Comscore Tracker

Pentingkah Menggunakan Behel? Ini Kata Dokter Spesialis Ortodonti UGM

Apa saja kondisi yang membutuhkan kawat gigi?

Sleman, IDN Times - Kawat gigi atau behel merupakan salah satu cara yang digunakan oleh ortodontis untuk memperbaiki gigi atau rahang yang tidak rapi dan gigi yang bertumpuk. Namun, bukan soal estetika semata, penggunaan kawat gigi paling penting adalah untuk kesehatan.

Lalu, seberapa perlukah seseorang memakai behel? Dan di saat kondisi apakah seseorang bisa memakai kawat gigi? Begini penjelasan dari Dokter Spesialis Ortodonti sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (UGM), drg. Sri Suparwitri.

Baca Juga: 8 Tips Merawat Gigi selama Pakai Behel, Harus Sabar dan Telaten!

1. Ada berbagai macam manfaat kawat gigi

Pentingkah Menggunakan Behel? Ini Kata Dokter Spesialis Ortodonti UGMilustrasi kawat gigi (Unsplash/Rainier Ridao)

Suparwitri mengatakan, ada berbagai macam manfaat dari penggunaan kawat gigi. Mulai dari menghindarkan dari berbagai penyakit, menjaga kesehatan gigi, serta menambah kepercayaan diri.

Dia memaparkan, sering kali pasien datang memang bertujuan untuk memperbaiki estetika, namun setelah dievaluasi memang memerlukan perawatan dari segi fungsi kesehatannya.

“Dalam perawatan ortodonti yang paling penting diperhatikan adalah jaringan pendukung gigi yang sehat jadi walaupun gigi berlubang tetap dapat menggunakan kawat gigi dengan catatan harus ditambal terlebih dahulu,” ungkapnya pada Sabtu (12/6/2021).

2. Berikut kondisi yang dirasa perlu menggunakan kawat gigi

Pentingkah Menggunakan Behel? Ini Kata Dokter Spesialis Ortodonti UGMunsplash.com/

Menurut Suparwitri, ada berbagai susunan gigi yang sebaiknya menggunakan kawat gigi. Antara lain seperti gigi renggang, gigi berjejal, gigi yang maju, dan gigi yang rahang bawahnya berada di depan rahang atas (underbite). Susunan gigi yang kurang baik disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor keturunan, karies gigi, serta faktor kebiasaan yang kurang baik.

“Dalam proses perawatan ortodonti tidak serta merta diharuskan untuk mencabut gigi. Pada gigi yang renggang biasanya tidak dilakukan proses pencabutan gigi, namun pada gigi yang berjejal dan maju jika dirasa membutuhkan ruang untuk mengoreksi susunan gigi maka akan dilakukan proses pencabutan gigi,” katanya.

3. Anak-anak hingga orang dewasa bisa menggunakan kawat gigi

Pentingkah Menggunakan Behel? Ini Kata Dokter Spesialis Ortodonti UGMfreepik.com/alexandrgrant

Suparwitri mengatakan, ketika susunan gigi ini tidak baik, maka bisa menyebabkan penyakit lain seperti karies. Hal itu disebabkan oleh banyaknya sisa makanan yang tidak dapat dibersihkan dengan maksimal ketika susunan gigi tidak sesuai.

Selain itu, ketika gigitan atau kunyahan yang dimiliki tidak benar maka dapat menyebabkan kerusakan persendian tulang.

"Contohnya kasus rahang bawah yang berada di depan rahang atas akan menyebabkan kemiringan rahang dan penyakit persendian rahang yang lebih kompleks," paparnya.

Lalu, siapa saja yang bisa melakukan perawatan ortodonti ini? Suparwitri menjelaskan jika anak-anak hingga orang dewasa bisa menggunakannya.

Baca Juga: 6 Fakta Bau Mulut, Tak Cuma Mengganggu tapi Juga Bisa Berbahaya

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya