Comscore Tracker

5 Tempat di Dunia yang Menakjubkan Sekaligus Mengerikan

Apa sih yang membuat tempat seindah ini jadi mengerikan?

Menjelajahi tempat yang unik biasanya banyak dicari oleh para traveler karena memberi kesan pengalaman baru yang menegangkan. Kesan menyeramkan dan mengerikan sendiri akan memberikan pengalaman yang seringkali menimbulkan daya tariknya tersendiri.

Nah, tempat berikut ini tak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga mengerikan. Apa saja itu? Check it out!

1. Jembatan Hussaini (Pakistan)

5 Tempat di Dunia yang Menakjubkan Sekaligus MengerikanJembatan gantung Hussaini di Pakistan. (natureadventureclub.pk)

Jika kamu seorang traveler, pertimbangkanlah untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Ini adalah jembatan Hussaini yang berada di Pakistan. Secara resmi jembatan ini adalah jembatan gantung yang paling berbahaya di dunia dan bukan jembatan satu-satunya yang terdapat di negara Pakistan. 

Lintasan panjang dan menegangkan di atas danau Borit. Dengan banyak papan jembatan yang hilang dan seluruh konstruksinya berderit saat diterpa oleh angin. Namun, tempat ini masih menjadi daya tarik bagi wisatawan karena banyak yang ingin melihat keindahan danau Borit di bawahnya.

2. Depresi Danakil (Etiopia)

5 Tempat di Dunia yang Menakjubkan Sekaligus Mengerikanilustrasi depresi danakil (travelversed.co)

Depresi Danakil yang memiliki bentang alam yang indah luar biasa. Namun, lokasi ini menjadi lokasi yang paling sepi di bumi. Gundukan berwarna kuning, oranye, dan hijau yang tersusun oleh garam, belerang dan besi menciptakan pemandangan indah yang tidak ada duanya.

Namun, kombinasi dari suhu dan mineral beracun yang dikandungnya menjadikan tempat ini sama sekali tidak bisa dihuni atau dijamah oleh manusia. Para peneliti yang pernah datang ke tempat ini, belum pernah menemukan kehidupan bahkan organisme mikroskopis sekalipun. Sungguh seperti berada di planet lain!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tujuan Wisata Fauna di Dunia, Pencinta Hewan Harus Lihat

3. Fly Geyser (Nevada)

5 Tempat di Dunia yang Menakjubkan Sekaligus MengerikanFly Geyser di Nevada. (Wikimedia Commons/Jeremy C. Munns)

Pada awalnya, tempat ini hanyalah sebuah gurun tandus yang ada di Nevada. Namun, pada tahun 1906 orang-orang berbondong-bondong untuk datang ke tempat ini untuk  mengebor sumur. Tapi, lama kelamaan mereka pun semakin menyadari kesalahan mereka, ada air mendidih yang keluar dan tidak bisa diminum.

Bahkan, 50 tahun kemudian ada upaya lain yang dilakukan, tapi hal yang sama terjadi kembali. Air panas yang mendidih dari bawah tanah tidak berhenti keluar. Dari kejadian ini saat ini kita mempunyai sejumlah geiser yang indah dengan warna merah, oranye, dan kuning. 

4. Great Blue Hole (Belize)

5 Tempat di Dunia yang Menakjubkan Sekaligus MengerikanGreat Blue Hole, Belize (instagram.com/emmett_sparling)

Sekarang ambillah napas yang dalam karena saat ini kita akan segera menyelam. Inilah Great Blue Hole yang merupakan salah satu tempat terindah yang ada di planet ini. Lokasi ini menjadi salah satu tujuan kelas dunia bagi para wisatawan yang ingin menyelam di perairan sebening kristal. Tempat ini adalah sebuah gua dan banyak orang berkata bahwa semakin dalam kamu menyelam akan semakin aneh dan indah pemandangannya.

Saat kamu menyelam di sini kamu akan dimanjakan oleh pemandangan bawah laut yang indah dengan berbagai spesies kehidupan laut. Namun, waspadalah tempat ini pun menjadi salah satu tempat yang populer di kalangan para Hiu. Gimana, apakah kamu tertarik untuk menyelam di sini?

5. Kawah Gas Darvaza (Turkmenistan)

5 Tempat di Dunia yang Menakjubkan Sekaligus MengerikanIlustrasi Kawah Gas Darvaza (Unsplash.com/Ybrayym Esenov)

Ambillah handuk dan bersiap untuk sebuah pesta barbeque karena kawah gas Darvaza sudah menunggu. Ini adalah sebuah lubang raksasa yang berada di tanah dan terbakar. Tempat ini seringkali disebut dengan gerbang menuju neraka oleh warga sekitar karena tempat ini berisi lubang gas cair yang telah mengobarkan api selama berpuluh-puluh tahun.

Lebih dari 50 tahun yang lalu, para geolog menemukan lubang ini di Turkmenia asia tengah. Mereka mengkhawatirkan bahwa di bawah tempat ini terdapar deposit besar metana yang merupakan gas yang sangat mudah terbakar. Para geolog pun membakar lubang untuk mencegah gas metana menyebar dan sejak saat itu lubang tersebut terus menyala. Dengan diameter lebih dari 60 meter dan kedalaman 30 meter sampai saat ini tak seorang pun tahu kapan lubang ini akan kehabisan bahan bakar.

Ternyata banyak tempat di dunia ini yang memiliki ciri khas yang unik, aneh namun menyimpan segala keindahan di dalamnya. Selain itu, tempat-tempat ini mempunyai alasan atau asal mulanya masing-masing kenapa tempat ini bisa terbentuk.

Mengunjungi salah satu tempat unik dan indah di dunia merupakan suatu pengalaman berharga yang tidak dapat dilupakan. Namun, tetaplah ingat untuk selalu berhati-hati di mana pun kamu berada, ya!

Baca Juga: 10 Museum Sains Terbaik di Dunia, Inspirasi Inovasi dan Wisata Sejarah

Muhammad Fadlan Nurhadi Photo Community Writer Muhammad Fadlan Nurhadi

Terimakasih telah membaca artikel saya. Have you enjoy with my artikel. Jika tertarik silahkan baca artikel ku juga yang lain. Have a good day.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya