Comscore Tracker

Profil Anggota Shaggydog, Band asal Sayidan Jogja yang Melegenda

Shaggydog sudah 25 tahun berkarier di musik Indonesia

Ambilkan Gelas, Di Sayidan, dan Jalan-jalan, adalah tiga dari banyaknya lagu hits yang dicetak oleh Shaggydog. Band legendaris asal Jogja ini mengusung aliran musik ska, reggae, dan pop rock. 

Ya, bukan 10 atau 20 tahun Shaggydog bermusik dan lagunya menemani bergoyang. Siapa sangka, tepat pada 1 Juni 2022 lalu, mereka merayakan anniversary ke-25 tahun! Mau kenalan satu per satu anggotanya? Yuk baca profil singkatnya di bawah ini!

1. Heruwa - Vokalis

Profil Anggota Shaggydog, Band asal Sayidan Jogja yang MelegendaHeruwa Shaggydog (instagram.com/heruwa)

Suara vokalis band Shaggydog punya magnet sendiri bagi pendengarnya. Heruwa, yang memiliki nama asli Heru Wahyono adalah sang vokalis yang lahir di Bali, 20 April 1980 lalu. Mengutip dari laman Instagram Shaggydog dikatakan, sejak kecil Heruwa sudah akrab dengan musik berkat keluarganya. Bakat bermusik Heruwa kian terasah sejak ia pindah ke Yogyakarta bersama sang ibu saat SMA.

Bertumbuh di kawasan Sayidan di mana anak-anak muda pawai bermain gitat, Heruwa berinisiatif menulis lagu yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari. Salah satu lagu yang diciptakan oleh Heruwa yaitu berjudul ‘Kecoa’ dan berada di album pertama Shaggydog.

2. Lilik - Keyboardist

Profil Anggota Shaggydog, Band asal Sayidan Jogja yang MelegendaLilik Shaggydog (instagram.com/umbelthedawgz)

Mengenyam pendidikan di jurusan biola di Sekolah Menengah Musik (SMM), saat ini Lilik Sugiyarto malah menjadi keyboardist. Lilik sendiri sejak kecil sudah menguasai instrumen musik keroncong, gak heran kalau kehadirannya memberi warna unik pada musik Shaggydog.

Lilik bergabung bersama Shaggydog atas ajakan Raymond. Selain menjadi salah satu personel Shaggydog, Lilik juga anggota kelompok musik Puspita Jelita yang tak lain anggotanya merupakan keluarga besar Lilik sendiri.

Baca Juga: Potret Bounty Ramdhan, Additional Drummer Sheila On 7 Terbaru 

3. Richad – Gitaris

Profil Anggota Shaggydog, Band asal Sayidan Jogja yang MelegendaRichad shaggydog (instagram.com/richbeardnado)

Asli Sayidan, Richad memegang peranan penting dalam grup Shaggydog. Pemilik nama asli Richad Benado bersama teman-temannya yang menciptakan lagu ‘Anjing Kintamani’ dan ‘Hey Cantik’. Richad sudah belajar main gitar sejak SMP yang pada saat itu diajarkan oleh Amir, mahasiswa asal Brebes yang menjadi penghuni kos-kosan nenek Richad.

Pria kelahiran 2 April 1977 ini memiliki darah bermusik dari ayah dan ibunya. Meski pernah berguru pada Amir, untuk menghafal dan belajar berbagai macam lagu, Richad belajar secara otodidak. Kecintaannya pada bermain gitar dan bermusik, Richad memiliki beragam koleksi gitar.

4. Raymond - Gitaris

Profil Anggota Shaggydog, Band asal Sayidan Jogja yang MelegendaRaymond shaggydog (instagram.com/ray_07)

Warga asli Yogyakarta, Raymond sebagai gitaris Shaggydog memiliki nama lengkap Raymondus Anton Bramantoro memiliki darah musik yang kental, pasalnya keluarga Raymond banyak yang bergelut di dunia musik. Kakek dan neneknya adalah pemain keroncong, ayahnya seorang gitaris sementara sang ibu adalah penyanyi.

Raymond yang lahir pada 9 November 1978 ini pada masa SMA pernah membentuk band Lampoe yang menjadi awal band Shaggydog. Di tengah jadwal band Shaggydog yang padat, Raymond tak pernah lupa buat olahraga yang juga menjadi salah satu hobinya.

Baca Juga: Lilik Shaggydog: RUU Permusikan hanya Manuver Jelang Pilpres

5. Bandizt - basis

Profil Anggota Shaggydog, Band asal Sayidan Jogja yang Melegendabandizt shaggydog (instagram.com/bandizt09)

Bandizt adalah salah satu personel band Lampoe juga bersama Raymond dan Aji. Bandizt memiliki nama asli Aloysius Odyssey Sanco dan lahir pada 09 Oktober 1873. Ia memulai bermain musik sejak menduduki bangku SMA, tepatnya di SMA Marsudi Luhur. Awalnya, Bandizt juga menduduki posisi vokalis, tapi karena kewalahan, akhirnya digandenglah Heruwa sebagai vokalis baru.

Di kalangan personel Shaggydog lain, Bandizt kerap disapa dengan sebutan ‘Pakde’. Selain terkebal sebagai basis, Bandizt juga seorang pecinta alam dan binatang. Diketahui Bandizt banyak menyelamatkan kucing dan anjing terlantar di jalanan.

6. Yoyo - Drumer

Profil Anggota Shaggydog, Band asal Sayidan Jogja yang Melegendayoyo shaggydog (instagram.com/yoyojog)

Di posisi drumer, adalah Yoyo, pria asli Yogyakarta yang lahir pada 21 April 1980. Yoyo memulai jejak sebagai pemain drum setelah belajar privat di salah satu studio musik di Yogyakarta. Namun les privat main drum ini tak berlangsung lama karena Yoyo merasa kepayahan harus naik sepeda dari rumahnya.

Pemilik nama lengkap Yustinus Satria Hendrawan, saat SMA kembali belajar drum secara privat di salah satu studio musik yang beralamat di Jalan Suryodiningrat. Siapa sangka, sang guru malah teman bapaknya sendiri yang merupakan mahasiswa ISI Yogyakarta jurusan perkusi. Sebelum menjadi drummer Shaggydog, Yoyo merupakan drumer untuk band bernama Brutal Corpse.

Itulah profil keenam personel Shaggydog yang didominasi warga lokal Yogyakarta. Berawal dari teman kampung dan sekolah, keenamnya menjadi anggota grup band yang legendaris di Indonesia. Kalau kamu, lagu Shaggydog apa saja yang menjadi kesukaanmu?

Baca Juga: Olski, Band Pop Asal Jogja yang Lucu dan Bikin Gemas  

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya