diselamatkan karena kurangnya kapal penyelamat.

Baca Juga: Mengenal Nama Kecil Para Sultan Keraton Yogyakarta

3. Millvina yang masih bayi mendadak terkenal 

5 Fakta Millvina Dean, Korban Selamat Terakhir Tragedi TitanicMillvina Dean (dok. Daily Echo)

Setelah karamnya kapal Titanic, keluarga Dean tidak jadi melakukan emigrasi ke New York. Mereka yang berhasil selamat memilih untuk kembali ke Inggris menggunakan kapal RMS Adriatic. Sebenarnya kapal ini yang seharusnya akan mereka tumpangi alih-alih Titanic.

Di perjalanan pulang, Millvina yang masih bayi pun mendadak jadi selebriti. Ia berhasil menarik perhatian semua orang yang melihanya. Mengingat Millvina yang bahkan belum genap berusia 3 bulan dapat selamat dari tragedi yang mengerikan ini. Tidak sedikit penumpang yang mengambil fotonya dan kisahnya diabadikan di berbagai koran termasuk Daily Mirror.

4. Millvina menjadi kartografer saat Perang Dunia 2 berlangsung 

5 Fakta Millvina Dean, Korban Selamat Terakhir Tragedi TitanicMillvina Dean (dok. History Daily)

Millvina Dean menghabiskan kebanyakan hidupnya di area Southampton tempat dirinya lahir. Saat perang Dunia II berlangsung, Dean bekerja sebagai kartografer yang dipekerjakan pemerintah Inggris. Millvina bertugas untuk mencari berbagai informasi geografis dan mengintepretasikannya ke dalam sebuah peta.

Kantor tempat kerja Millvina terletak di London. Dirinya pun bekerja untuk membantu tentara Inggris. Setelah perang berakhir, Dean kembali ke kampung halamannya di Southampton dan bekerja sebagai insinyur sebelum pensiun.

5. Millvina enggan menonton film Titanic yang disutradarai James Cameron 

5 Fakta Millvina Dean, Korban Selamat Terakhir Tragedi TitanicMillvina Dean (dok. All That Interesting)

Titanic yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet menjadi salah satu film tersukses. Tetapi survivor kapal Titanic ini malah enggan menonton film yang disutradarai oleh James Cameron tersebut. Dean merasa tidak seharusnya tragedi didramatisasi dan dijadikan sebuah hiburan.

Millvina mengalami mimpi buruk setelah menonton film A Night to Remember yang ceritanya terinspirasi oleh tenggelamnya kapal Titanic. Setelah itu, Dean tidak pernah menonton film-film yang sama. Ia bahkan menolak undangan James Cameron untuk menghadiri premiere film Titanic sekaligus dokumenternya, Ghost of the Abyss.

Walau menolak menonton Titanic, James Cameron dan beberapa bintang film Titanic termasuk rumah produksi melakukan donasi untuk perawatan kesehatan Millvina Dean. Survivor terakhir ini diberitakan meninggal pada 31 Maret tahun 2009 yang lalu. Kamu sendiri sudah tahu apa belum, nih?

Baca Juga: Sejarah Jalan Malioboro, Ikon Yogyakarta yang Punya Makna Mendalam

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya