Comscore Tracker

6 Fakta Bau Mulut, Tak Cuma Mengganggu tapi Juga Bisa Berbahaya

Bau mulut bisa menjadi indikasi masalah kesehatan serius

Bau mulut menjadi masalah yang mengganggu penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Sejak zaman dulu pun, manusia berupaya melakukan berbagai cara untuk mengurangi bau mulut. Mulai dari memakan cangkang telur, mengunyah mint, atau memakan kayu manis. 

Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang mengalami bau mulut? Apakah mungkin bau mulut dapat menyebabkan kematian? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Bakteri adalah penyebab utama

6 Fakta Bau Mulut, Tak Cuma Mengganggu tapi Juga Bisa Berbahayarojin-cosmetic.ir

Layaknya bau badan, bau mulut juga tercipta akibat adanya mikroorganisme yang bersemayam di mulut. Mikroorganisme, atau lebih tepatnya bakteri itu tinggal di sana karena kelembapan serta adanya protein-protein.

Tetapi jangan takut, bakteri itu berguna untuk pencernaan dan mencegah penyakit. Masalahnya adalah bakteri juga membutuhkan makan. Apa yang terjadi jika mereka tidak makan?

2. Datang dari penguraian protein-protein yang kita dapat

6 Fakta Bau Mulut, Tak Cuma Mengganggu tapi Juga Bisa Berbahayaunsplash.com/@gardiept

Makanan dari bakteri adalah lendir yang ada di mulutmu, sisa-sisa makanan dan sel-sel jaringan yang telah mati. Untuk menyerap nutrisinya, bakteri perlu mengurainya menjadi molekul yang lebih kecil, sebagai contoh protein yang menjadi asam amino dan asam amino itu diurai lagi menjadi molekul yang lebih kecil lagi.

Beberapa produk inilah yang menyebabkan adanya bau tak sedap di mulutmu. Molekul-molekul yang menyebabkan bau itu beberapa di antaranya adalah hydrogen sulfide dan cadaverine. Bau itu diidentifikasi oleh hidung kita sebagai bau yang tak sedap.

3. Bau mulut dapat mengacaukan komunikasi

6 Fakta Bau Mulut, Tak Cuma Mengganggu tapi Juga Bisa Berbahayaunsplash.com/photos/a-eC_o3TRCU

Peneliti mencoba memahami bau mulut itu. Di dalam teori mereka, bau mulut dapat dianggap sebagai mekanisme peringatan akan busuknya makanan atau pertanda akan terkena penyakit. Itu karena bau adalah cara paling primitif untuk menginfokan sesuatu, bahkan untuk menarik lawan jenis.

Dalam sebuah polling, 59 persen pria dan 70 persen wanita menyatakan mereka tidak ingin berkencan dengan seseorang yang memiliki bau mulut. Tidak salah jika di Amerika sendiri produk pengharum napas mampu menghabiskan US$ 1 miliar dalam kurun waktu satu tahun.

Baca Juga: 8 Tips Merawat Gigi selama Pakai Behel, Harus Sabar dan Telaten!

4. Cukup menyikat gigi secara teratur untuk menghilangkan bau mulut

6 Fakta Bau Mulut, Tak Cuma Mengganggu tapi Juga Bisa Berbahayailustrasi menyikat gigi (pixabay.com/slavoljubovski)

Untuk menangani bau mulut terbilang cukup mudah. Bakteri-bakteri yang hidup di sela-sela gigi dan di belakang lidah dapat dihilangkan dengan menyikat dan flossing gigi, menggunakan pembersih mulut anti bakteri dan lainnya. Tidak mau semua itu? Makanlah makanan yang sehat dan menyehatkan saat sarapan.

5. Dapat juga sebagai indikasi penyakit yang parah

6 Fakta Bau Mulut, Tak Cuma Mengganggu tapi Juga Bisa Berbahayaunsplash.com/@joshappel

Tidak semua upaya itu mampu menghilangkan bau mulut. Dalam kasus yang lebih parah, bau mulut tidak bisa hilang karena adanya permasalahan gigi, hidung yang tersumbat dan penyakit-penyakit parah lainnya, seperti gangguan liver atau diabetes. Kebiasaan seperti merokok dan alkohol berlebihan juga mampu membuat bau mulut yang khas.

6. Tidak bisa dideteksi oleh diri sendiri

6 Fakta Bau Mulut, Tak Cuma Mengganggu tapi Juga Bisa Berbahayatriangledentistry.com

Bau mulut bukanlah berasal dari lambung ataupun dari dalam organ lainnya, tetapi memang benar-benar dari mulut. Hanya saja kita tak pernah menyadarinya sendiri karena kemungkinan kita sudah terbiasa dengan bau itu.

Menjilat dan membaui tangan tidaklah mampu menginformasikan diri sendiri akan bau mulut yang kita derita. Bahkan sebuah studi menunjukkan jika kita akan menilai bau itu secara subjektif berdasarkan perspektif masing-masing orang-orang. Jadi bagaimana cara kita mengetahui seberapa bau mulut kita? Gampang saja. Tahan napasmu dan tanyakan ke temanmu.

Itulah beberapa fakta terkait bau mulut. Jika kamu mengalami bau mulut yang cukup mengganggu, tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter, ya!

Baca Juga: Rambut Rontok Bisa Jadi Tanda 7 Penyakit Ini, Jangan Disepelekan!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya