Comscore Tracker

The NextDev Dorong Millennial Kembangkan Social Impact Startup

Bantu millennial kembangkan bisnis 

Yogyakarta, IDN Times-Bisnis rintisan atau yang lebih populer dengan sebutan startup mulai banyak dikembangkan anak millennial. Tak hanya profit oriented semata, lewat program The NextDev, Telkomsel mendorong anak muda merintis bisnis yang bisa memberi dampak sosial positif bagi masyarakat di seluruh pelosok negeri.

Manager Branch Telkomsel Yogyakarta, Nur Hidayat Dwi Santoso mengatakan The NextDev telah memasuki tahun kelima. Tahun ini, tema yang diusung yakni Social Impact and Go Beyond sebagai komitmen dalam pembangunan ekosistem digital nasional, sekaligus tanggungjawab perusahaan untuk melengkapi para startup dengan kapabilitas dan kompetensi bisnis.

"Terutama dalam mendukung dampak sosial ekonomi positif yang tercipta bagi Indonesia," ungkap Nur di Harper Hotel Yogyakarta, Kamis (29/8).

1. Solusi bisnis berdampak sosial positif

The NextDev Dorong Millennial Kembangkan Social Impact StartupIDNTimes/Holy Kartika

Entrepreneur lifestyle menjadi ciri kuat generasi millennial. Tak heran jika banyak anak muda mulai getol terjun ke dunia bisnis dengan mengembangkan usaha berbasis teknologi.

Nur mengungkapkan sejak pertama kali diadakan, The NextDev terus mengalami perkembangan. Bermula fokus pada content creating pada 2014, sedangkan pada 2015 mengusung konsep smart city, smart rural pada 2016, core industry pada 2017 dan passion and purpose pada 2018 lalu.

"Tahun ini, kami hadir dengan konsep social impact and go beyond, untuk menghadirkan solusi bisnis yang berdampak sosial positif di Indonesia," jelas Nur.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah, ini 5 Saham Potensial di Pasar Modal

2. Bidik startup lokal di pelosok negeri

The NextDev Dorong Millennial Kembangkan Social Impact StartupIDNTimes/Holy Kartika

The NextDev Talent Scouting ini menjadi ajang pencarian early stage digital startup berdampak sosial di Indonesia. Local Stage Pitch di Yogyakarta menjadi kota keenam, setelah sebelumnya digelar di Jakarta, Denpasar, Palembang, Makassar, dan Medan. Selanjutnya rangkaian acara ini akan digelar di Pontianak, Semarang dan Surabaya.

Isu sosial di daerah begitu beragam. Melalui program ini, Telkomsel berupaya mendorong ide-ide anak muda untuk dapat memecahkan solusi dari persoalan yang ada di daerahnya.

"Kami ingin membukakan akses dan mendorong munculnya karya startup yang digawangi pemuda di seluruh penjuru negeri. Tidak hanya di wilayah pusat, tetapi juga di daerah lokal," ungkap Nur.

Total ada 270 social impact startup terbaik se-Indonesia yang mempresentasikan ide brilian mereka dalam Local Stage Pitch di 9 kota. Sedangkan di Yogyakarta ada 17 startup yang tampil dan mempresentasikan startup yang dirintisnya.

3. 5G untuk dukung startup terbaik

The NextDev Dorong Millennial Kembangkan Social Impact StartupIDNTimes/Holy Kartika

Startup yang dapat berpartisipasi dalam The NextDev Talent Scouting 2019 ini harus memiliki Minimum Viable Product (MVP) yang berdampak sosial positif untuk membantu kehidupan masyarakat di berbagai bidang.

Nur mengungkapkan 30 startup terbaik dari 9 kota ini bakal memperoleh beberapa bentuk pengembangan startup berupa 5G. Antara lain Grant Money berupa dana pengembangan untuk best of the best startup, Good Opportunities untuk memikat investor dan memperluas manfaat, Great Mentors untuk dapat ilmu dari ahli startup dan menggali insight baru.

"Selain itu, Generate Exposures, yang mana startup terbaik juga berkesempatan go international dan publikasi media, serta Golden Ticket to the NextDev Academy," papar Nur.

Bentuk bantuan utama bagi startup terbaik akan diperebutkan di The NextDev Summit yang bakal digelar pada November 2019 mendatang.

Baca Juga: 5 Hal ini Proyeksikan Dunia Usaha di DIY Kian Cerah

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You