Comscore Tracker

7 Tempat Kulineran Bernuansa Alam di Nanggulan Kulon Progo

Cocok buat kumpul bareng orang-orang kesayangan

Kulon Progo, kabupaten paling barat di DI Yogyakarta kini namanya tengah banyak disorot. Bukan hanya karena adanya bandara baru yang mewah, tapi juga karena punya banyak tempat makan atau sekadar ngopi yang asyik.

Seperti di kawasan Nanggulan-Girimulyo yang berlatarkan hamparan persawahan. Tempat ini nyaris gak pernah sepi wisatawan yang mau dolan sekaligus melepas dahaga.

Nah, ini dia tempat kulineran di Nanggulan yang bisa kamu datangi. Tempatnya dijamin bikin betah, deh!

1. Kopi Ingkar Janji

7 Tempat Kulineran Bernuansa Alam di Nanggulan Kulon Progokopi ingkar janji (instagram.com/ingkarjanjikopi)

Kalau kamu cari tempat minum kopi yang hits, coba kunjungi Kopi Ingkar Janji yang selalu ramai pengunjung, terutama saat pagi dan jelang sore hari. Warung ini punya konsep tradisional Jawa yang hangat dengan menggunakan banyak furnitur berbahan kayu. Cocok banget nih dijadikan tujuan makan-makan bareng keluarga!

Buat kamu yang doyan minum kopi, jangan lupa cicipi kopi khasnya, kopi ingkar janji. Namun kalau kamu mau coba minuman lain, ada juga aneka olahan teh sampai jamu yang gak kalah segar. Menariknya, mereka punya menu makan nasi sayur sepuasnya yang bisa dibayar hanya dengan merogoh Rp10.000 aja!

Alamat: Jalan Raya Kaligesing Nomor 17, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Hari dan jam buka: Setiap hari, jam 09.00-21.00
Kisaran harga: Mulai dari Rp2.500

2. Kedai Kopi Pari

7 Tempat Kulineran Bernuansa Alam di Nanggulan Kulon Progokedai kopi pari (instagram.com/kopi_pari)

Cari tempat nongkrong yang luas? Ada Kedai Kopi Pari di Girimulyo yang gak hanya luas, tapi juga kental dengan suasana pedesaan. Kamu bisa memilih mau duduk di bangku kayu atau lesehan yang tentu saja sama-sama nyamannya. Yang unik di sini, kamu bisa menemukan banyak padi kering diikat di di dinding sebagai hiasan sekaligus ikon.

Kedai Kopi Pari punya menu kopi khas yaitu Kopi Menoreh. Punya rasa sedikit asam dan pahit, kopi ini campuran dari robusta dan arabika, jadi jangan heran kalau rasanya unik. Soal makanan, Kedai Kopi Pari menyediakan makanan khas Kulon Progo yang tentu rasanya enak. Sebut saja seperti geblek dan tempe benguk.

Alamat: Banyunganti, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Hari dan jam buka: setiap hari, jam 09.00-19.00
Kisaran harga: mulai dari Rp5.000

3. Kopi Ampirono

7 Tempat Kulineran Bernuansa Alam di Nanggulan Kulon Progokopi ampirono (instagram.com/jogjainfomu)

Setelah lelah dengan segala kesibukan dan ingin rehat, paling pas memang datang ke pedesaan dan melihat hamparan sawah sambil makan minum yang enak-enak. Datang ke Kopi Ampirono sepertinya jadi pilihan yang tepat. Terlebih Kopi Ampirono menyediakan outdoor yang langsung menghadap hamparan hijau sawah, dijamin betah berlama-lama.

Soal menu memang gak jauh berbeda dengan tempat ngopi di Nanggulan lainnya, tapi tentunya gak kalah enak harganya sama murah. Minuman yang terpopuler ada Kopi Klotok dan Kopi Arabika Menoreh, tapi kalau kamu mau minum yang lebih segar bisa menjajal Es Telang Kalibiru yang warna cantik. Jangan lupa pesan camilan berupa aneka gorengannya, ya!

Alamat: Jalan Raya Kaligesing, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
Hari dan jam buka: setiap hari, jam 10.00-21.00
Kisaran harga: mulai dari Rp3.000

Baca Juga: 5 Rekomendasi Nasi Goreng Sapi yang Buka Malam di Yogyakarta

4. Kopi Klotok Menoreh

7 Tempat Kulineran Bernuansa Alam di Nanggulan Kulon Progokopi klotok menoreh (instagram.com/kopiklotok_menoreh)

Tempat yang satu ini bisa dibilang paket lengkap, nih. Jadi tempat ngopi bisa, jadi rujukan makan siang bersama teman-teman bisa, disewa untuk gelar pernikahan pun gampang! Namanya Kopi Klotok Menoreh, tempat kulineran yang cukup hits di kalangan pesepeda juga. 

Kopi Klotok Menoreh menjual menu makanan yang beragam seperti ayam goreng lengkap dengan nasi dan lalapan, mangut lele, atau sekadar kudapan seperti tempe kemul dan geblek. Mau ngopi aja? Bisa! Mulai dari kopi menoreh santan yang jadi best seller, kopi robusta menoreh, sampai yang segar-segar seperti ice cappuccino

Alamat: Jalan Raya Kaligesing, Kenteng, Kembang, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. 

Hari dan jam buka: Senin sampai Jumat jam 09.00-21.00 dan Sabtu sampai Minggu jam 07.00-21.00

Kisaran Harga: mulai dari Rp3.000

5. Kopi Cantel

7 Tempat Kulineran Bernuansa Alam di Nanggulan Kulon Progokopi cantel (instagram.com/kopicantel)

Gak boleh dilewatkan, ada warung Kopi Cantel yang berlokasi di Lereng Bukut Menoreh. Meski berjarak cukup jauh dari pusat kota, semua terbayar dengan suasananya yang menyegarkan dan pemandangan asri yang sulit didapat di perkotaan. Warung kopi yang baru buka di awal tahun 2021 ini sudah ramai karena dilewati jalur menuju Bandara YIA.

Menu istimewanya gak kaleng-kaleng, ada rica-rica bebek yang kaya rasa rempah, atau kalau mau sekadar mengudap, ada banyak menu yang disediakan berbahan dasar singkong dan pisang. Ditemani segelas wedang uwuh atau es kopi gula aren, acara kumpul dengan orang tersayang pasti kian meriah.

Alamat: Jalan Sermo - Girimulyo, Gunungkelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Hari dan jam buka: setiap hari, jam 15.00 sampai 22.00
Kisaran harga: mulai dari Rp4.000

6. Kopi Sulingan

7 Tempat Kulineran Bernuansa Alam di Nanggulan Kulon Progokopi sulingan (instagram.com/kopisulingan)

Kopi Sulingan mungkin masih asing di telinga. Namun tempat ini justru menawarkan pengalaman minum kopi yang berbeda. Tempat ngopi yang sederhana dan gak jauh dari permukiman ternyata juga jadi tempat konservasi burung, jadi jangan kaget kalau saat minum kopi, suara burung yang merdu terdengar jelas bersahutan.

Kopi di sini dibuat sendiri, jadi rasanya tentu segar. Soal menu kopi tentu saja sangat beragam, mulai dari tubruk, espresso, americano, kopi susu, dan es kopi susu. Mereka juga menyediakan kopi yang sudah di-packing aman supaya bisa jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Praktis ‘kan?

Alamat: Jalan Sermo - Girimulyo, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Hari dan jam buka: Selasa sampai Minggu, jam 10.00-20.00
Kisaran harga: mulai dari Rp7.000

7. Omah Cantrik

7 Tempat Kulineran Bernuansa Alam di Nanggulan Kulon Progoomah cantrik (instagram.com/punyamenu)

Ini dia, tempat makan sekaligus menyajikan wahana wisata yang ramah keluarga, Omah Cantrik. Berbagai aktivitas menyenangkan bisa dilakukan di sana, mulai dari susur sungai naik VW, foto-foto di spot yang instagramable, atau makan-makan sambil berbincang santai pun gak masalah. 

Bicara menu makanannya, mereka menyediakan aneka masakan rumahan sampai masakan Jawa seperti bakmi rebus atau goreng, mie lethek, dan olahan bebek yang tentu rasanya nikmat. Camilan layaknya tape bakar, bakwan, atau makanan yang hanya ditemukan di Kulon Progo, dawet sambal, juga ada!

Alamat: Jalan Turus, RT.13/RW.05, Tj. Gn., Tanjungharjo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Hari dan jam buka: setiap hari, jam 10.00-19.00

Kisaran harga: mulai dari Rp2.000

Bagaimana, jadi makin gak sabar buat segera ambil cuti 'kan? Apalagi sudah lama gak istirahat dari rutinitas. Sabar, ya, sebentar lagi lalu bisa jalan-jalan dan puas makan di Nanggulan!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Restoran Vegetarian di Yogyakarta, Enak dan Sehat

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya