TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara Baru Ditargetkan Dongkrak Okupansi Hotel

Jauhnya Bandara Baru, Hotel Siapkan Paket Shuttle

Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA). (IDN Times/Holy Kartika)

Yogyakarta, IDN Times - Beroperasinya bandara baru menjadi angin segar bagi pengembangan pariwisata di DI Yogyakarta. Bahkan, bandara ini diharapkan dapat semakin banyak membawa tamu atau wisatawan untuk datang ke Yogyakarta dan wilayah sekitarnya.

Namun, lokasi Yogyakarta International Airport (YIA) yang cukup jauh membuat para penyedia akomodasi harus mengeluarkan biaya untuk memfasilitasi transportasi dari atau ke bandara baru. Sejumlah hotel bintang di Yogyakarta saat ini mulai menyiapkan paket,  penjemputan dan pengantaran dari dan ke Yogyakarta International Airport.

Baca Juga: Bandara Baru YIA Jadi Magnet Wisata Dadakan Selama Ramadan

1. YIA diharapkan dapat mendongkrak okupansi hotel

instagram.com/royalambarrukmo/

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istidjab M. Danunagoro mengungkapkan beroperasinya Yogyakarta International Airport menjadi berkah bagi industri hospitality di kota ini.

"Kami berharap YIA bisa mendongkrak tingkat hunian kamar, baik hotel bintang maupun non bintang," ujar Istidjab, Senin (20/5).

2. Wisatawan lebih lama menikmati Yogya

instagram.com/fromyogyawithlove

Bandara yang ditargetkan dapat menampung 15 juta penumpang per tahunnya ini diharapkan dapat semakin banyak mendatangkan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pasalnya, seiring dengan banyaknya hotel yang beroperasi di wilayah DI Yogyakarta, maka ketersediaan kamar terus bertambah.

"Tingkat hunian yang masih rendah ini, diharapkan terdongkrak dengan semakin banyaknya wisatawan yang menginap di Yogyakarta. Serta diharapkan meningkatkan lenght of stay yang selama ini masih sangat rendah," imbuh Istidjab.

Saat ini wisatawan menikmati tempat wisata di Yogyakarta rata-rata hanya sekitar 2 hingga 3 saja. Masih jauh dengan Bali yang mencapai 5 hari. 

Baca Juga: Jusuf Kalla: YIA Bandara Paling Modern di Indonesia

Berita Terkini Lainnya