Comscore Tracker

Sop Empal Mbok Wignyo, Kuliner Hidden Gems di Jogja Buka Sejak 1970   

Mbok Wignyo meninggal dunia hari ini di usia 90 tahun

Yogyakarta, IDN Times – Kabar duka datang dari dunia kuliner di Yogyakarta. Mbok Wignyo yang diketahui memiliki warung legendaris Sop Empal Mbok Wignyo meninggal dunia hari ini Sabtu (12/11/2022). Pemilik nama asli Tukijah binti Poikromo tersebut tutup usia di umur 90 tahun.

 

1. Berawal dari jualan nasi gudeg hingga ketan, kini terkenal dengan empalnya

Sop Empal Mbok Wignyo, Kuliner Hidden Gems di Jogja Buka Sejak 1970   sop empal mbok wigyo (instagram.com/voilajogja)

Tak langsung menjajakan nasi rames dengan aneka lauk, Mbok Wig dulunya justru berjualan nasi pecel, nasi gudeg, bahkan ketan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ia menjajal berjualan nasi sop empal yang resepnya diciptakan sendiri dan menjadi idola banyak orang.

2. Tempat rujukan sarapan sampai makan siang

Sop Empal Mbok Wignyo, Kuliner Hidden Gems di Jogja Buka Sejak 1970   Sop empal mbok wigyo (instagram.com/bike2ngopi)

Jangan bayangkan bentuk warung milik Mbok Wig bergaya industrial atau modern seperti tempat makan kebanyakan di Jogja. Berada di dalam kampung, warung sekaligus tempat tinggalnya terletak di sebuah gang yang berada di dekat Pasar Demangan. Banyak orang menyebut warung empal Mbok Wig sebagai kuliner hidden gems. Pelanggannya pun beragam mulai dari mahasiswa, pekerja, sampai artis!

Warung Mbok Wig buka dari hari Senin sampai Sabtu sejak pagi pukul 06.00 sampai pukul 15.00 WIB. Tak heran banyak yang menjadikan warung ini sebagai tujuan isi perut mulai dari sarapan sampai makan siang. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!

3. Aneka masakan rumahan yang jadi primadona

Sop Empal Mbok Wignyo, Kuliner Hidden Gems di Jogja Buka Sejak 1970   Empal Mbok Wignyo (instagram.com/kulineryogya)

Mbok Wig spesialis menjual masakan rumahan yang menjadi rujukan anak kos dan perantau yang kangen masakan ibu. Di antara berbagai menu, yang cukup populer adalah sop empal yang terdiri dari nasi, sayur sop ndeso terdiri dari wortel, kubis, dan beberapa sayuran lain, ditambah irisan empal bacem, lalu diberi sambal yang rasanya juara. Seporsi sop empal dijual seharga Rp25 ribu saja tapi dijamin sudah bisa bikin kenyang dan puas makan.

Ada juga menu lain yaitu iso babat, ati sapi, aneka tumisan, sayur lodeh labu kuning, babat bacem, tempe bacem dan gorengan. Ditemani dengan segelas es teh manis atau jeruk panas, terbukti bisa bikin ketagihan banyak orang meskipun makanannya terbilang sederhana. 

Sop Empal Mbok Wignyo telah berdiri sejak tahun 1970-an dan terbukti bisa melawan makanan kekinian yang terus menggempur Jogja. Meski berusia lanjut, Mbok Wig masih melayani pembeli dengan tangannya sendiri hingga warung makannya begitu terkenal seperti saat ini. Selamat jalan Mbok Wignyo...

Baca Juga: 15 Pantai Gunungkidul untuk Liburan, Ada yang Hidden Gems

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya