TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Jus Buah dan Sayur untuk Pejuang Jerawat, Wajib Coba

Alami, murah dan menyehatkan

ilustrasi jus buah dan sayur (unsplash.com/Zlatko Đurić)

Kombinasi jus dari berbagai sayur dan buah menyediakan sejumlah vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi tubuh.

Tak hanya bermanfaat bagi tubuh, sda beberapa buah dan sayur yang dapat membantu proses penyembuhan jerawat. Berikut daftar jus buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi bagi kulit berjerawat, yuk simak!

1. Wortel

ilustrasi jus wortel (pixabay.com/Ilo)

Jus wortel telah diakui sebagai minuman yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi jerawat. Wortel kaya akan beta-karoten, sebuah senyawa yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit, merangsang regenerasi sel-sel kulit.

Meminum jus wortel dalam pola makan sehari-hari, dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kulit, dan merangsang proses penyembuhan serta regenerasi kulit.

2. Tomat

ilustrasi jus tomat (pixabay.com/Dvinchanin)

Tomat mengandung likopen, suatu jenis antioksidan yang dapat melawan kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, salah satu faktor yang berkontribusi pada munculnya jerawat.

Selain itu, tomat mengandung asam salisilat alami, yang memiliki sifat eksfoliasi dan dapat membantu membersihkan pori-pori kulit. Kandungan air yang tinggi dalam tomat juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit, memberikan tampilan yang lebih segar dan sehat. 

Baca Juga: 30 Ide Jus dan Smoothies Selama Sebulan Puasa, Bikin Segar Bugar

3. Apel

Ilustrasi jus apel (pexels.com/Darina Belonogova)

Apel mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin A, C, dan serat. Vitamin A membantu dalam regenerasi sel-sel kulit, sementara vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, serat dalam apel dapat membantu membersihkan sistem pencernaan, mengeluarkan racun dari tubuh, dan berpotensi mengurangi risiko jerawat. Komponen-komponen tersebut bekerja bersama-sama untuk menjaga kesehatan kulit, mengurangi peradangan, dan mempromosikan proses penyembuhan. Jus apel juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit, memberikan tampilan kulit yang lebih segar dan berseri.

4. Timun

ilustrasi lalapan timun (pixabay.com/Alexei)

Selain enak dijadikan lalapan, timun memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan kulit. Timun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah dehidrasi. Selain itu, timun mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Ekstrak timun juga memiliki sifat astringen alami, membantu menyempitkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih, mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Verified Writer

Mega Putry

Menyukai semua hal, kecuali matematika.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya