Comscore Tracker

Keren, Musisi Jalanan di Yogyakarta Kini Terima Uang Digital!

Nyawer pengamen kini tinggal scan, ada cashback gak ya?

Yogyakarta, IDN Times -Transaksi keuangan sekarang kian praktis berkat teknologi digital payment. Bahkan, lewat teknologi QR Code bantu musisi jalanan mengenal inklusi keuangan dan memanfaatkan transaksi non tunai.

Inovasi ini dihadirkan Gopay dengan menggandeng Institut Musisi Jalanan (IMJ). Senior Manager Consumer PR Gopay, Deviani Wulandari mengatakan inisiatif tersebut, sebelumnya sudah dilakukan di Jakarta dan Semarang.

"Kami ingin agar para musisi jalanan memiliki akses terhadap layanan keuangan formal," ungkap Deviani di Silol Kopi & Eatery, Kamis (17/10).

1. Bantu musisi jalanan naik kelas

Keren, Musisi Jalanan di Yogyakarta Kini Terima Uang Digital!IDN Times/Holy Kartika

Program Ngamen Pake GoPay menjadi salah satu upaya konsistensi Gopay dalam merangkul dan memberdayakan lebih banyak lapisan masyarakat. Deviani mengungkapkan inisiatif tersebut merupakan kelanjutan kerjasama Gopay dan IMJ, serta upaya untuk membantu musisi jalanan naik kelas lewat literasi dan inklusi keuangan.

"Kini, mereka yang telah mendapatkan kode QR sudah bisa menerapkan tahap awal perencanaan keuangan dengan menabung, serta memiliki catatan transaksi pendapatan mereka sehari-hari. Bahkan, mereka pun mengaku sudah dapat membayar BPJS lewat aplikasi Gopay," jelas Deviani.

Baca Juga: 7 Aplikasi E-Wallet di Indonesia yang Bikin Transaksimu Jadi Mudah

2. Program standarisasi musisi jalanan

Keren, Musisi Jalanan di Yogyakarta Kini Terima Uang Digital!IDN Times/Holy Kartika

Pendiri IMJ, Andi Malewa mengungkapkan sebelum mendapatkan QR Code, para musisi jalanan ini lebih dulu mengikuti program standarisasi IMJ. Antara lain persyaratan kesehatan (bebas dari narkoba), dan menunjukkan kelakuan baik. 

Musisi jalanan yang lolos seleksi, tidak hanya akan mendapatkan QR Code, tetapi juga rekening tabungan bank. Di Yogyakarta, IMJ mengumpulkan berbagai ikon musisi Malioboro. 

"Dengan mendapatkan manfaat QR Code dari Gopay, kami percaya ini akan memudahkan mereka dalam mencari nafkah, serta mendorong mereka untuk terus berkarya," ungkap Andi.

3. Tingkatkan penghasilan musisi jalanan

Keren, Musisi Jalanan di Yogyakarta Kini Terima Uang Digital!IDN Times/Holy Kartika

Sejak program ini dimulai di Jakarta, sejumlah musisi jalanan telah merasakan manfaatnya. Deviani mengungkapkan rata-rata musisi jalanan mengakui penghasilannya meningkat hingga 300 persen. 

"Tidak hanya mempermudah dalam pencatatan keuangan, para musisi jalanan ini juga punya kesempatan memperluas akses ruang berkarya dengan memanfaatkan ekosistem Gojek," jelas Deviani.

Baca Juga: Setiap Hari Pakabul Berhasil Kumpulkan Rp100 Juta Uang Lusuh 

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You