Comscore Tracker

Olski, Band Pop Asal Jogja yang Lucu dan Bikin Gemas  

Olski membuat lagu tidak hanya sekedar dapat dinikmati namun juga memiliki tema dan makna

Para musisi di tanah air memiliki gaya dan ciri khasnya masing-masing dalam berkarya. Di Yogyakarta terdapat salah satu band yang bernama Olski yang selalu bikin gemas dan lucu. Yuk kita cek profil band gemes ini!

1. Dibentuk sejak tahun 2013

Olski, Band Pop Asal Jogja yang Lucu dan Bikin Gemas  Band Olski (instagram.com/olskitty)

Olski sudah terbentuk dari tahun 2013 yang diinisiasi oleh 3 personel yaitu Dicki Mahardika, Oliyvia Devi Astiti, dan Shohih Febriansyah. Mereka awalnya sudah mempersiapkan materi lagu dari tahun 2014. Seiring berjalannya waktu dan pergantian personel, Olski merilis beberapa lagu di antaranya 'Tunggu', 'Datang Bulan', hingga lagu top mereka 'Titik Dua dan Bintang'. 

Setelah merilis beberapa single, pada tahun 2017, Olski akhirnya merilis album mereka berjudul 'In The Wood' yang bisa didengarkan dalam bentuk fisik maupun digital. Olski pun kembali merilis beberapa single setelah album mereka rilis, salah satunya adalah 'Sepeda Senja' yang baru saja rilis pada Mei 2022.

Baca Juga: Nyanyikan Lagu Corona dengan Lirik Kreatif, Pengamen Ini Tuai Pujian

2. Gonta ganti personel band

Olski, Band Pop Asal Jogja yang Lucu dan Bikin Gemas  Band Olski (instagram.com/olskitty)

Olski beberapa kali mengganti vokalis dan sempat memiliki 4 personel. Saat awal dibentuk pada 2013, Olski beranggotakan 3 orang, yaitu Oliyvia Devi Astuti  sebagai vokalis, Dicki Mahardika bermain di gitar dan ukuleles serta Shohih Febriansyah, glockenspiel dan pianika.

Di tahun yang sama anggota Olski bertambah satu untuk posisi sebagai percussionist yang dimainkan oleh Luthfiah Rizka, Olski. 

Pada tahun 2014, Oliyvia digantikan posisinya oleh Dionisia Stella. Belum setahun berjalan, Adska Dorra menggantikan Stella sebagai vokalis dan Luthfiah yang berposisi sebagai percussionist, digantikan oleh Atika Putri Adenia yang bermain drum dan cajon. Pada tahun 2016, posisi vokalis kembali diganti. Adska digantikan posisinya oleh Febrina Claudya yang menjadi vokalis Olski hingga saat ini.

Dilansir akun Instagram Olski, pada tahun 2017, Atika mendapat panggilan kerja di Jawa Barat. Olski pun memutuskan untuk kembali hanya beranggotakan 3 orang.

 

3. Album pertama yang bermakna

Olski, Band Pop Asal Jogja yang Lucu dan Bikin Gemas  Band Olski (instagram.com/olskitty)

Olski merilis album pertamanya yang diberi judul 'In The Wood' yang dibuat saat mereka berada di Hutan Pinus Dlingo di Bantul. Saat itu Olski langsung memastikan mereka akan merilis album.

In The Wood dipilih menjadi judul album mereka karena Olski ingin menghadirkan suasana sejuk dan santai saat orang mendengarkan lagu mereka. 

4. Bermain di genre pop, folk, hingga sedikit irama melayu

Olski, Band Pop Asal Jogja yang Lucu dan Bikin Gemas  Band Olski (instagram.com/olskitty)

Dilansir Siasat Partikelir, Dicki mengatakan banyak yang mengira Olski seperti Banda Neira karena alat musik yang mereka gunakan identik dengan alat musik folk. Gitar memang menjadi alat musik utama Olski, namun mereka juga menggunakan alat musik lain seperti glockenspiel dan pianika untuk membawakan lagu mereka yang terkesan lucu namun juga santai. 

5. Masing-masing lagu memiliki tema dan makna

Olski, Band Pop Asal Jogja yang Lucu dan Bikin Gemas  Band Olski (instagram.com/olskitty)

Olski merilis lagu-lagu mereka tidak hanya sekedar nikmat untuk didengar, namun juga memiliki tema dan makna. Lagu di dalam album In The Wood memiliki keterkaitan satu sama lain. Jika dilihat pada lirik masing-masing lagu, album ini seperti tulisan diary seorang gadis yang menceritakan proses hubungannya dengan seorang laki-laki.

Olski juga merilis beberapa single yang memiliki tema tersendiri, seperti lagu yang berjudul 'Berlayar' yang bertemakan pantai dan laut dalam rangka peduli dengan terumbu karang dan lumba-lumba. Lagu ini pun dirilis tepat saat Hari Nelayan Nasional pada 6 April 2020. Ada juga lagu terbaru mereka yang rilis bulan Mei lalu yang berjudul 'Sepeda Senja'. Lagu ini awalnya tercipta karena melihat ibu-ibu bersepeda di pinggir sawah pada sore hari.

Olski berharap dengan lagu ini, Kota Yogyakarta bisa lebih ramah bagi pengendara sepeda dan berharap dapat bersepeda dengan santai. Berikut beberapa lagu dari Olski yang bisa kamu dengarkan.

Baca Juga: Dukung Pemerintah, Penyanyi Jogja Ini Ciptakan Lagu Tentang Klitih

https://www.youtube.com/embed/kw8duPDfIjc
Bayu Aji Waskito Photo Community Writer Bayu Aji Waskito

Gabut aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya