Comscore Tracker

6 Film Cocok Ditonton Saat Ramadan, Bisa Jadi Teman Ngabuburit!

Menghibur sekaligus menambah iman!

Tak terasa sebentar lagi Ramadan tiba. Bagi umat Muslim di Indonesia, juga dunia, Ramadan selalu dimanfaatkan untuk melakukan lebih banyak perbuatan positif dan melakukan kebaikan kepada sesamanya. Di antara banyaknya perbuatan positif, menonton film juga bisa kamu jadikan pilihan lo!

Di antara begitu banyak pilihan film yang bisa kamu tonton di bioskop dan aplikasi-aplikasi streaming video, berikut enam rekomendasi film yang bakal cocok banget ditonton saat Ramadan. Bisa ditonton untuk menemani kamu selama menunggu waktu berbuka.

1. Stranger at the Gate (2022)

https://www.youtube.com/embed/GPbbl1S6foM

Stranger at the Gate adalah film pendek dokumenter yang terpilih sebagai salah satu nominasi Film Pendek Dokumenter Terbaik di Piala Oscars 2023. Berkisah tentang Richard McKinney (Mac), seorang mantan tentara USA.

Pengalamannya berperang sebagai tentara sekitar 25 tahun dan peristiwa pengeboman World Trade Center (WTC) pada 2001 silam, memicu Richard McKinney mencurigai dan menganggap siapa pun yang beridentitas Muslim sebagai orang yang berbahaya.

Namun kebaikan dan kasih sayang yang diterimanya dari komunitas warga Muslim di Indiana membuatnya sadar bahwa apa yang selama ini dipikirkannya tentang Muslim salah besar

Film dokumenter berdurasi 30 menit yang disutradarai oleh Joshua Seftel ini bisa kamu tonton di kanal YouTube official The New Yorker.

2. Boy From Heaven (2022)

6 Film Cocok Ditonton Saat Ramadan, Bisa Jadi Teman Ngabuburit!Cuplikan film Boy from Heaven (dok. Klik Film/Boy from Heaven)

Apa jadinya jika pemilihan Imam Besar di Universitas Al-Azhar, Kairo, disusupi oleh kepentingan pemerintah? Boy From Heaven adalah film bergenre thriller politik garapan sutradara, Tarik Saleh.

Bercerita tentang Adam (Tawfeek Barhom), seorang anak nelayan asal Manzala, yang mendapatkan beasiswa untuk belajar di Universitas Al-Azhar, Kairo. Ia tak pernah menyangka kalau kedatangannya ke Al-Azhar akan membuatnya terlibat konspirasi yang didalangi oleh pemerintahnya sendiri.

Tak punya pilihan, ia terpaksa menerima tugas sebagai informan setelah menyaksikan Zizo, temannya yang ternyata seorang informan, mati terbunuh.  Film ini meraih penghargaan Skenario Terbaik pada Festival Film Cannes 2022. Kamu dapat menontonnya di platform streaming video Klik Film.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Dunia Kedokteran, Kaya Pengetahuan! 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Jajanan dari Tepung Aci, Ide Jualan saat Ramadan

3. Haji Backpacker (Versi Director's Cut, 2021)

https://www.youtube.com/embed/PrOM5rGoJNU

Haji Backpacker pertama dirilis, 2 Oktober 2014. Film yang membawa salah satu pemainnya, Laura Basuki, meraih penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di ajang Indonesian Movie Awards 2015 ini versi director's cut-nya dirilis di Klik Film pada 2021 lalu.

Film yang diangkat dari novel karya Aguk Irawan dengan judul yang sama ini bercerita tentang perjalanan yang dilakukan Mada (Abimana Aryasatya) setelah rencana pernikahannya dengan perempuan yang sangat dicintainya gagal. Ia kecewa kepada Tuhan yang mengangggap tidak mendengar doanya.

Film yang disutradarai oleh Danial Rifki ini melakukan pengambilan gambar di sembilan negara: Indonesia, Thailand, Vietnam, China, India, Tibet, Nepal, Iran, dan Arab Saudi. 

4. Life of Pi (2012)

https://www.youtube.com/embed/XDaxDvHkWfw

Piscine Molitor Patel, yang kemudian dikenal dengan nama Pi Patel, mengalami masa kecil yang tak mudah akibat nama yang disandangnya. Lahir dari keluarga yang tak percaya pada agama dan Tuhan, Pi justru tumbuh menjadi anak yang memiliki minat besar terhadap agama dan keberadaan Tuhan. Film ini meraih 11 nominasi dan memenangkan empat di antaranya di ajang Academy Awards ke-85. 

Dikemas sebagai film fantasi drama petualangan, Life of Pi yang dirilis 2012 ini merupakan film yang membawa pesan tentang religiusitas. Diadaptasi dari novel best seller karya Yann Martel dengan judul yang sama, efek 3D yang digunakan dalam Life of Pi membuat film yang disutradarai oleh Ang Lee ini mendapat banyak pujian. Salah satunya datang dari James Cameron.

5. Bilal: A New Breed of Hero (2018)

https://www.youtube.com/embed/memYLNa-7wQ

Film Bilal: A New Breed of Hero terinspirasi dari kisah hidup salah seorang sahabat Rasulullah yang pertama kali mengumandangkan azan, Bilal bin Rabbah. Meski ceritanya tidak persis seperti kisah hidup Bilal yang sebenarnya, film ini tetap berhasil menyampaikan pesan utamanya, yaitu tentang kesetaraan antarumat manusia.

Film animasi bergenre aksi petualangan ini ditayangkan pertama kali di International Dubai Film Festival ke-12 pada 9 Desember 2015. Dirilis secara internasional pada Februari 2018, setelah sebelumnya hanya dirilis di bioskop seluruh wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara pada 8 September 2016.

6. Hari yang Dijanjikan (2021)

https://www.youtube.com/embed/tjovcffzxfk

Film yang disutradarai Fajar Bustomi ini memotret kehidupan rakyat kecil di Indonesia ketika pandemik COVID-19. Puji (Vino G. Bastian), tokoh utamanya, mewakili nasib rakyat Indonesia kebanyakan yang mengalami kesulitan ekonomi akibat PHK besar-besaran yang terjadi selama pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

Film Hari yang Dijanjikan adalah film yang diproduksi oleh Klik Film Productions. Film ini merupakan proyek ketiga mereka. Graciella Abigail, salah satu pemeran dalam film ini, meraih nominasi untuk kategori Pemeran Anak Terbaik di ajang Indonesian Movie Actors Awards pada 2021 lalu.

Itulah enam rekomendasi film yang bisa kamu tonton untuk menemani harimu saat menjalankan ibadah puasa Ramadan tahun ini. Semoga bisa membuat ibadah puasamu berjalan lebih lancar dan terhindar dari hal negatif yang dapat merusak ibadah puasamu yaa!. 

Baca Juga: 5 Tips Sambut Bulan Ramadan, Ibadah Puasa Jadi Nyaman!

El Rui Photo Community Writer El Rui

Penghuni Pluto. Gemar menulis hal-hal remeh dan berpikir aneh-aneh. Twitter: @EeelRui

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya