Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Cairan Ini Ternyata Bisa Merusak Cat Mobil

Jangan sampai tumpah ke bodi mobil, ya

Memiliki bodi mobil yang mulus dan terjaga warnanya menjadi dambaan setiap pencinta mobil. Bagi banyak orang, cat mobil yang masih orisinal dan mulus lebih istimewa daripada bodi mobil yang sudah dicat ulang.

Nah, agar cat mobil kamu terjaga warnanya, kamu harus menghindari bodi mobil kamu dari cairan-cairan yang mungkin bisa mengenai mobil kamu dan membuat catnya menjadi rusak seperti di bawah ini. 

1. Cairan-cairan pelumas yang digunakan mobil

Hati-hati, 5 Cairan Ini Ternyata Bisa Merusak Cat MobilPixabay/IamTimEre

Sistem penggerak mobil sangat kompleks yang terdiri dari berbagai macam sistem mekanis. Sistem ini membutuhkan cairan pelumas khusus seperti oli mesin, oli transmisi, oli power steering, hingga minyak rem. Cairan-cairan ini bisa berpotensi merusak cat mobil kamu jika kamu lalai menumpahkannya saat akan mengisinya. Beberapa pelumas bisa meninggalkan noda dan bisa membuat cat mengelupas, sehingga jika tidak sengaja terkena, kamu harus langsung membersihkannya dengan cairan pembersih yang aman untuk bodi atau dicuci dengan sampo khusus mobil.

2. Bahan bakar

Hati-hati, 5 Cairan Ini Ternyata Bisa Merusak Cat MobilPixabay/Skitterphoto

Saat mengisi bahan bakar, tak jarang bahan bakar yang keluar dari nozzle pengisian bahan bakar menetes atau tumpah ke bagian bodi terutama yang berada di dekat lubang pengisian bahan bakar. Cairan bahan bakar ini juga bisa mengikis permukaan cat karena bahan bakar akan menyatu dengan permukaan cat dan menguap sehingga catnya menjadi rusak. Pastikan petugas pengisian bahan bakar mengisi mobil kamu dengan hati-hati, ya.

Baca Juga: 5 Fakta Fiat 500, Mobil Terbaru Andre Taulany

3. Minuman bersoda

Hati-hati, 5 Cairan Ini Ternyata Bisa Merusak Cat MobilPixabay/StockSnap

Minuman bersoda apalagi yang memiliki zat warna juga bisa membuat cat mobil kamu bernoda jika sudah mengering. Hindari meletakkan minuman bersoda di atas mobil, karena jika kamu lupa lalu tumpah dan didiamkan lama maka nodanya akan sulit dibersihkan.

Noda tumpahan makin sulit dibersihkan karena nodanya akan menjalar ke mana-mana sehingga butuh ketelitian untuk membersihkannya agar cairan pembersih justru tak ikut mengangkat cat pada bagian yang tidak bernoda saat proses pembersihannya.

4. Getah pohon

Hati-hati, 5 Cairan Ini Ternyata Bisa Merusak Cat MobilPixabay/RitaE

Buat kamu yang sering parkir di bawah pohon, lebih baik lindungi mobil kamu dengan sarung mobil. Sebab, getah pohon yang jatuh ke bodi mobil dan mengering akan sulit dihilangkan.

Jika memungkinkan, cari tempat parkir lain yang aman saja. Apalagi jika dalam kondisi parkir, getah pohon yang mengenai bodi akan mengering tanpa sepengetahuanmu karena mobil diparkir cukup lama. Lagi pula parkir di bawah pohon juga bisa membuat mobil kamu kotor karena kejatuhan daun-daun kering.

5. Telur mentah

Hati-hati, 5 Cairan Ini Ternyata Bisa Merusak Cat MobilUnsplash/Miguel Andrade

Masih menjadi budaya orang-orang untuk merayakan ulang tahun dengan melempar telur mentah. Namun kamu wajib hati-hati agar telur mentah jangan sampai mengenai bodi mobil, karena noda yang ditinggalkan telur mentah yang mengering akan sulit dihilangkan. Belum lagi jika ada pecahan kulit telur yang mengering, bisa membuat mobil kamu tergores juga, lho!

Itulah cairan-cairan yang bisa membuat cat di bodi mobil kamu rusak. Kamu harus hati-hati dan meningkatkan perlindungan jika ingin bodi mobil kamu selalu mulus, ya.

Baca Juga: Ini 5 Tips Mudah Merawat Radiator Mobil Agar Tak Membuat Masalah

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya