Comscore Tracker

Film 'Yuni' dari Fourcolours Films Sabet Platform Prize di TIFF

Jadi gak sabar pingin nonton, nih!

Yogyakarta, IDN Times - Film Yuni garapan Kamila Andini menyabet penghargaan Platform Prize di Festival Film Internasional Toronto atau Toronto International Film Festival (TIFF) 2021.

Kabar ini disampaikan oleh sang produser film Yuni dari Fourcolours Films, yakni Ifa Isfansyah, yang tak lain adalah suami dari Kamila Andini.

"Kabar baik untuk kita semuaaa! YUNI memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival," tulis keterangan resmi Fourcolours Films yang dibagikan Ifa, Minggu (19/9/2021) pagi.

Baca Juga: Fourcolours Films, Rumah Produksi Jogja Hasilkan Karya Penuh Makna

1. Apa itu Platform Prize?

Film 'Yuni' dari Fourcolours Films Sabet Platform Prize di TIFFFilm Yuni garapan Kamila Andini menyabet penghargaan Platform Prize di TIFF 2021 (Dok. Fourcolours Films)

Ifa memaparkan, Platform Prize adalah penghargaan film tahunan yang dipersembahkan oleh TIFF untuk film-film bernilai artistik tinggi sekaligus menampilkan visi penyutradaraan kuat.

Riz Ahmed, Clio Barnard, Anthony Chen, Valerie Complex, Kazik Radwanski adalah tim juri untuk kategori Platform Prize ini.

"Juri tersentuh oleh film yang menghadirkan perspektif baru dan intim ke cerita bergenre coming-of-age, ditandai dengan struktur serta framing yang halus, dan sinematografi yang kaya," kata Juri sebagaimana dikutip dalam keterangan Fourcolours Films.

2. Suara Srikandi Indonesia

Film 'Yuni' dari Fourcolours Films Sabet Platform Prize di TIFFFilm Yuni garapan Kamila Andini menyabet penghargaan Platform Prize di TIFF 2021 (Dok. Fourcolours Films)

Berikut catatan pidato kemenangan sutradara Kamila Andini kala menerima Platform Prize di TIFF 2021.

"Saya ingat pertama kali berada di TIFF pada tahun 2015 bersama film pendek saya, dan sekarang saya kembali ke sini, untuk ketiga kalinya, membawa 'srikandi' ke sinema dan TIFF, lewat film ketiga saya.

Saya melihat ini sebagai harapan. Ini untuk suara-suara perempuan di Indonesia yang selama ini tidak terdengar, juga untuk semua perempuan di Indonesia maupun dunia, yang masih terus berjuang mencari kebebasannya.

Terima kasih kepada seluruh kru, pemain, produser, partner, dan seluruh pihak yang turut memperjuangkan film ini.

Ini bukan hanya kemenangan untuk Indonesia, tapi juga untuk sinema Asia Tenggara!"

3. Sinopsis film Yuni

Film 'Yuni' dari Fourcolours Films Sabet Platform Prize di TIFFFilm Yuni di TIFF 2021 (dok. Fourcolours Films)

Film Yuni tayang perdana di TIFF 2021 untuk pers dan industri film pada 13 September 2021 di Scotiabank Theatre dan 14 September 2021 secara daring di platform TIFF Digital Cinema.

Sementara penayangan untuk publik pada 14 dan 16 September 2021 di TIFF Bell Lightbox dan di platform Digital TIFF Bell Lightbox secara daring pada tanggal 15 dan 17 September 2021.

Film Yuni sendiri mengisahkan tentang seorang gadis remaja bernama Yuni. Ia yang bermimpi untuk kuliah lantas dilamar dua pria tak dikenal dan menolaknya.

Mitos bahwa seorang perempuan yang menolak tiga lamaran tak akan pernah menikah melahirkan tekanan kepada Yuni ketika pria ketiga datang melamarnya. Yuni dihadapkan pada pilihan untuk terus mengejar mimpinya atau mempercayai mitos tersebut.

Film ini dibintangi Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Marissa Anita, Ayu Laksmi, Asmara Abigail, Muhammad Khan, dan Nazla Thoyib.

Baca Juga: 5 Fakta Film Yuni, Menang di Toronto International Film Festival 2021

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya