TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Terhindar Bawa Barang Berlebih saat Traveling, Berat dan Repot!

Bawa pakaian yang mudah mix and match

ilustrasi membawa barang bawaan secukupnya (Pexels.com/veerasak Piyawatanakul)

Persiapan liburan gak jauh-jauh dari barang bawaan. Namun problem yang sering dialami traveler adalah mengalami embrace overpacking atau berkemas berlebihan. Alih-alih ingin hemat dengan membawa makanan dan pakaian berlebih, malah bisa menyusahkanmu selama perjalanan.

Agar kamu tidak mengalami kelebihan muatan, berikut lima persiapan penting yang bisa kamu lakukan.  

1. Lakukan riset dengan matang

Sebelum mengunjungi lokasi tujuan wisata, sebaiknya lakukan riset mengenai lokasi yang bakal didatangi. Mulai dari musim hingga agenda kegiatan selama liburan.

Pertimbangkan untuk memilih koper atau ransel yang perlu kamu bawa. Koper akan cocok untuk dibawa jika lebih banyak menetap di hotel atau ke lokasi tujuan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan ransel akan lebih nyaman untuk kamu yang berencana jalan-jalan ke banyak tempat. 

2. Buat itinerary liburan yang detail

Itinerary atau rencana perjalanan liburan, gak hanya membantu kamu bisa singgah di banyak tempat, juga membantumu agar tidak overpacking barang bawaan. Itinerary gak hanya berisi tempat tujuan, namun juga berisi to do list selama liburan.

Dengan mengacu pada itinerary, kamu bisa menentukan kebutuhan yang perlu kamu bawa. Jangan lupa untuk mematuhi itinerary yang sudah kamu buat.

Baca Juga: Penumpang Dilarang Membawa Koper Warna Gelap di Maskapai Ini

3. Pilih pakaian yang mudah mix and match

Packing barang bawaan akan lebih efektif jika kamu memilih pakaian yang mudah dipadu padankan. Terutama pilihlah warna pakaian yang netral, seperti hitam, abu-abu, putih, cokelat. Dengan skill mix and match outfit netral color, dapat menjaga penampilan tetap maksimal dengan barang bawaan yang minimal.

Hindari untuk membawa pakaian berbahan jeans. Sebaiknya, bawalah pakaian dengan bahan yang ringan dan effortless. Untuk aksesori serta make up bawa seperlunya, jangan sampai memakan banyak tempat, hingga menyulitkan kamu dalam proses packing. Sepatu menjadi pertimbangan yang penting, bawalah yang nyaman karena sangat diperlukan selama mobilitas.

4. Packing lebih awal

Ketahuilah dengan memilih koper yang lebih kecil, kamu akan mudah menentukan prioritas barang yang dibawa. Sebelum packing barang bawaan ke dalam koper, sebaiknya buatlah list dahulu.

Masukkan satu per satu dengan membaca ulang list yang sudah kamu siapkan. Pastikan kamu packing dari jauh hari, ya. Hindari packing mendadak, ini sangat berisiko, lantaran barang bawaan tidak bisa ditata rapi hingga kelupaan.

Verified Writer

Yovi Aprilia

Haii, sudah baca berapa lembar hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya