Comscore Tracker

Profil Pangeran Abdul Muntaqim, Cucu Sultan Brunei yang Ikut AFF 2022

Pangeran muda yang punya banyak bakat

Yogyakarta, IDN Times - Piala AFF U-16 2022 digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kejuaraan sepak bola remaja ini diikuti oleh 12 negara, termasuk Brunei Darussalam yang berada di Grup B Thailand, Timor Leste, dan Laos.

Siapa sangka, Timnas Brunei Darussalam diperkuat oleh Pangeran Muda Abdul Muntaqim yang tak lain adalah cucu Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah. Ia diberi amanat sebagai kapten dengan nomor punggung 17.

Berikut ini profil singkat Pangeran Muda Abdul Muntaqim yang sejak kecil sudah banyak menarik perhatian.

1. Biodata Pangeran Muda Abdul Muntaqim

Profil Pangeran Abdul Muntaqim, Cucu Sultan Brunei yang Ikut AFF 2022Profil Pangeran Muda Abdul Muntaqim (instagram.com/bruneifootball)

Nama lengkap: Yang Teramat Mulia Pengiran Muda Abdul Muntaqim ibni Al-Muhtadee Billah

Tempat dan tanggal lahir: Bandar Seri Begawan, 17 Maret 2007

Nama ayah: Pangeran Al-Muhtadee Billah Bolkiah

Nama ibu: Sarah binti Salleh

Tempat tinggal: Istana Bolkiah

Pekerjaan: Pelajar

Baca Juga: 10 Pesona Pangeran Abdul Muntaqim, Ikut Timnas Brunei di AFF U-16 2022

2. Menjadi pewaris kedua takhta Brunei Darussalam

Profil Pangeran Abdul Muntaqim, Cucu Sultan Brunei yang Ikut AFF 2022Profil Pangeran Muda Abdul Muntaqim (instagram.com/bruneiroyalfamily)

Sultan Brunei saat ini adalah Hassanal Bolkiah. Beliau menikah dengan Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha pada tahun 1975, yang kemudian dikaruniai beberapa orang anak, dan anak pertamanya yaitu Pangeran Mahkota Al-Muhtadee Billah.

Menurut peraturan kerajaan, Pangeran Mahkota Al-Muhtadee Billah adalah penerus apabila Sultan Hassanal Bolkiah turun takhta. Sementara itu, Pangeran Mahkota Al-Muhtadee Billah menikah dengan Pengiran Anak Sarah pada 9 September 2004 dan anak pertamanya yaitu Pangeran Muda Abdul Muntaqim.

Karena menjadi anak pertama dan laki-laki dari pewaris takhta pertama kerajaan, maka Pangeran Muda Abdul Muntaqim otomatis mendapat gelar sebagai pewaris kedua takhta Kerajaan Brunei.

3. Memiliki dua adik perempuan dan satu adik laki-laki

Profil Pangeran Abdul Muntaqim, Cucu Sultan Brunei yang Ikut AFF 2022Profil Pangeran Muda Abdul Muntaqim (instagram.com/bruneiroyalfamily)

Pangeran Muda Abdul Muntaqim bukan anak tunggal. Ia memiliki dua orang adik perempuan dan satu adik laki-laki. Adik pertamanya yaitu Yang Teramat Mulia Pengiran Anak Muneerah Madhul Bolkiah yang lahir pada 2 Januari 2011.

Adik keduanya yaitu Pangeran Muhammad Aiman dengan kelahiran 7 Juni 2015. Dan yang terakhir adalah Pengiran Anak Faathimah Az-Zahraa Raihaanul Bolkiah yang lahir pada 1 Desember 2017 lalu.

4. Menggemari berbagai olahraga selain sepak bola

Profil Pangeran Abdul Muntaqim, Cucu Sultan Brunei yang Ikut AFF 2022Profil Pangeran Muda Abdul Muntaqim (instagram.com/royalworldthailand)

Bergabungnya Pangeran Muda Abdul Muntaqim dalam Timnas Brunei Darussalam U-16 ini diumumkan oleh akun Instagram resmi milik keluarga kerajaan Brunei Darussalam pada 6 Februari 2022 lalu. Saat itu, diunggah juga foto Pangeran Muda Abdul Muntaqim sedang melakukan beberapa tes fisik.

Namun ternyata, bukan hanya sepak bola saja olahraga yang digeluti Pangeran Muda Abdul Muntaqim, loh. Ia yang masih sangat muda ini ternyata juga senang main basket, bulu tangkis, dan berenang.

Diketahui juga, Pangeran Muda Abdul Muntaqim menghadiri pertandingan ganda U-14 di Lapangan Bulu Tangkis Sekolah Chung Hwa di Kiudang, Brunei Darussalam. Saat itu, acara juga dihadiri oleh kedua orangtuanya.

Baca Juga: Timnas U-16 Raup Kemenangan Perdana di Piala AFF

Topic:

  • Paulus Risang
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya