TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Obat Penawar Kesepian saat Lakukan Traveling Sendirian

Coba keahlian baru saat traveling, yuk

ilustrasi solo traveler (Pexels.com/David Bartus)

Intinya Sih...

  • Solo traveling memberi keleluasaan dan melatih kemandirian
  • Penginapan di homestay bisa mengurangi rasa kesepian
  • Ikut rombongan wisata, aplikasi teman sejalan, dan pelatihan lokal sebagai obat penawar kesepian

Solo traveling dinilai memiliki manfaat yang lebih banyak daripada traveling bersama banyak orang. Salah satunya, saat solo traveling kamu akan leluasa melakukan aktivitas, gak terbatas mengikuti partnermu. Solo traveling juga menjadikanmu pribadi yang lebih mandiri, banyak skill terlatih saat solo traveling.

Meskipun begitu, solo traveling juga memiliki kekurangan, lho. Salah satunya, solo traveler kerap dilanda rasa kesepian di tengah aktivitas traveling. Supaya kamu tidak terbebani dengan perasaan kesepian, berikut ini lima obat penawar yang kamu butuhkan.

1. Menginap di homestay atau rumah warga yang disewakan

Liburan sendirian memang berisiko untuk merasa kesepian. Kamu jadi sedikit bicara karena tidak memiliki teman ngobrol, segala sesuatunya harus kamu lakukan sendirian. Solusi agar kamu tidak terlalu kesepian saat liburan, kamu bisa rencanakan untuk memilih penginapan di homestay atau rumah warga lokal yang disewakan.

Harganya yang lebih murah daripada hotel, menjadi daya tarik para traveler. Selain itu, kamu jadi ada teman ngobrol, tidak hanya dengan pemilik rumah, kamu juga bisa bertemu dan bercakap-cakap dengan traveler lainnya. Sebelum melakukan reservasi, pastikan kamu cek review homestay tersebut, ya.

2. Ikut rombongan wisata

Terlalu lama menghabiskan waktu liburan sendirian, juga ada sisi tidak menyenangkannya, lho. Liburanmu jadi membosankan, fisik rentan lelah saat melakukan traveling sendirian. Agar kamu tidak merasa kesepian, coba pertimbangkan untuk ikut rombongan wisata.

Misalnya, ikut tour keliling kota dengan transportasi umum, atau paket wisata dengan bantuan tour guide. Kamu bisa ketemu dan berkenalan dengan orang baru, ngobrol hal-hal seru hingga pengetahuan baru terkait lokasi wisata. Jika memungkinkan, kamu juga bisa dapat partner baru yang memiliki minat traveling yang sama denganmu. Seru kan!

3. Manfaatkan aplikasi pencari teman

Di zaman serba digital ini, semakin banyak aplikasi bisa dimanfaatkan oleh para traveler untuk menemukan teman yang sejalan. Beberapa aplikasi yang bisa gunakan, diantaranya Meetup, Travello, serta Couchsurfing. Deretan aplikasi tersebut, akan membantumu menemukan komunitas lokal atau sesama traveler yang berada satu wilayah denganmu.

Di tengah jadwal traveling, kamu bisa menyempatkan waktu untuk menghadiri acara sosial dan akivitas seru yang dilakukan oleh komunitas tersebut. Cara efektif ini akan membantumu mengusir rasa kesepian kala traveling.

Baca Juga: 5 Kekurangan Melakukan Liburan Spontan, Pertimbangkan Lagi

4. Ikuti pelatihan lokal

Gak hanya dipenuhi dengan agenda mengunjungi tempat wisata dan kulineran saja, kamu bisa menambahkan ikut pelatihan lokal ke dalam agenda liburan, ya. Cara ini bisa jadi cara efektif untuk mengobati rasa kesepian saat traveling. Selain itu, dengan cara ini kamu semakin mengenal lebih dalam kebudayaan warga lokal.

Misalnya, kamu bisa ikut pelatihan membatik, menari tradisional, kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Melakukan aktivitas ini, gak kalah serunya dengan mengunjungi lokasi wisata. Keahlian yang kamu latih saat traveling, mungkin saja akan bermanfaat di masa yang akan datang.

Verified Writer

Yovi Aprilia

Haii, sudah baca berapa lembar hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya