TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Checklist Persiapan Piknik ke Pantai, Pantau Bekalmu

Pastikan tak ada yang terlupa

ilustrasi orang membawa keranjang bekal piknik (pexels.com/Laker)

Intinya Sih...

  • Gunakan tabir surya SPF tinggi, oleskan ulang setiap 2 jam atau saat berkeringat
  • Bawa kacamata hitam dan topi lebar untuk melindungi mata dan kulit dari sinar matahari
  • Pilih pakaian berbahan ringan, sandal jepit, bawa bekal makanan dan minuman secukupnya

Liburan ke pantai kerap jadi pilihan favorit bagi banyak orang untuk melepas penat dengan menikmati keindahan alam beserta kesegaran udara lautan. Deburan ombak, pasir putih halus yang luas, dan sinar matahari hangat nan sejuk mampu menciptakan momen relaksasi untuk diri.

Namun, supaya momen liburannya benar-benar bebas gangguan dan menyenangkan, persiapan matang sangat penting dilakukan. Sebab, sering kali sampai lokasi masalah muncul, karena ada kebutuhan personal yang tidak terbawa.

Berikut lima checklist yang perlu disiapkan sebelum piknik ke pantai. Saat berkemas hingga akan berangkat menikmati pemandangan pasir dan hembusan angin segar pantai, cek lagi semua perlengkapannya.

1. Pakai sunblock atau tabir surya dengan kandungan SPF tinggi

Lindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung, pastikan gunakan tabir surya yang SPF-nya tinggi. Pilih produk dengan minimal SPF 30, lebih bagus kalau SPF 50. Bawa ini, oleskan ke seluruh tubuh setelah sampai lokasi.

Bagian wajah, leher, sampai kaki, oleskan secara rata. Aplikasikan ulang setiap dua jam, atau kalau kamu banyak berkeringat. Jika ingin berenang menikmati terumbu karang, gunakan tabir surya yang berbahan alami untuk menjaga kelestarian ekosistem laut.

2. Bebas menikmati pemandangan pantai tanpa khawatir risiko radiasi dengan memakai kacamata hitam dan topi

Daya tarik pantai adalah pemandangan alam terbukanya yang memukau. Namun, jangan lupa bahwa paparan sinar matahari yang intens juga membawa dampak buruk terhadap kesehatan mata dan kulit. Untuk melindungi diri dari radiasi, bawa kacamata hitam dan topi, jangan lupa kenakan saat berjalan di tepian.

Gunakan topi yang memiliki pinggiran lebar supaya bisa memberi kesejukan wajah. Gak sekadar menambah gaya, tapi juga mengurangi efek buruk sinar UV. Dengan perlengkapan ini, kamu bebas berjalan atau duduk di pinggir pantai memandangi lautan luas dan hamparan pasir putih.

3. Pakai outfit yang tepat

Memilih outfit yang tepat untuk liburan santai di pantai memastikan kenyamanan dan kesenangan selama piknik. Pilih pakaian berbahan ringan dan longgar, serta yang bisa menjaga tubuh terasa sejuk. Gaun pantai atau pakaian renang dengan kain pantai bisa jadi pilihan stylish sekaligus nyaman.

Tak lupa, alas kaki sesuaikan juga untuk mencegah terluka terkena benda tajam maupun kepanasan saat berjalan menyusuri tepian. Sandal jepit pantai jadi pilihan yang cocok. Nikmati piknik pantai dengan gaya keren, manis, dan nyaman.

Baca Juga: 5 Pantai Gunungkidul yang Aman buat Berenang, Ada Pantai Nglambor

4. Bawa bekal secukupnya

Kuliner pantai memang menggugah selera, namun harganya rata-rata cukup mahal karena tempat wisata. Nah, supaya gak terlalu boros kantong, jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman juga secukupnya. Buah-buahan, minuman segar, roti, dan makanan ringan.

Pastikan bawa perlengkapan makan ramah lingkungan juga untuk menjaga kebersihan. Bawa kantong plastik sampah supaya gak sembarangan ketika belum menemukan tempat sampah di area sekitar.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya