Comscore Tracker

7 Pantai Terdekat dari Malioboro dengan Beragam Keunikan

Pantai terdekat dari Malioboro yang sayang buat dilewatkan

Malioboro dianggap sebagai pusatnya Jogja. Gak heran kalau wisatawan banyak mencari tempat makan, hotel, sampai pantai terdekat dari Malioboro demi memudahkan perjalanannya. Tempat wisata mungkin banyak di sekitar sana, tapi kalau pantai gak banyak yang tahu, lho. 

Jogja punya banyak sekali pantai yang cantik, ada juga yang pasirnya putih. Nah, berikut ini 7 pantai terdekat dari pusat kota Jogja yang bisa kamu kunjungi. Jalannya mudah dijangkau, cocok buat menikmati matahari tenggelam sampai kulineran!

1. Pantai Goa Cemara

7 Pantai Terdekat dari Malioboro dengan Beragam KeunikanPantai Goa Cemara (instagram.com/shellyhf56)

Jangan sampai gak mampir ke Pantai Goa Cemara, ya! Pantai satu ini lagi hits di kalangan kawula muda Jogja buat bikin konten, loh. Ini karena di pantai tersebut masih rimbum pohon cemara sehingga membuat kesan lebih sejuk daripada pantai lainnya. 

Selain itu, di Pantai Goa Cemara berbagai wahana ramah anak juga laik dijajal. Mulai dari kolam renang, odong-odong, juga ATV. Dari Malioboro menuju Pantai Goa Cemara hanya berjarak 28 kilometer.

Baca Juga: Pantai Baru Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

2. Pantai Parangkusumo

7 Pantai Terdekat dari Malioboro dengan Beragam Keunikangumuk pasir parangkusumo (instagram.com/jimboy007us)

Pantai terdekat dari Malioboro berikutnya yaitu Pantai Parangkusumo. Berjarak 28 km atau 48 menit dengan kendaraan bermotor, pantai ini dikenal sebagai tempat mengadakan berbagai macam labuhan. Meski unsur kleniknya masih kental, Pantai Parangkusumo tetap menarik perhatian wisatawan. 

Di pinggir-pinggi pantai juga banyak terdapat warung sederhana yang menjual makanan dan minuman. Jadi, kamu gak perlu khawatir kelaparan atau haus saat bertandang ke sini. Selain itu, pesona Pantai Parangkusumo kian menarik saat dikunjungi sore hari karena pasir pantainya yang hitam tampak seperti berkilau, loh. 

3. Pantai Parangtritis

7 Pantai Terdekat dari Malioboro dengan Beragam Keunikanpantai parangtritis (instagram.com/alexgprakoso)

Ini dia salah satu pantai paling populer di Jogja, apalagi kalau bukan Pantai Parangtritis. Buat menuju ke sana dari Malioboro tak sampai satu jam kalau tanpa ada halangan macet, ya. Jaraknya kurang lebih 29 km saja dari Jalan Malioboro.

Pantai ini selalu ramai, apalagi saat weekend dan sore hari. Makanya, kalau kamu mau menikmati Pantai Parangtritis lebih syahdu, coba datang pagi-pagi sekalian berolahraga seperti lari pagi atau voli pantai!

Baca Juga: Pantai Parangtritis: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips 

4. Pantai Depok

7 Pantai Terdekat dari Malioboro dengan Beragam Keunikanpantai depok (instagram.com/sarah.nurannisa)

Kalau ke Jogja, jangan lupa mampir ke Pantai Depok, ya! Di sini pusatnya belanja ikan segar dengan beragam pilihan. Karena langsung dari nelayan, tentu harganya lebih murah dan kualitasnya masih baik. 

Kalau malas masak sendiri, kamu bisa langsung menyambangi salah satu dari warung seafood yang banyak terdapat di Pantai Depok tadi. Aneka masakan seperti yang dibakar, digoreng, atau ditumis bisa disantap dengan nikmatnya. Tenang, dari Malioboro pun hanya berjarak 29 km atau 51 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. 

5. Pantai Kuwaru

7 Pantai Terdekat dari Malioboro dengan Beragam KeunikanPantai Kuwaru (instagram.com/nurinswasti)

Pantai Kuwaru terletak di Kabupaten Bantul. Pantai ini gak terlalu ramai oleh wisatawan, ombaknya pun cukup besar sehingga disarankan buat gak main air di sini. Nah, jarak dari Malioboro ke Pantai Kuwaru yaitu sejauh 32 km atau jika ditempuh dengan kendaraan bermotor bisa sampai dalam waktu 50 menit kemudian. 

Namun kalau buat sekadar main pasir atau foto-foto saat sore, di sini juga menawan, kok. Alih-alih siang, coba berkunjung saat pagi atau sore supaya gak terlalu panas akibat matahari. 

6. Pantai Baru

7 Pantai Terdekat dari Malioboro dengan Beragam KeunikanPantai Baru Bantul (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

Kalau cari pantai dekat Malioboro yang punya banyak tempat makan seafood segar nan enak, ada Pantai Baru yang berlokasi di Kabupaten Bantul atau berjarak sekitar 32 km dari Malioboro. Banyak restoran yang menawarkan seafood enak mulai dari ikan, kepiting, sampai kerang yang dimasak dengan berbagai saus. 

Namun kalau kurang makan seafood, kamu bisa mengajak keluarga atau kesayanganmu buat berpiknik. Menggelar tikar, membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah juga menarik buat dicoba. 

7. Pantai Glagah Indah

7 Pantai Terdekat dari Malioboro dengan Beragam KeunikanPantai Glagah (instagram.com/ditaasely)

Terletak di Kabupaten Kulon Progo, dari Malioboro menuju Pantai Glagah Indah menggunakan kendaraan bermotor hanya membutuhkan waktu satu jam dengan jarak 43 km. Pantai Glagah sendiri malah cukup dekat dengan bandara YIA, loh. 

Pantai ini terbilang pantai paling populer di Kulon Progo. Pasalnya selain indah, juga banyak wahana yang menarik buat dicoba. Mulai dari berfoto di spot-spot kekinian, sampai naik kapal wisata juga ada. 

Gak sulit 'kan menemukan pantai terdekat dari Malioboro? Semua rekomendasi di atas bisa dituju dengan mudah, kurang lebih selama satu jam jika perjalanannya lancar. Namun ingat, ya, tetap jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan. Juga, jaga keindahan pantainya dengan gak merusak fasilitas umum.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya