TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Liburan ke Jogja untuk Pemula, Anti Gugup dan Full Senyum

Liburan bisa lebih hemat tapi tetap seru

ilustrasi tips liburan ke jogja buat pemula (unsplash.com/fr/@gadingihsan)

Intinya Sih...

  • Tips liburan ke Jogja untuk pemula: Gunakan transportasi umum Trans Jogja untuk destinasi di pusat kota, dan sewa motor daring untuk perjalanan ke luar kota.
  • Susun rencana wisata sesuai daerahnya, mulai dari Jogja Kota, pantai-pantai indah di Gunungkidul, hingga Kulon Progo atau Kaliurang yang sejuk.
  • Pilih tempat makan yang sesuai selera dan budget, telusuri kuliner dekat kampus, dan cari penginapan di tengah kota dengan harga terjangkau.

Tips liburan ke Jogja buat pemula adalah kunci berwisata yang murah tapi tetap seru buat dicoba olehmu yang baru akan pertama ke kota gudeg tersebut. Meski liburan secara spontan memang terdengar lebih menantang, tapi adanya kiat akan membantu kamu yang belum banyak mengenal Jogja. 

Memang ada ribuan konten di media sosial tentang Jogja yang bisa memberimu pilihan tempat wisata. Namun tak semua memberikan rahasia-rahasia yang membantu liburan yang lebih praktis seperti di bawah ini. Ada apa saja ya kira-kira?

1. Memanfaatkan transportasi umum atau sewa kendaraan

Buat kamu yang berangkat ke Jogja menunggang kereta, bus, atau pesawat sebaiknya mengandalkan transportasi umum Trans Jogja sebagai kaki selama berwisata terutama jika tujuanmu hanya sekitar pusat kota. Banyak tempat wisata dan kuliner yang bisa dijangkau dengan Trans Jogja, lho, misalnya Malioboro, Pasar Beringharjo, Museum Sonobudoyo, Taman Pintar, bahkan Candi Prambanan. 

Namun kalau tujuanmu juga ingin keluar Kota Jogja seperti sampai Gunungkidul atau ke Kulon Progo, sebaiknya menyewa motor yang banyak ditawarkan secara daring. Lebih murah ketimbang mengandalkan transportasi online sekaligus solusi biar gak macet. Eits, pastikan dulu kamu juga cari tahu soal jalan yang akan dilewati apakah berkelok, naik-turun, atau belum rata dengan aspal supaya tak kaget kemudian. 

2. Bikin jadwal wisata sesuai daerahnya

Meski merupakan kota kecil, tapi tempat wisata di Jogja tersebar di seluruh kabupaten yang ada di dalamnya. Untuk itu, yuk, susun tujuan wisata sesuai daerahnya. Misalnya pada hari pertama diisi dengan explore Jogja Kota yang dapat dimulai dari yang terdekat dari stasiun tujuan. 

Karena sudah sempat istirahat, lanjutkan dengan menyusuri pantai-pantai indah di Gunungkidul di hari kedua. Baru di hari ketiga kamu bisa menuju Kulon Progo atau kawasan Kaliurang yang sejuk.

Cari tahu tempat wisata mana saja yang saling berdekatan sehingga bisa dikunjungi dalam satu hari, plus rute dari satu tempat ke tempat wisata lainnya biar tak boros waktu dan tenaga. 

3. Cari kuliner murah? Buru dekat kampus di Jogja

Tips liburan ke Jogja buat pemula selanjutnya adalah cari tempat makan yang sesuai selera. Kalau kamu tak bermasalah dengan budget, tentunya tak masalah hendak pilih kuliner apa pun. Namun kalau ingin berhemat, coba telusuri kuliner dekat kampus di Jogja karena biasanya harga masih menyesuaikan kantong mahasiswa. 

Gak cuma ada saat sarapan atau makan siang, kok. Bahkan ada kuliner malam di Jogja yang murah buat mengisi perut. Misalnya seperti Nasi Teri Pojok Gejayan, Lesehan Sayidan, Sego Telkem Mbak Nur, dan masih banyak lagi. 

3. Mencari penginapan murah tapi berlokasi tengah kota

Apabila kamu baru pertama ke Jogja, baiknya cari penginapan atau hotel yang lokasinya di tengah kota karena akan memudahkan perjalananmu ke berbagai tempat. Apalagi saat ini banyak tipe penginapan yang murah, bahkan per malamnya mulai dari Rp100 ribuan saja. 

Misalnya saja hostel, kostel, hotel kabin, dan lain-lain yang cocok buat backpacker. Yang perlu diingat bahwa penginapan yang baru disebut tadi umumnya sharing kamar mandi dengan pengunjung lain. Bahkan ada yang sharing bed room juga sampai empat orang dan menggunakan tempat tidur tingkat. 

Baca Juga: 6 Tips Liburan Ke Jogja Naik Kereta Api, Gak Kalah Seru!

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya