Comscore Tracker

Mengenal Alopecia Penyebab Kebotakan Rambut Jada Pinkett Smith 

Will Smith menampar Chris Rock saat mengomentari Jada    

Nama aktor Will Smith dan Chris Rock menjadi perbincangan saat di perhelatan Oscar 2022. Bintang film Bad Boys ini menampar Chris Rock setelah sang komedian membuat lelucon tentang istri Smith, Jada Pinkett Smith, yang mengalami kerontokan rambut.

Jada Pinkett Smith mencukur habis rambutnya akibat menderita autoimun yang berujung dengan kerontokan rambut. Pada bulan Desember 2021, melalui video Instagram miliknya, Jada harus merelakan rambutnya setelah berjuang melawan alopecia.

1. Apa itu alopesia?

Mengenal Alopecia Penyebab Kebotakan Rambut Jada Pinkett Smith Instagram

Alopecia adalah istilah yang mengacu pada segala bentuk kerontokan rambut. Informasi yang disampaikan oleh Dr. Angela Lamb, dokter kulit bersertifikat di Mount Sinai di New York City dikutip dari Antara, Selasa (29/3/2022). Beberapa orang, terutama pada pria, kehilangan rambut kulit kepala seiring bertambahnya usia karena perubahan hormon yang dikenal sebagai androgen. Atau juga bisa terjadi diakibatkan rambut ditarik terlalu lama.

"Alopecia juga bisa disebabkan oleh sistem kekebalan mereka mulai menyerang folikel rambut mereka dalam apa yang dikenal sebagai alopecia autoimun," jelas Angela Lamb

 

Baca Juga: Sri Sultan Larang Otopet Beroperasi Mulai Tugu Jogja hingga Titik Nol 

Baca Juga: Biodata dan Profil Jada Pinkett, Istri Will Smith yang Dibela di Oscar

2. Kapan, mengapa dan bagaimana alopecia areata terjadi?

Mengenal Alopecia Penyebab Kebotakan Rambut Jada Pinkett Smith Halodoc

Alopecia areata dapat muncul pada masa kanak-kanak, remaja atau dewasa. Orang yang memiliki kondisi tersebut cenderung kehilangan rambut dalam gumpalan. Beberapa orang dengan alopecia areata tak hanya kehilangan rambut hanya di kulit kepala namun juga tempat lain di tubuh mereka.

Tidak jelas apa yang menyebabkan alopecia areata, namun hal ini bisa disebabkan oleh komponen genetik. "Jika orangtua memiliki alopecia areata, misalnya, anak mereka memiliki kemungkinan satu hingga 10 persen untuk mengembangkannya juga," katanya.

Namun Alopecia areata juga dapat dipicu oleh peristiwa stres dan kekurangan nutrisi, seperti kekurangan zat besi. 

 

3. Bagaimana pengobatan alopecia areata?

Mengenal Alopecia Penyebab Kebotakan Rambut Jada Pinkett Smith sutterstock

Salah satu pengobatan umum adalah penyuntikan obat anti-inflamasi seperti steroid langsung ke bagian kulit kepala yang terkena untuk menghentikan tubuh menyerang folikel rambut. Suntikan ini dapat diberikan setiap bulan dan dapat menyebabkan efek samping seperti perubahan warna kulit atau lesung pipit kecil. Beberapa orang juga menggunakan perawatan kortikosteroid topikal, seperti betametason valerat.

Obat lain yang baru-baru ini mulai digunakan oleh dokter adalah antibodi monoklonal yang disebut dupilumab, obat yang telah lama digunakan untuk mengobati asma dan eksim, kata Dr. Lamb. Obat ini dapat disuntikkan ke paha atau lengan setiap dua minggu sekali dan jarang menyebabkan efek samping yang serius.

Terkadang, alopecia areata bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi umumnya, tidak ada obatnya. "Sebagian karena itu, diagnosis alopecia bisa menyusahkan, katanya tetapi dengan perawatan yang tepat, banyak orang melihat perbaikan," pungkas Dr Angela Lamb. 

 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya