Comscore Tracker

Bidik Millennial, Koperasi Lakukan Reformasi Teknologi Lewat Sobatku

Ajak anak muda menabung online

Sleman, IDN Times - Koperasi tak lagi ketinggalan zaman, lembaga keuangan non bank ini mulai memanfaatkan teknologi digital agar dapat lebih memaksimalkan pelayanan kepada anggotanya.

Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia, Agung Sudjatmoko mengatakan transformasi total yang dilakukan koperasi, salah satunya dalam mengoptimalkan teknologi untuk meningkatkan kualitas kelembagaan ini. Dia mengungkapkan bentuk transformasi teknologi salah satunya dilakukan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati melalui aplikasi Sobatku (Simpanan Online Sahabatku).

"Adanya aplikasi ini ini menjadi pelopor koperasi yang sudah menggunakan financial technology yang mudah, aman, nyaman dan uang tidak hilang," ujar Agung di sela acara Program Undian Pesta Jutawan Sobatku di Plaza Ambarrukmo, Minggu (14/7).

1. Menabung semakin mudah dengan teknologi e-saving

Bidik Millennial, Koperasi Lakukan Reformasi Teknologi Lewat SobatkuIDN TImes/Ita Malau

Melalui aplikasi e-saving atau electronic saving, Sobatku, menabung tidak lagi sulit dan efisien hanya lewat genggaman ponsel. Proses registrasi juga tidak memerlukan waktu lama dan tak perlu lagi mengantre seperti di perbankan.

"Aplikasi ini memudahkan orang untuk memiliki rekening tanpa ribet dan menabung tanpa harus antre ke bank, cukup lewat ponsel," ujar Fintech Product Activation Division Head Sobatku, Oktavia Laksmi Wardani.

Kendati merupakan aplikasi menabung secara online, namun beberapa fasilitas untuk menunjang kebutuhan sehari-hari penggunanya juga dapat dilakukan. Antara lain seperti fitur beli pulsa, membayar tagihan listrik dan lain sebagainya.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] 10 Trik Menabung Efektif untuk Generasi Millennials

2. Tabungan online ajak anak muda kurangi gaya hidup boros

Bidik Millennial, Koperasi Lakukan Reformasi Teknologi Lewat SobatkuIDNTimes/Holy Kartika

Oktavia mengungkapkan aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan oleh semua orang. Bahkan, tidak hanya orang tua, tetapi juga bisa dimanfaatkan anak muda serta semua kalangan.

"Kami ingin arahkan anak muda tidak hanya selalu bertransaksi [konsumtif], tetapi juga menjembatani mereka yang ingin menabung," ungkap Oktavia.

Aplikasi e-saving memiliki banyak kelebihan, sekaligus mengajak anak muda untuk meninggalkan gaya hidup boros. Selain mudah diakses dan proses registrasi yang tidak perlu memakan waktu lama, aplikasi Sobatku juga dapat diakses setiap saat hanya lewat ponsel pintar penggunanya.

3. Transformasi koperasi menuju Revolusi Industri 4.0

Bidik Millennial, Koperasi Lakukan Reformasi Teknologi Lewat SobatkuIDNTimes/Holy Kartika

Teknologi tabungan online telah membawa koperasi memasuki era transformasi koperasi. Ketua KSP Sahabat Mitra Sejat, Ceppy Y. Mulyana mengatakan inovasi dan teknologi yang dihadirkan Sobatku merupakan upaya untuk mendorong transformasi koperasi dalam menghadapi era digital.

Dalam rangka memeriahkan Hari Koperasi Nasional 2019 menggelar program undian Pesta Jutawan Sobatku untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah. Inovasi teknologi yang diperkenalkan koperasi ini semakin membuat koperasi dilirik masyarakat. Salah satunya dalam upaya mendekatkan generasi milenial untuk lebih memanfaatkan koperasi.

"Kami berharap bisa turut mendukung rencana koperasi nasional untuk melakukan reformasi total. Bagaimana teknologi in dapat memberikan layanan yang optimal dan lebih baik bagi anggota koperasi," jelas Ceppy.

Baca Juga: Investasi Pasar Modal di Jateng Didominasi Para Millennial

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya