Comscore Tracker

Tingkatkan PAD, BPD DIY Gandeng Gopay dan Tokopedia

Bayar PBB dan retribusi makin gampang

Yogyakarta, IDN Times-Mendukung pemanfaatan teknologi, Bank BPD DIY gandeng Gopay dan Tokopedia dalam penyediaan fitur pembayaran tagihan secara online.

Penandatanganan kesepakatan dilakukan antara PT BPD DIY, Tokopedia dan Gopay di kantor bank daerah ini, Rabu (11/9). Acara ini turut dihadiri Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan perwakilan DIY.

"Kerjasama ini diharapkan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah, maupun masyarakat dalam bertransaksi," ujar Direktur Utama PT Bank BPD DIY, Santoso Rohmad.

1. Bayar pajak dan retribusi lewat platform digital

Tingkatkan PAD, BPD DIY Gandeng Gopay dan Tokopediawww.moneycontrol.com

Santoso mengungkapkan Bank BPD DIY memiliki beberapa layanan berbasis digital yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi finansial. Termasuk di dalamnya pembayaran pajak dan retribusi daerah.

"Kolaborasi dengan Tokopedia dan Gopay ini masyarakat akan memiliki lebih banyak pilihan untuk melakukan transaksi pembayaran," ujar Santoso.

Fitur pembayaran pajak bumi bangunan (PBB) dan retribusi daerah nantinya akan masuk dalam salah satu fitur di masing-masing aplikasi. Layanan pembayaran tersebut di Gopay akan masuk di fitur GoBills. Sedangkan untuk di Tokopedia akan tersedia di Top Up & Tagihan.

Baca Juga: Harga Terpuruk, ini Usaha Pemkab Bantul Bantu Petani Bawang Merah

2. Program elektronifikasi pemda

Tingkatkan PAD, BPD DIY Gandeng Gopay dan TokopediaGojek

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) DIY, Hilman Tisnawan mengatakan kerjasama tersebut merupakan kelanjutan elektronifikasi pemda. Tujuannya adalah untuk memperluas channel pembayaran yang selama ini masih dilakukan secara tradisional melalui perbankan.

"Sekarang dengan elektronifikasi ini dapat dilakukan melalui channel terkini, yaitu platform marketplace," jelas Hilman.

Head of Sales Gopay, Arno Tse menambahkan pengembangan inovasi ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk memaksimalkan transaksi non tunai dalam transaksi keuangan pemerintah. Sebagai fintech karya anak bangsa, GoPay menghadirkan kemudahan pembayaran nontunai di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam membayar pajak. 

"Kami berharap bahwa kerja sama kami dengan Bank BPD DIY ini tidak hanya akan memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dalam mengumpulkan pajak," ungkap Arno.

3. Tingkatkan pendapatan asli daerah

Tingkatkan PAD, BPD DIY Gandeng Gopay dan TokopediaTokopedia

Program elektronifikasi pemda ini merupakan upaya strategis untuk mendorong peningkatan pendapatan asli daerah. Hilman mengungkapkan pembayaran pajak hingga retribusi secara online akan lebih transparan.

"Optimalisasi pendapatan asli daerah adalah tujuan utama dari elektronifikasi ini. Karena BPD DIY sebagai pemegang kas pemerintah daerah, segala penerimaan pajak dan retribusi masuk ke bank ini," papar Hilman.

VP of Public Policy and Government Relations Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkapkan kerjasama ini sejalan dengan visi Tokopedia dalam upaya pemerataan ekonomi secara digital di seluruh daerah di Indonesia. Kerjasama tersebut menjadikan Tokopedia sebagai kepanjangantangan Bank BPD DIY
 
"Model ini kami gunakan untuk pembayaran sektor perpajakan daerah, dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah," jelas Astri.

Baca Juga: Awal Oktober 2019, Garuda Layani Penerbangan Dari YIA Tujuan Soeta

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You