TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Liburan Ke Jogja Naik Kereta Api, Gak Kalah Seru!

Bikin kamu hemat waktu sekaligus menekan budget

ilustrasi tips liburan ke jogja naik kereta api (unsplash.com/@falaqkun)

Intinya Sih...

  • Pilih jadwal kereta yang sesuai, sesuaikan dengan rencana istirahat atau langsung wisata di Jogja.
  • Tentukan stasiun tujuan yang strategis, seperti Stasiun Tugu Yogyakarta untuk kemudahan akses ke Malioboro.
  • Pastikan memilih kelas kereta yang sesuai budget dan nyaman, serta persiapkan pakaian dan penitipan barang dengan baik.

Kereta api adalah jawaban saat membutuhkan transportasi saat harus berpergian jarak dekat sampai jauh. Berbagai alasan seperti murahnya harga tiket, kenyamanan, dan efisien waktu karena cepatnya perjalanan, bikin ular besi ini menjadi idaman termasuk saat akan liburan ke Jogja

Biar tak sekadar jadi moda transportasi pergi dan pulang, yuk, coba terapkan tips liburan ke Jogja naik kereta api berikut ini. Bikin kamu hemat waktu sekaligus menekan budget!

1. Pilih jadwal kereta yang sesuai jadwal perjalanan

Untuk ke Jogja, ada banyak sekali kereta yang bisa digunakan dan tugasmu adalah mencari jadwal yang menguntungkan. Misalkan kamu ingin istirahat sejenak setelah sampai, maka pilih kereta yang jam tibanya dekat dengan waktu check-in kisaran pukul 13.00-14.00 WIB. Sedangkan jika ingin langsung let's go berwisata, baiknya pilih kereta yang jam tibanya pagi hari agar waktunya lebih leluasa.

Contohnya jika kamu berasal dari Jakarta dengan keberangkatan Stasiun Pasar Senen. Apabila ingin istirahat sebentar di hotel maka pilih kereta Fajar Utama Solo yang tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 12.33 WIB atau kereta Fajar Utama YK dengan waktu tiba pukul 14.37 WIB. 

2. Tentukan stasiun kedatangan yang paling strategis

Ada banyak stasiun di Jogja yang umum jadi pemberhentian kereta api jarak jauh. Di antaranya Stasiun Wates, Stasiun Tugu Yogyakarta, dan Stasiun Lempuyangan. 

Kalau kamu ingin turun di stasiun yang letaknya paling strategis di Jogja, maka pilihannya adalah Stasiun Tugu Yogyakarta yang hanya berjarak lima menit jalan kaki menuju Malioboro. Mencari transportasi umum atau ojek daring pun lebih mudah.

3. Pilih kereta dengan kelas sesuai budget

Jangan lupa tentukan budget transportasi yang akan dinaiki. Harga tiket kereta api sangat beragam, ada yang puluhan ribu bahkan jutaan rupiah, lho.  

Tingkatan kelas kereta api ini ada ekonomi, bisnis, eksekutif, dan luxury. Perbedaan kelas ini berpengaruh pada fasilitas kereta dan hadap kursi sesuai laju kereta. Buat sebagian orang yang gak biasa, duduk membelakangi laju kereta bisa bikin mabuk perjalanan! 

Meski begitu, kini kereta kelas ekonomi pun sudah banyak yang menggunakan rangkaian new generation yang kursinya tak lagi tegak dan seluruh kursinya sudah menghadap searah perjalanan. Kamu wajib pintar-pintar cari informasi terbaru. 

Baca Juga: 4 Tips Mengunjungi Keraton Jogja ala Putri Raja, Catat ya!

4. Pakai pakaian ternyamanmu selama perjalanan

Tips liburan ke Jogja naik kereta api yang gak boleh ketinggalan adalah soal pakaian. Pastikan kamu memakai pakaian yang nyaman dari kepala hingga kaki bukan hanya sekadar stylish

Terlebih jika akan berangkat saat malam hari yang notabene suhu di dalam gerbong memang cukup dingin. Apabila perlu, kamu bisa menyewa selimut dan bantal yang disediakan di gerbong makan supaya tetap bisa istirahat sebelum memulai petualangan. 

5. Cari penitipan barang dan mandi sebelum berwisata

Buat kamu yang memilih langsung berwisata begitu sampai di stasiun, coba cari tahu tentang penitipan barang yang terpercaya untuk menyimpan barang-barang bawaan. Cukup merepotkan kalau kamu harus keliling kota sambil membawa ransel atau koper yang berat tersebut.

Kamu juga bisa bertanya pada pihak hotel yang akan diinapi apakah mereka menerima penitipan barang sebelum check in sekaligus dapat menumpang mandi atau tidak. Karena beberapa hotel mengizinkan tamunya titip barang di lobi sebelum waktu masuk kamar tiba. 

Biar segar, jangan lupa cuci muka dan berganti pakaian di toilet stasiun biar lebih fresh juga bersih. Atau kalau mau mandi dan keramas, kamu bisa menuju Shower Locker yang letaknya tepat di sebelah Stasiun Tugu Yogyakarta.    

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya