Comscore Tracker

Kenang Profesor Iwan, Guru Besar UGM Gelar Konser Amal Virtual

Hasil donasi untuk dukung shelter COVID-19 di Bantul

Sleman, IDN Times - Untuk mengenang sang suami, Prof Iwan Dwiprahasto yang berpulang karena COVID-19, Prof Adi Utarini, salah satu Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama dengan SONJO (Sambatan Jogja) akan menyelenggarakan konser musik amal dengan tema “Life, Passion, and Music Vol 2: Tribute to Prof Iwan Dwiprahasto”.

Selain untuk mengenang Prof Iwan, konser amal yang diselenggarakan secara virtual ini juga bertujuan untuk menggalang dana yang didedikasikan untuk mendukung gerakan masyarakat dalam menghadapi pandemik.

Baca Juga: UGM Berharap Polisi Virtual Netral Awasi Konten Media Sosial

1. Kelanjutan konser amal yang sebelumnya

Kenang Profesor Iwan, Guru Besar UGM Gelar Konser Amal VirtualAdi Utarini, Peneliti Utama. Dok: istimewa

Konser amal virtual ini merupakan kelanjutan dari konser amal sebelumnya yang juga bertema Life, Passion, and Music yang telah terselenggara 2018 lalu, yang menampilkan Prof. Adi Utarini and friends. Dulunya, hasil dari konser amal tersebut didonasikan untuk pasien kanker.

"Saat itu dana yang terkumpul didonasikan kepada Yayasan Kanker Indonesia Cabang DI Yogyakarta (YKI DI Yogyakarta) untuk membantu fasilitas bagi pasien kanker yang sedang berobat," ungkap Prof. Adi Utarini.

2. Dirangkai dengan momen nostalgik

Kenang Profesor Iwan, Guru Besar UGM Gelar Konser Amal VirtualKonser amal virtual yang diselenggarakan Guru Besar UGM dan Sonjo. Dok: istimewa

Prof. Adi Utarini menerangkan, rencananya konser amal ini akan diselenggarakan pada Hari Sabtu, 13 Maret 2021 jam 19.00-21.00 WIB. Konser dapat dinikmati melalui situs www.adiutarini.id dan secara streaming melalui kanal YouTube live musik jogja. Masyarakat dapat ikut berkontribusi serta memantau secara langsung pengumpulan donasi melalui situs jogja.nucare.id.

Untuk konsep konser kali ini akan dirangkai dengan momen nostalgik karya-karya maupun aktivitas Prof. Iwan Dwiprahasto semasa hidupnya, yang akan menampilkan Prof. Adi Utarini dan para musisi klasik, pop-jazz dan art rock yaitu Budi Utomo Prabowo, Safarina G. Malik, Jodi Visnu, Afriza Animawan, Rachmat Zia, Putri Karina Larasati, Heni Kusumawati, SKE Band, Oldies Section Band, dan Psiline & Mixline Dance.

Selain itu juga akan ada talkshow mengenang Prof. Iwan oleh keluarga dan kerabat, serta pembacaan puisi karya Prof. Iwan. Pertunjukan ini akan membawa penonton dalam suasana optimisme. Lagu yang akan dibawakan dalam konser ini memiliki keterkaitan cerita dalam kehidupan Prof. Iwan maupun keluarga serta inisiatif Shelter Tangguh dan shelter-shelter desa, yang kemudian ingin mengajak kalangan luas untuk terus menyebarkan semangat kebaikan dengan menolong sesamanya.

"Pada puncak acara tersebut akan ditampilkan satu lagu baru yang terinspirasi oleh Prof Iwan yang berjudul Inspirasiku. Mensesneg Prof. Pratikno dan Menkes Budi Gunadi juga akan menyampaikan sambutan," katanya.

3. Seluruh donasi akan digunakan untuk dukung shelter COVID-19

Kenang Profesor Iwan, Guru Besar UGM Gelar Konser Amal VirtualProf. Adi Utarini. Instagram: adiutarinimusik

Menurut Prof. Adi Utarini, donasi dari konser amal yang diselenggarakan tahun ini akan digunakan untuk mendukung strategi pentahelix Shelter Tangguh COVID-19 dan shelter-shelter desa di Kabupaten Bantul. Dia menjelaskan, jika shelter ini sangat penting untuk mendukung rumah sakit menangani pasien COVID-19 di Kabupaten Bantul.

"Penanggulangan COVID-19 di Bantul, adalah contoh sinergi pentahelix dalam menghadapi pandemi yang merupakan public enemy (musuh bersama)," paparnya.

Baca Juga: Epidemiolog UGM: Strain Corona Baru Berpotensi Muncul di Indonesia

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya